Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruHP Huawei Nova 9 Resmi Meluncur di Eropa dengan Harga Rp 8...

HP Huawei Nova 9 Resmi Meluncur di Eropa dengan Harga Rp 8 Jutaan

Setelah resmi meluncur di China, akhirnya HP Huawei Nova 9 resmi dijual di negara-negara Eropa belum lama ini. Namun peluncurannya di benua biru tersebut tidak bersamaan dengan Nova 9 Pro.

Sebagai smartphone unggulan, tentu seri Nova 9 ini membawa spesifikasi yang mumpuni. Seperti pada bagian dapur pacu, layar, kamera dan lain sebagainya.

Baca Juga : HP Huawei P50 Bakal Segera Dirilis, Ini Penampakan Spesifikasinya

Selain negara Eropa, kemungkinan besar Huawei Nova 9 juga akan rilis di kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia dalam waktu dekat ini.

Kehadiran dari smartphone terbaru besutan Huawei tersebut, bisa jadi bersamaan dengan Watch GT3 dan juga MateBook 14s.

Spesifikasi HP Huawei Nova 9

Mengutip dari GSM Arena, Kamis (21/10/2021), Huawei Nova 9 ini membawa sejumlah fitur dan spesifikasi yang handal. Baik itu dalam hal performa sampai kamera.

Pada sektor dapur pacunya, Huawei Nova 9 ini menggunakan chipset Snapdragon 778G 4G dengan fabrikasi 6 nm besutan Qualcomm.

Kebanyakan untuk smartphone flagship saat ini memang menggunakan prosesor 5G. Namun untuk Huawei Nova 9 ini tetap mengandalkan 4G. Hal tersebut mengingat bahwa seri flagship Huawei lainnya yakni seri P50, juga menggunakan prosesor 4G.

Meski masih berkemampuan 4G tersebut, namun HP Huawei Nova 9 ini bisa mendukung pengalaman komunikasi yang lebih baik dari P50.

Sehingga, bisa mempertahankan seri Nova yang sudah menjadi favorit konsumen selama bertahun-tahun.

Sementara untuk mendukung performa, sudah tersemat RAM berkapasitas 8 GB. selain itu, terpasang juga penyimpanan internal dalam dua pilihan, antara lain kapasitas 128 GB dan 256 GB.

Sedangkan pada bagian layar, HP Huawei Nova 9 ini memiliki model punch-hole hiperboloid, dengan ukuran 6,57 inci.

Adapun resolusi layarnya mencapai 1080 x 2340 piksel dengan aspek rasio 19.5:9. Kemudian panelnya sudah menggunakan OLED, refresh rate 120 Hz.

Selain itu juga, layar Huawei Nova 9 ini memiliki fitur HDR10, yang menawarkan tingkat kontras serta kecerahan yang lebih tinggi dan juga warna lebih detail serta tajam.

Model standar dari seri Nova 9 ini menggunakan baterai dengan kapasitas 4300 mAh, yang juga mendukung pengisian cepat 66W.

Pabrikan ponsel asal China ini mengklaim bahwa fast charging tersebut, bisa mengisi ulang daya baterai sampai 60 persen hanya dalam waktu 18 menit. Sedangkan untuk pengisian baterai penuh 100 persen memakan waktu 38 menit saja.

Kamera Belakang dan Depan jadi Andalan

Bukan hanya handal dapur pacunya, namun HP Huawei Nova 9 ini juga bisa memuaskan penggunanya ketika ingin mengabadikan momen penting.

Masih mengutip dari GSM Arena, bahwa kamera belakang yang terpasang pada Huawei Nova 9 ini sebanyak 4 lensa.

Baca Juga : Spesifikasi Huawei P50 Pro yang Mengejutkan

Adapun Quad Camera tersebut antara lain 50 MP bukaan f/1.9 (wide) sebagai lensa utama. Lalu, kamera beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.2 (ultrawide).

Kemudian, kamera ketiga dan keempat masing-masing berkekuatan 2 MP untuk makro dan depth.

Sedangkan dalam hal video, kamera belakang HP Huawei Nova 9 ini bisa merekam dari [email protected] sampai 4K.

Konfigurasi penempatan keempat kamera tersebut terbilang unik dan berbeda dengan vendor smartphone lainnya.

Pada bagian atas terpasang kamera utama 50 MP. Sedangkan untuk di bawahnya terpasang 3 kamera dan 1 LED flash, yang pemasangannya secara melingkar.

Sementara pada bagian layar sebelah tengah atas, terpasang 1 lensa untuk kamera selfie. Kamera depan tersebut berkekuatan 32 MP bukaan f/2.0 (wide).

Tidak berbeda jauh dengan kamera belakang, untuk bagian depan juga bisa merekam video, mulai dari [email protected] hingga [email protected]

Software, Fitur dan Harga

Jika smartphone selain Huawei menggunakan Android dalam hal sistem operasi (OS), namun untuk HP Nova 9 ini mengandalkan HarmonyOS 2.0 untuk pasaran China. Sedangkan untuk pangsa pasar negara Eropa memakai EMUI 12.

Sama seperti pendahulunya, untuk ponsel pintar seri terbaru besutan Huawei ini juga tidak menyediakan layanan Google Play.

Sementara bagian fitur lainnya, tersedia Wifi, Bluetooth, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, NFC. Namun tidak tersedia radio.

Sistem keamanan pada Huawei Nova 9 memakai sidik jari yang terpasang di bawah layar, dan juga pemindai wajah.

Sedangkan untuk harga dari HP Huawei Nova 9 pasar Eropa berbanderol € 499 atau kurang lebih Rp 8.212.785. (R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -