Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TasikmalayaKarta Cisarua Tasikmalaya Gelar Upacara Sumpah Pemuda di Atas Bukit

Karta Cisarua Tasikmalaya Gelar Upacara Sumpah Pemuda di Atas Bukit

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga yang tergabung dalam Karang Taruna (Karta) Bakti Mandiri Desa Cisarua, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menggelar upacara Sumpah Pemuda di atas bukit, Kamis (28/10/2021).

Meski berlangsung sederhana, namun pelaksanaan upacara tersebut berlangsung khidmat. Tak lupa, saat pengibaran bendera, para peserta yang dari pemuda karang taruna ini juga menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bukan hanya upacara hari Sumpah Pemuda saja, namun Karta Desa Cisarua, Kabupaten Tasikmalaya, juga melaksanakan penghijauan di lahan Perhutani, Blok 30G, Pasir Cengal.

Ketua Karta Bakti Mandiri, Yayat Sobariyat mengatakan, pelaksanaan penghijauan tersebut sebagai bukti kepedulian para pemuda dalam melestarikan lingkungan.

“Jadi, kita tidak hanya melaksanakan upacara hari Sumpah Pemuda saja,” katanya kepada HR Online, Kamis (28/10/2021).

Yayat menuturkan, bahwa Karta Bakti Mandiri melakukan penghijauan kembali, karena pohon-pohon yang ada di hutan atau bukit tersebut kini sudah jarang.

“Sehingga perlu kita pelihara. Hal tersebut agar sumber mata air bagi warga setempat bisa tetap terjaga,” ucapnya.

Lebih lanjut Yayat menambahkan, bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya menanam sedikitnya 1000 pohon. Antara lain jenis pohon mahoni, manggis, alpukat dan lengkeng.

Ia mengatakan, pelaksanaan penghijauan tersebut akan terus dilaksanakan secara bertahap. Khususnya untuk lahan yang mereka anggap kritis.

“Sehingga kedepannya mata air bagi warga sekitar akan tetap terjaga,” ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, pihak Perhutani sangat menyambut baik dari kepedulian para pemuda yang tergabung dalam Karta Bakti Mandiri.

“Kini kondisinya belum memasuki masa tanam pasca adanya penebangan. Namun dengan adanya penanaman tersebut, kita bisa menjaga kelestarian hutan,” pungkasnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -