Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita BanjarJembatan Citanduy 1 Kota Banjar Dibuka Pekan Ini

Jembatan Citanduy 1 Kota Banjar Dibuka Pekan Ini

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas PUPRKP Kota Banjar, Jawa Barat, memastikan pelaksanaan pembangunan jembatan Citanduy 1 penghubung antara Kota Banjar menuju akses Jalan Nasional Jabar-Jateng Kecamatan Purwaharja telah rampung.

Rencananya jembatan Citanduy 1 penghubung Jalan Nasional Jabar-Jateng tersebut akan dibuka dan mulai digunakan pada pekan ini.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRKP Kota Banjar, Agus Sarifuddin, melalui Kasi Perencanaan, Asep Dadi, mengatakan, proses pelaksanaan pembangunan jembatan Citanduy 1 tersebut sampai selesai berjalan sekitar 5 bulan.

Anggaran yang digunakan untuk pembangunan tersebut yaitu Rp 1,4 milyar.

Adapun panjang jembatan yang diperbaiki 100 meter dan luas jalan sekitar 7 meter.

“Rencananya dalam minggu ini sudah mulai dibuka. Sekarang juga kami sedang persiapan untuk pemasangan lampu penerangan area jembatan,” kata Asep.

Asep mengatakan hal itu saat mengecek lokasi penerangan Jembatan Citanduy 1 kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Lanjutnya, setelah dilakukan perbaikan pihaknya memastikan sudah melakukan uji kekuatan jembatan tersebut kondisinya kuat untuk dilewati arus kendaraan.

Baca Juga: Ponpes Agribisnis Banjar Sukses Kembangkan Melon Inthanon & Jepang

Pembukaan Jembatan Citanduy 1 Kota Banjar, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Adapun terkait pengalihan arus lalu lintas setelah nanti dilakukan pembukaan jembatan Citanduy 1.

Untuk pengaturan arus lalu lintas tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Banjar.

“Untuk pengaturan lalu lintas kami sudah koordinasi dengan Dishub dan Kepolisian dan untuk pembukaannya juga tidak ada acara seremonial. Jadi langsung bisa dibuka dan digunakan,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Banjar, Fera Mada Pratama, mengatakan, sementara ini untuk jadwal pasti pembukaan jembatan Citanduy 1 tersebut pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas PUPRKP.

Namun begitu, kata Fera, jika nanti sudah dilakukan pembukaan untuk arus lalu lintas kendaraan yang sekarang masih dilakukan pengalihan melalui Jembatan Parungsari akan dialihkan kembali seperti saat sebelum dilakukan perbaikan.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan antisipasi jika terjadi penumpukan arus kendaraan dari atas jembatan mengingat saat ini tengah dilakukan perbaikan Jalan Nasional Jabar-Jateng.

“Untuk arus lalu lintas tentu akan dialihkan lagi seperti semula. Tapi sebelum itu kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas PUPRKP terkait jadwal pasti pembukaannya,” kata Fera. (Muhlisin/R8/HR Online/Editor: Jujang)

- Advertisment -