Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruKaca Mobil Tidak Mau Naik, Kenali Apa Penyebab Sebelum Mengatasinya

Kaca Mobil Tidak Mau Naik, Kenali Apa Penyebab Sebelum Mengatasinya

Kaca mobil tidak mau naik memiliki beberapa penyebab. Bahkan setiap masalah yang terjadi juga memiliki penanganannya masing-masing.

Untuk itu, pastikan Anda bisa mengetahui penyebabnya terlebih dulu sebelum mengatasinya. Kaca pada mobil memang memiliki fungsi yang cukup baik.

Namun jika komponen tersebut tidak digunakan atau jarang terbuka, maka gerakannya akan melambat. Bahkan hal ini juga akan terjadi ketika rel regulator kotor.

Setiap komponen kendaraan tentu memiliki fungsi yang berbeda. Cara perawatannya pun tidak sama. Begitu juga dengan kaca mobil. Jika tidak dilakukan perawatan secara rutin, maka akan mengakibatkan kemacetan.

Masalah kaca mobil macet atau tidak naik turun dengan sempurna pasti sudah sering terjadi. Masalah ini bisa sering muncul ketika kendaraan sudah memiliki usia lebih dari 5 tahun.

Bahkan jika kendaraan sudah berusia tua, tentu akan mengalami banyak masalah. Hal ini juga bisa saja terjadi ketika kendaraan tidak dilakukan perawatan secara berkala.

Banyak penyebab kaca mobil tidak mau naik. Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat sebaiknya berikan perawatan berkala pada komponen kendaraan. Sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang buruk.

Baca Juga : Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi pada Komponen Mesin

Beberapa Penyebab Kaca Mobil Tidak Mau Naik

Kaca jendela mobil yang bermasalah akan membuat Anda kesulitan untuk menaikkan dan menurunkannya. Sehingga dapat membuat kinerjanya tidak berfungsi dengan baik.

Padahal kaca pada kendaraan akan membantu Anda lebih nyaman. Selain itu, masih banyak fungsi yang bisa Anda dapatkan. Jika komponen tersebut bermasalah, tentu akan mengakibatkan Anda merasa terganggu.

Biasanya penyebab yang terjadi akibat karet channelnya sudah keras. Namun masih banyak penyebab yang bisa menjadikan naik turun kaca bermasalah.

Agar Anda bisa mengatasinya dengan cara tepat dan pas, sebaiknya cari tahu apa saja penyebab kaca mobil bermasalah. Berikut ini penyebab yang bisa Anda tahu:

Kerusakan pada Tombol Power Window

Penyebab pertama kaca mobil tidak mau naik bisa karena kerusakan pada saklar atau tombol power window. Ketika kondisi komponen ini masih dalam keadaan bagus, maka kaca mobil tidak akan bermasalah.

Baca Juga : Kabin Mobil Berisik? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Namun berbeda jika kondisinya sudah rusak. Untuk itu, cek ulang bagian tersebut. Ketika respon berkurang meski tombol sudah Anda tekan, maka bisa jadi mengalami kerusakan.

Karet Kotor atau Keras

Sering sekali terjadi pada beberapa pemilik mobil ketika hendak menaikkan kaca seret. Salah satu penyebabnya karena karet yang memiliki peran penting tersebut kotor atau keras.

Kaca mobil tidak mau naik bisa terjadi karena komponen ini bermasalah. Ketika masih dalam kondisi bersih dan bagus, maka kaca akan mudah naik dan turun. Namun jika karet sudah bermasalah, maka naik turun kaca pun akan terhambat.

Masalah Kelistrikan

Ada penyebab yang bisa muncul dari komponen pada kaca mobil. Salah satunya kaca mobil tidak mau naik. Masalah yang bisa Anda lakukan pengecekan yaitu pada bagian sekring.

Seperti yang Anda ketahui jika sekring berfungsi untuk memutus arus listrik agar terhindar dari konsleting. Jika sekring mengalami kerusakan, maka akan mengakibatkan power window tidak berfungsi.

Baca Juga : Penyebab Lampu Rem Mobil Nyala Terus dan Cara Mengatasinya

Regulator

Untuk dapat mengatasi kaca mobil tidak mau naik, tentu Anda juga harus tahu apa sebenarnya penyebab dari masalah tersebut. Komponen regulator juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai penggerak kaca. Sayangnya, regulator bisa berkarat seiring pemakaiannya akibat terkena air yang masuk pada sela-sela karet kaca.

Bahkan jika kaca mobil jarang dibuka regulatornya juga berpotensi menjadi macet. Hal ini akan menghambat kaca tidak bisa naik turun dengan sempurna.

Pelumas Kurang

Kaca juga memiliki beragam masalah yang bisa terjadi termasuk seret atau susah naik. Masalah ini bisa terjadi akibat pelumas kurang.

Karena pada kaca pintu mobil juga membutuhkan pelumas. Hal ini agar dapat terhindar dari masalah akibat sering terkena air, kotoran, dan panas.

Dengan mengetahui apa saja penyebab kaca mobil tidak mau naik, maka mengatasinya pun akan lebih mudah dan cepat.

Sehingga risiko terjadinya masalah ini akan lebih sedikit. Langkah tepat yang harus Anda lakukan yaitu melakukan perawatan secara berkala. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -