Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruJok Motor Variasi Empuk dan Nyaman, Perhatikan Tips Modifikasinya

Jok Motor Variasi Empuk dan Nyaman, Perhatikan Tips Modifikasinya

Jok motor variasi harus memperhatikan kenyamanan saat berkendara. Mengingat banyaknya pengendara yang mengeluhkan jok keras dan licin saat digunakan.

Baca Juga : Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Mudah dan Aman

Memilih jok variasi harus memperhatikan dari segi bahan sehingga tidak menimbulkan badan pegal saat perjalanan jauh. Seperti apa modifikasi jok variasi yang berkualitas baik?

Tips Modifikasi Jok Motor Variasi Terbaik dan Nyaman

Bagi Anda yang ingin memiliki jok variasi nyaman dapat melakukan modifikasi secara tepat dengan memperhatikan hal berikut. 

Pilih Busa Berkualitas

Hal pertama adalah faktor kenyamanan jok motor variasi. Busa berkualitas dan lembut bisa menjadi pertimbangan Anda. Pilihan terbaik mampu memberikan kenyamanan saat berkendara.

Hindari Jok Terlalu Tipis

Kebanyakan orang memilih jok yang memiliki lekukan agar lebih nyaman digunakan. Namun perlu diingat, hindari jok yang terlalu tipis.

Hal ini mengurangi rasa nyaman dan keras. Dari segi tampilan memang bagus, hanya saja tidak sesuai dengan faktor penggunaan. 

Penggunaan Latex

Selanjutnya pakai lapisan yang berkualitas. Agar mendapatkan jok yang empuk, pilihlah lapisan latex atau yang biasa digunakan untuk pelapis sofa.

Bagi Anda yang masih menggunakan lapisan jok yang keras, tentu Anda bisa coba menggunakan lapisan ini. Namun Anda harus mengikis busa bagian atas dan memasang lembaran lapisan tersebut. 

Bahan dasar pelapis jok motor variasi ini cukup lentur, sehingga mengikuti lekuk tubuh saat menempel pada jok. Selain itu, memungkinkan bentuk jok mengikuti pola dan mudah diaplikasikan. Kulit yang berkualitas akan lebih tahan terhadap cuaca, sehingga lebih awet. 

Sementara dari segi selera bentuk, motif, serta ketebalan, setiap orang cukup berbeda. Namun sebaiknya Anda mengubah jok sesuai dengan bentuk motor. 

Beri Tambahan Pegas atau Per

Tips selanjutnya, untuk menambahkan kenyamanan maka dengan menambahkan pegas pada rangka jok motor Anda.

Gunakan per besi kawat yang elastis dan rentangkan secara horizontal. Caranya dengan melubangi rangka jok motor dan pasangkan per, baru Anda pasang busanya. 

Pilih Warna yang Sesuai dengan Tema Modifikasi

Selain itu, memilih warna menjadi penting agar tampilan jok motor variasi menjadi lebih menarik. Anda bisa mengubahnya menjadi jok variasi yang lebih sporty dan modern. Variasi bisa dengan stiker atau tulisan yang sesuai dengan keinginan. 

Pilih Motif Jok yang Sablon

Jika Anda berencana merubah jok dan membuat variasi, maka Anda bisa memilih jok bermotif yang bersablon. Hindari model yang berbordir.

Karena jok yang berbordir memungkinkan air masuk ke dalam busa dan membuat Anda basah ketika mendudukinya. 

Pilih yang berbahan tidak mudah rusak atau sobek. Dengan sablon, maka permukaan dan tekstur jok menjadi lebih aman dan awet. 

Ergonomi

Saat Anda memodifikasi jok motor variasi maka secara ergonomi juga akan berubah. Terutama saat penipisan busa jok. Hal ini akan berpengaruh pada posisi kendaraan yang berubah pada bagian lutut, pandangan dan siku.

Baca Juga : Pengunci Jok Motor Macet, Berikan Cairan Pelumas Khusus 

Begitu juga sebaliknya, saat Anda menebalkannya maka posisi pinggul lebih baik daripada penggunaan jok standar.

Perubahan secara ergonomi membuat kenyamanan berkendara semakin berkurang. karena pengaruh ini pada keseimbangan serta kestabilan. 

Memodifikasi jok tidak untuk meninggikan bagian belakang karena membuat pembonceng melebihi pengendara. Hal ini membuat dampak negatif pada aerodinamika kendaraan. 

Membuat Jok variasi di Tempat Profesional

Modifikasi jok motor variasi tidak bisa sembarangan. Anda perlu memilih jasa modifikasi jok yang profesional. Hal ini berpengaruh terhadap hasil jok dan tampilannya.

Dengan memilih jasa yang berkualitas, maka tidak akan ada kesulitan baik desain maupun waktu pengerjaan. Anda tentu akan merasa sangat terbantu.

Anda tinggal membuat desain yang sesuai keinginan dan semua akan selesai dalam hitungan jam saja. Namun jika ingin desain khusus dan berbeda maka akan memakan waktu kurang lebih satu pekan.

Hal ini tergantung tingkat kerumitan dari motif dan desain Anda. Sekarang ini sudah tersedia ahli jok profesional yang memiliki desain dan jok variasi yang beragam.

Jok motor variasi membuat penampilan kendaraan menjadi lebih kece dan sporty. Berkendara jarak jauh akan lebih nyaman jika Anda benar-benar memperhatikan tips tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto 

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img