Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruJenis Kain untuk Kebaya Paling Populer dan Nyaman Hingga Saat Ini

Jenis Kain untuk Kebaya Paling Populer dan Nyaman Hingga Saat Ini

Jenis kain untuk kebaya tentunya memiliki kualitas yang bagus. Untuk setiap jenis kain memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ketika Anda menginginkan kebaya, sebaiknya cari tahu dulu jenis bahan yang tepat. Sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan kebaya yang berkualitas dan nyaman digunakan.

Kebaya itu sendiri merupakan salah satu jenis busana formal yang gemar dikenakan para wanita. Selain tampak anggun, kebaya juga memiliki nilai yang tinggi dari segi penampilan.

Namun seiring berkembangnya dunia fashion, membuat produksinya juga mengalami perubahan. Bahkan beragam model dan penggunaan bahannya pun kini mengalami peningkatan.

Apalagi kebaya tidak hanya untuk menghadiri pernikahan atau kondangan saja. Justru sekaang item fashion yang satu ini juga banyak dipilih untuk mewarnai berbagai acara.

Hal itu karena modelnya yang cukup beragam. Bahkan kain yang digunakan untuk pembuatannya juga bervariasi. Apalagi ketika hendak membuat kebaya sendiri, pastikan memilih jenis kain untuk kebaya yang pas.

Jadi Anda akan nyaman menggunakannnya meski dalam waktu lama. Modelnya yang menarik juga akan membuat kesan tampilan Anda semakin fashionable.

Baca Juga : Model Kebaya Tunik untuk Orang Gemuk, Ikuti Tips Ini saat Memilihnya

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuat busana kebaya sendiri, cari tahu apa saja jenis kain yang tepat dan nyaman untuk digunakan.

Beberapa Pilihan Jenis Kain untuk Kebaya

Seperti yang sudah banyak orang tahu jika fashion kaum wanita sangatlah banyak dan luas. Bahkan dari sekian banyaknya busana memiliki keunggulan masing-masing.

Berbagai jenis busana juga terbuat dari beragam bahan yang berbeda. Begitu juga dengan kebaya. Tentunya memiliki bahan yang tepat menjadi kunci kenyamanan Anda saat memakainya.

Jenis bahan yang bagus merupakan kain pilihan terbaik, sehingga mampu membuat busana berkualitas. Karena alasan inilah mengapa kebaya banyak yang memiliki harga tinggi. Kepopuleran kebaya hampir sama dengan batik. Bahkan tidak pernah lekang oleh waktu.

Hingga saat ini model kebaya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Hal ini akan tampak lebih menarik, modern, dan kekinian.

Untuk mendapatkan model kebaya yang berkualitas, tentu kebutuhan bahan kain yang tersedia cukup beragam. Berikut ini ada beberapa pilihan jenis kain untuk kebaya:

Baca juga : Model Kerah Kebaya Modern Sesuai Bentuk Tubuh, Ini Rekomendasinya!

Katun

Seperti memilih bahan untuk berbagai busana, katun juga biasa sebagai bahan utama produksi. Jenis kain untuk kebaya yang satu ini hadir dengan berbagai kelebihan.

Katun memang mudah menyerap keringat, sehingga akan terasa nyaman saat Anda pakai. Selain itu, desain kebaya dengan bahan yang satu ini lebih mudah daripada jenis bahan lainnya.

Motifnya beragam, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Pada umumnya bahan ini cocok untuk kebaya model kutu baru, sehingga mampu memberikan kesan mewah dan anggun.

Adapun ciri-ciri dari kain katun yaitu mudah kusut, benang kurang halus, rentan terhadap jamur, bahan terasa dingin, kaku, dan mampu menyerap keringat lebih baik.

Satin

Ada pilihan jenis kain untuk kebaya lainnya, yaitu satin. Jenis bahan satu ini adalah kain tenun yang menggunakan teknik serat filamen. Satin memiliki ciri khas kain yang mengkilap dan licin.

Baca Juga : Busana Kebaya Modern Remaja yang Makin Modis dan Anggun

Satin terbuat seperti poliester. Hingga saat ini bahan satin banyak digunakan untuk baju kebaya. Ada beberapa keunggulan yang kain satin miliki, yaitu mengkilap, lentur, dan mampu menciptakan kesan adem. Hal ini mampu memberikan tingkat kenyamanan tinggi.

Organza

Pilihan jenis kain untuk kebaya yang lainnya yaitu organza. Jenis kain ini mirip dengan satin. Hanya saja kain ini juga sering untuk pembuatan kebaya. Biasanya untuk pembuatan kebaya pengantin atau acara pesta.

Sama seperti bahan lainnya, organza juga hadir dengan kekurangan. Mulai dari tidak bisa menyerap keringat dengan baik, tipis, dan terlihat transparan.

Brokat

Bahan pembuatan kebaya yang cukup populer yaitu kain brokat. Kain yang satu ini cukup banyak variannya. Ada yang namanya brokat lokal, semi Prancis, dan Prancis.

Namun dari ketiganya, kain brokat Prancis yang cukup populer dan banyak penggemarnya. Hal ini bukan tanpa alasan. Kain brokat Prancis memiliki bahan berkualitas.

Model kebaya dari brokat pun akan tampak mewah, berkelas, dan elegan dengan harga yang tinggi. Karena alasan inilah sebagian besar orang memilih jenis kain untuk kebaya dari brokat. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -