Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruHand Sanitizer Alami, Manfaat dan Cara Membuatnya

Hand Sanitizer Alami, Manfaat dan Cara Membuatnya

Hand sanitizer alami bisa menjadi pilihan untuk menjaga kebersihan tangan tanpa takut alergi. Selama ini kita mengenal hand sanitizer dari bahan kimia yang banyak orang menjualnya. Padahal cara membuat pembersih tangan alami ini juga mudah.

Kita mengenal manfaat hand sanitizer, terutama sebagai perlengkapan sanitasi tangan yang memiliki banyak kegunaan. Kegunaan hand sanitizer sangat banyak bagi keseharian, kecantikan, bahkan bagi kesehatan.

Menurut WHO, hand sanitizer dapat menjadi salah satu perlengkapan pengganti sabun dan air jika kita tidak menemukan sabun dan air. Namun harus membersihkan badan.

Dengan banyaknya kegunaan dari hand sanitizer, kali ini kita akan membahas manfaatnya bagi kesehatan apa saja, dan bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah!

Khasiat Hand Sanitizer Alami untuk Kesehatan

Sebelum mengulas cara membuat hand sanitizer alami, kita akan membahas tentang kegunaan atau manfaat hand sanitizer untuk kesehatan terlebih dahulu. Beberapa keutamaannya meliputi :

Baca Juga : Langkah Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Formula Versi WHO

Membersihkan Kuman dan Bakteri

Sebagai perlengkapan sanitasi yang berbasis alkohol, tentu saja fungsi utama dari hand sanitizer adalah untuk membunuh kuman dan bakteri.

Kita tentu tahu dan paham bahwa sehari-hari akan selalu berhadapan dengan kuman dan bakteri tak kasat mata.

Kuman dan bakteri tersebut bisa saja masuk ke dalam tubuh kapan saja dan menimbulkan penyakit.

Oleh sebab itu, hand sanitizer ini diperlukan untuk membunuh kuman dan bakteri dengan kandungan alkoholnya agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Meringankan Rasa Gatal Karena Serangga

Tidak hanya dapat membunuh kuman dan bakteri, kegunaan lain dari hand sanitizer alami adalah dapat membantu meredakan sensasi rasa gatal yang timbul akibat gigitan serangga.

Baca Juga : Produk Hand Sanitizer Lokal Recommended

Kandungan zat alkohol yang terdapat dalam hand sanitizer memiliki sifat antiseptik yang mampu mencegah terjadinya infeksi.

Sensasi rasa dingin yang terasa setelah hand sanitizer kita semprotkan pada kulit yang terasa gatal juga mampu memberikan efek menenangkan. Efek menenangkan ini juga dapat membuat kulit lebih terasa nyaman.

Membantu Mensterilkan Luka Ringan

Fungsi lain dari hand sanitizer untuk kesehatan adalah mensterilkan luka. Kandungan 60 -70 persen alkohol dalam hand sanitizer sangat efektif untuk membantu mensterilkan luka. Karena hand sanitizer juga dapat bekerja sebagai desinfektan alami.

Ketika terdapat luka ringan atau luka kecil, Anda cukup tuangkan hand sanitizer ke kapas. Kemudian tutup area luka tersebut selama beberapa saat.

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Perlu Anda ingat, meski banyak manfaat hand sanitizer namun juga memiliki efek samping jika kita menggunakannya secara berlebihan.

Baca Juga : Hand Sanitizer vs Sabun Cair, Lebih Efektif Mana Cegah Covid-19? Ini Penjelasan Dinkes Ciamis

Beberapa efek samping yang bisa timbul seperti kulit kering atau iritasi. Karena itu batasi penggunaannya.

Selain bisa kita beli dari berbagai apotek dan toko obat, hand sanitizer juga dapat kita buat sendiri di rumah. Ada beberapa bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membuat hand sanitizer.

Untuk membuatnya tidaklah sulit. Nah, berikut ini cara membuat hand sanitizer alami yang bisa anda coba sendiri.

Hand Sanitizer dari Kulit Rambutan dan Daun Sirih

Daun sirih dan kulit rambutan dapat Anda manfaatkan sebagai bahan alami membuat hand sanitizer.

Pertama-tama siapkan kedua bahan tersebut, kemudian siapkan juga botol spray. Kedua bahan tersebut bisa Anda rebus pada tempat yang terpisah. Setelah itu botol spray kita isi dengan alkohol sedikit saja.

Selanjutnya, kedua bahan alami kita campur menjadi satu hingga menjadi ekstrak. Kemudian tuangkan ke dalam botol spray yang telah kita siapkan.

Agar tidak lengket dan efeknya dalam melembabkan kulit lebih optimal, Anda bisa menambahkan minyak zaitun.

Hand Sanitizer dengan Ekstrak Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Daun kemangi sama halnya dengan daun sirih yang juga memiliki sifat antiseptik yang berkhasiat. Sementara lidah buaya memiliki zat antioksidan yang tinggi.

Kombinasi kedua herbal ini akan membuat hand sanitizer alami lebih efektif untuk membasmi virus dan kuman.

Untuk membuat hand sanitizer dari kedua bahan ini caranya juga mudah. Anda haluskan kedua bahan tersebut dengan menggunakan blender. Ambil ekstraknya dan kemudian rebus dalam air mendidih.

Setelah itu masukkan ke dalam botol dan tambahkan sedikit alkohol dan minyak zaitun. Kemudian tutup dan siap Anda gunakan.

Demikianlah berbagai manfaat maupun cara membuat hand sanitizer alami untuk mencegah kuman dan virus.

Dengan peralatan kebersihan ini kita bisa lebih menjaga tubuh dari ancaman virus dan bakteri penyebab penyakit. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -