Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TasikmalayaHebat! BUMDes di Tasikmalaya Ini Berhasil Ciptakan Lapangan Kerja

Hebat! BUMDes di Tasikmalaya Ini Berhasil Ciptakan Lapangan Kerja

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- BUMDes Rajadatu, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, berhasil menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga setempat.

Pada masa pandemi Covid-19, tak sedikit warga Desa Rajadatu yang kehilangan pekerjaan. BUMDes Raja Datu hadir memberikan solusi.

BUMDes Raja Datu menciptakan lapangan pekerjaan bagi warganya yang terdampak Covid-19. Dengan sistem bagi hasil, BUMDes Rajadatu memberi suntikan modal kepada masyarakat. Suntikan dana tersebut untuk usaha di berbagai bidang, mulai dari Pertanian, Peternakan, dan Perikanan.

Tatang, salah seorang warga Desa Rajadatu merasakan manfaat dari suntikan modal BUMDes.

Petani pepaya california ini mengaku sempat terpuruk lantaran di-PHK dari tempat kerjanya. Namun kini, Tatang menjadi petani pepaya california dengan pendapatan Rp 3,2 juta sekali panen. 

“Awalnya saya merupakan korban PHK sebuah perusahaan di Jakarta. Iya tidak lagi mendapatkan penghasilan namun kini meski di kampung, berkat bantuan BUMDes bisa berbisnis dan berkumpul bersama keluarga,” kata Tatang, Senin (18/10/2021).

Dadang Noor Iskandar, ketua BUMDes Desa Rajadatu Tasikmalaya, mengungkapkan, pihaknya selektif dalam menyalurkan tambahan modal. Hal tersebut untuk menghindari kerugian dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

“Setiap warga yang mengembangkan usaha di bidang pertanian, perikanan hingga tempat mancing mereka akan mengembalikan dana pinjaman tersebut dengan bagi hasil 30/70 persen dari penghasilan. Hal tersebut dilakukan secara bergiliran untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Saat ini, kata Dadang, sudah puluhan warga yang menikmati bantuan BUMDes, baik yang bekerja langsung di BUMDes maupun yang mendapatkan suntikan modal.

“Sehingga pada masa pandemi tidak lagi dijadikan alasan untuk terpuruk, karena bisa memulai usaha baru agar tetap bisa bertahan dan berinovasi,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -