Jumat, Juli 1, 2022
BerandaBerita TerbaruHP Oppo A55 4G Resmi Rilis, Apa Perbedaannya dengan Versi 5G?

HP Oppo A55 4G Resmi Rilis, Apa Perbedaannya dengan Versi 5G?

India menjadi negara pertama yang mencicipi HP Oppo A55 versi 4G. Smartphone besutan Oppo yang baru rilis pada 1 Oktober 2021 ini, adalah lanjutan dari varian 5G.

Seperti kita ketahui, bahwa Oppo A55 5G tersebut pertama kali rilis pada bulan Januari 2021.

Baca Juga : Menghubungkan HP Oppo Reno6 ke TV, Simak Caranya

Namun apakah ada perbedaan antara varian 5G yang terlebih dulu hadir, dengan A55 yang berjaringan 4G dalam hal spesifikasi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut spek dan fitur yang Oppo A55 4G bawa.

Spesifikasi HP Oppo A55 4G Berikut Harganya

Smartphone terbaru besutan vendor asal China ini, membawa beberapa spek dan fitur unggulan. Seperti pada sektor kamera, RAM dan baterai.

Kamera Belakang dan Depan

Oppo A55 4G ini memiliki kelebihan dari bagian kamera belakang dan depan. Mengutip dari GSM Arena, meski hanya bermodal 3 lensa namun untuk kamera utamanya beresolusi tinggi.

Adapun kamera utama pada HP Oppo A55 4G ini resolusinya adalah 50 MP bukaan f/1.8 (wide). Sedangkan untuk kamera kedua dan ketiga masing-masing resolusinya 2 MP, yang bertindak sebagai lensa makro dan depth.

Sementara untuk kamera depan, terpasang satu lensa di sudut kiri layar yang disimpan pada lubang kecil atau punch hole.

Kamera selfie Oppo A55 4G ini resolusinya 16 MP dengan bukaan lensa f/2.0 (wide). Tentunya dengan resolusi yang tinggi tersebut bisa memuaskan Anda yang suka selfie.

Selain itu, kamera selfie tersebut membawa fitur seperti efek bokeh melalui software. Belum lagi ditambah efek fill light, yang bisa menghasilkan foto lebih cerah, walaupun dalam kondisi cahaya yang kurang bahkan gelap sekalipun.

Layar dan Bodi yang Tahan Percikan Air

Selanjutnya untuk bagian layar, HP Oppo A55 4G ini memiliki ukuran 6,51 inci dengan resolusi mencapai 720 x 1600 piksel (HD+), dan aspek rasio 20:9.

Layar pada smartphone terbaru besutan Oppo ini masih berpanel IPS LCD. Selain itu, refresh rate 60Hz, namun untuk touch sampling rate sudah 120Hz. Sehingga ponsel ini cukup oke untuk bermain game.

Baca Juga : Oppo Reno6 Cocok Buat Main Game, Ini Alasannya

Sementara bagian bodinya, A55 4G ini mempunyai ukuran secara keseluruhan 163,6 x 75,7 x 8,4 mm, dengan bobot 193 gram.

Salah satu kelebihannya adalah sudah bersertifikat IPX4 atau Splash-proof. Artinya, HP Oppo A55 4G tersebut bisa tahan terhadap percikan air, seperti air hujan dan lainnya.

Sedangkan untuk warnanya tersedia dalam pilihan Rainbow Blue, dan juga Starry Black, dengan efek gradasi pelangi.

Dapur Pacu dan Baterai

Beralih ke bagian dapur pacu, HP Oppo A55 4G ini menggunakan chipset Helio G35 besutan MediaTek.

Prosesor tersebut memakai CPU ARM Cortex-A53 dengan kecepatan maksimal 2,3 GHz. Kemudian pada GPU atau pengolahan grafis terpasang PowerVR GE8320.

Baca Juga : Harga Oppo Reno6 Series 5G di Indonesia Berikut Spesifikasinya

Sementara untuk pendukung performa, terpasang RAM dengan dua pilihan, yakni kapasitas 4 GB dan juga 6 GB.

Untuk RAM 4 GB disandingkan dengan internal memori 64 GB, sedangkan RAM 6 GB dipadukan dengan penyimpanan internal 128 GB.

Kemudian untuk bagian baterai, HP Oppo A55 4G ini berkapasitas besar yakni mencapai 5000 mAh.

Tidak ketinggalan, Oppo juga menyematkan fitur pengisian daya cepat 18W. Vendor smartphone asal China ini mengklaim bahwa fast charging tersebut bisa mengisi ulang daya baterai 33 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Sementara untuk fitur lainnya, OS sudah berbasis Android 11 terbaru dan menjalankan antarmuka ColorOS 11.1. Selain itu, tersedia juga fitur System Booster, yang bisa meningkatkan performa hardware menjadi lebih maksimal.

Sedangkan untuk sistem keamanan ponsel, Oppo A55 4G ini memakai sensor fingerprint atau sensor sidik jari, yang terpasang pada bagian samping atau sisi bodi.

Ponsel Oppo A55 4G juga bisa untuk dual SIM. Kemudian tersedia pula jack headphone 3.5mm, USB-C, USB On-The-Go dan lainnya.

Di India sendiri, HP Oppo A55 4G tersebut dijual dengan harga 15.490 rupee (sekitar Rp 3 jutaan) untuk varian RAM 4 GB. Sedangkan untuk RAM 6 GB banderolnya 17.490 rupee atau kurang lebih Rp 3,3 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -