Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruInovasi Terbaru Google Assistant di Hari Jadi ke-5, Apa Saja?

Inovasi Terbaru Google Assistant di Hari Jadi ke-5, Apa Saja?

Inovasi baru Google Assistant menghadirkan beberapa pilihan fitur menarik. Ini perusahaan lakukan bersamaan dengan peringatan hari jadi ke-5 Google Assistant.

Saat ini asisten digital telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan orang di berbagai belahan dunia.

Hal ini terbukti bahwa Google Assistant telah membantu menjawab milyaran pertanyaan. Selain itu, juga mampu mengirim jutaan resep, mengatur miliaran pengingat, dan masih banyak lagi.

Pada awalnya, Assistant hanya menawarkan dua suara yang tersedia di speaker Google Home di AS serta mendukung bahasa Inggris dan Jerman pada ponsel Pixel saja. Namun saat ini Google Assistant telah menjadi salah satu layanan yang cukup populer di masyarakat.

Baca Juga: Ubah PPT ke Word Mudah dan Praktis, Tanpa Harus Copy Per Halaman!

Ketahui Inovasi Terbaru Google Assistant

Google Assistant merupakan salah satu fitur dari Google yang dapat mempermudah aktivitas pengguna sehari-hari. Fitur ini dapat pengguna manfaatkan kapan dan di manapun.

Google Assistant dapat terbilang sebagai salah satu produk tercanggih buatan Google. Produk Google ini pertama kali meluncur pada Mei 2016 silam dan telah digunakan lebih dari 1 milyar device sesuai dengan laporan dari Think With Google.

Kehadiran fitur ini pun memperoleh sambutan hangat dari para pengguna Google. Tidak heran apabila terdapat 500 juta orang yang menggunakan Google hingga 2021 ini.

Selama 5 tahun perjalanannya, Google Assistant mampu menghadirkan inovasi terbaru yang siap pengguna manfaatkan untuk aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Backup Data WhatsApp Ke Google Drive, Pulihkan Chat Lebih Mudah!

Hadirnya Inovasi Terbaru Google Assistant Bagi Pengguna

Perusahaan teknologi raksasa Google pertama kali meluncurkan Google Assistant pada tahun 2016. Awal keberadaannya, asisten virtual ini terasa asing bagi sebagian kalangan dan hanya terbatas pada perangkat tertentu saja.

Saat ini Google Assistant mengalami perkembangan yang cukup pesat. Selain telah tersedia di berbagai negara, Google Assistant juga menyatukan semua teknologi yang ia bangun selama bertahun-tahun.

Kini Google Assistant telah tersedia di lebih dari 90 negara. Kurang lebih 30 bahasa serta menawarkan 10 suara untuk bekerja bahkan digunakan lebih dari 100 juta perangkat rumah pintar. Termasuk sistem keamanan, lampu, serta thermostat. Ini berdasarkan pernyataan resmi Google pada Kamis 14 Oktober 2021 lalu.

Inovasi terbaru Google Assistant terdiri dari Knowledge Graph hingga Natural Language Processing. Selain itu, salah satu terobosan yang ada dalam beberapa waktu terakhir adalah pada saat perusahaan menerapkan BERTneural transformer revolusioner yang telah berhasil Google temukan pada 2018 menuju percakapan Asisten.

Hal ini mampu memberikan kemudahan bagi Assistant dalam memahami konteks serta dialog lebih panjang. Bahkan memungkinkan para pengguna untuk melakukan percakapan bolak-balik secara lebih alami.

Asisten tidak hanya dapat memudahkan para pengguna dalam mengakses berbagai jenis informasi serta pembelajaran dari kekuatan perintah suara. Akan tetapi, juga mampu membantu menangani berbagai hal kecil di sekitar rumah atau di mana dan kapanpun pengguna membutuhkan.

Baca Juga: Cara Logout Akun Google di Android dan iPhone, Simak Tutorialnya!

Fitur Lain Google Assistant

Selain inovasi terbaru, terdapat fitur menarik lain dari Google Assistant yang dapat pengguna manfaatkan. Pilihan fitur menarik tersebut antara lain dapat membacakan Audiobooks dan email yang lebih panjang.

Pada saat pengguna mengatakan “Hai, Google, baca halaman ini” maka Google Assistant akan membaca teks yang terdapat pada layar. Google Assistant sudah dapat membaca buku, audio, serta email.

Tujuan Google mengembangkan teknologi ini untuk dapat membaca artikel lebih panjang serta suara keras. Selain itu, Google Assistant juga dapat menerjemahkan ke dalam 42 bahasa.

Sementara itu, fitur lain yang terdapat pada Google Assistant adalah dapat menautkan akun pengguna pada perangkat rumah pintar yang tidak ada di Google. Seperti C Smart Light Bulbs atau Ecobee Smart Thermostat yang dapat terkoneksi dengan Google Assistant.

Kini fitur ini pun berkembang menjadi inovasi terbaru Google Assistant yang cukup dipertimbangkan oleh para pengguna. Terdapat pula fitur penjadwalan yang dapat pengguna manfaatkan dalam penggunaan beberapa perangkat rumah pintar. Seperti TV, microwave, dan yang lainnya.

Selain beberapa inovasi terbaru Google Assistant serta fitur menarik yang tersemat di dalamnya, produk Google ini juga mengenalkan beragam pelayanan menarik. Seperti bertransaksi serta memesan makanan. Bahkan Google Assistant pun memungkinkan para penggunanya untuk mengakses banyak informasi, termasuk juga berkaitan dengan hal-hal penting lainnya. (R10/HR-Online)