Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruKeistimewaan Hari Senin, Banyak Ampunan dan Pahala

Keistimewaan Hari Senin, Banyak Ampunan dan Pahala

Keistimewaan hari Senin, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Bahkan, justru sebagian orang itu membenci datangnya hari tersebut. Tidak heran apabila memang demikian. Karena, mereka menganggap Senin itu saatnya kembali bekerja keras atau hari pertama memulai kegiatan, setelah menikmati weekend.

Hari Senin, terkadang juga menjadi hari malas untuk kembali bekerja, setelah nyaman dengan hari Ahad.

Tetapi, Islam tidak mengajarkan hal yang demikian. Alasannya adalah, hari Senin itu merupakan hari yang mana Uswatun Hasanah kita, Nabi Muhammad SAW, lahir ke dunia membawa perubahan zaman.

Tadinya yang semula adalah zaman Jahiliyah, menjadi zaman terang benderang semacam ini.

Sebenarnya, semua hari itu baik. Tetapi, hari Senin memiliki keistimewaan tersendiri, yang berbeda dengan hari-hari lainnya.

Selain itu juga, Senin termasuk hari yang dihormati serta dimuliakan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau mengatakan, terdapat beberapa keutamaan serta peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari tersebut.

baca juga: Keistimewaan Bulan Safar Ternyata Menguntungkan Bukan Pembawa Sial

Beberapa Keistimewaan Hari Senin dalam Islam

Meskipun banyak orang tidak menyukai dengan hari yang satu ini, perlu sekali menyimak informasi berkaitan dengan keistimewaannya.

Tujuannya adalah, selain menambah ilmu pengetahuan serta wawasan dalam Islam, membuat kita semua mencintai datangnya hari tersebut dan menyambutnya dengan baik.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja keutamaan hari Senin tersebut, simak penjelasan berikut ini.

baca juga: Keistimewaan Bulan Dzulhijjah, Keuntungan Pahala yang Tak Terhitungkan

Lahir dan Wafatnya Rasulullah SAW

Rasulullah SAW yang merupakan nabi penutup kenabian juga manusia yang paling sempurna akhlaknya, lahir pada hari Senin dan wafat pada hari itu juga.

Jadi, keistimewaan hari Senin yang pertama adalah, hari yang bertepatan dengan kelahiran serta wafatnya Rasulullah SAW. Hal tersebut sudah seharusnya menjadi hari istimewa untuk semua umat muslim di seluruh dunia.

Pasalnya, Nabi Muhammad SAW yang yang sudah menjadi suri teladan untuk kita, dengan semua keutamaan yang melekat pada dirinya.

Hal itu juga, yang menyebabkan Islam menyebar luas ke seluruh wilayah dunia, dan menjadikan zaman Jahiliyah menjadi zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

baca juga: Keistimewaan Bulan Syawal Meningkatkan Amal Mendatangkan Kebaikan

Anjuran untuk Berpuasa

Kemudian, keistimewaan hari Senin juga menjadi hari anjuran untuk kita berpuasa sunah. Mungkin untuk keutamaan yang satu ini, sudah tidak asing lagi. Karena, sudah banyak juga yang mengamalkan amalan sunah ini.

Ya, puasa Senin dan Kamis merupakan salah satu amalan yang menyebabkan kita menjadi penghuni surga pintu Ar Royyan.

Ar Royyan merupakan surga khusus untuk hamba Allah, yang rajin mengerjakan segala jenis amalan puasa baik sunah maupun wajib.

Sebagaimana dalam hadis:

Jadi, selain menjadi hari anjuran untuk kita berpuasa, juga merupakan hari di mana semua amal perbuatan kita akan ditimbang.

Pintu Surga Terbuka

Selain itu, keistimewaan hari Senin adalah pintu-pintu surga terbuka. Hal tersebut, tentunya membuat kita senang bahagia.

Mengapa demikian? Karena kita bisa melakukan amar ma’ruf nahi mungkar, yang menjadi salah satu penyebab kita menjadi penghuni surga. Apalagi semua orang menginginkan surga Allah.

Al Qur’an Turun

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Al Qur’an mempunyai kedudukan yang utama bagi seluruh umat muslim.

Selain itu juga, Al Qur’an menjadi sumber utama untuk menentukan hukum dalam Islam. Tidak hanya itu saja, Al Qur’an juga sebagai pembeda dengan kitab-kitab Allah yang sebelumnya.

Ya, Al Qur’an itu turun kepada Nabi Muhammad tepatnya pada hari Senin di gua Hira. Jadi, keistimewaan hari Senin adalah hari turunnya kitab suci kepada Rasulullah SAW.

Sebagaimana terdapat dalam Hadits Riwayat Muslim yang menjelaskan Rasulullah SAW telah bersabda: Hari Senin adalah di mana hari aku lahir, hari aku diutus juga hari turunnya Al Qur’an kepadaku.

Hari Dosa Akan Diampuni

Tidak hanya itu saja keistimewaan hari Senin, melainkan pada hari itu terdapat pengampunan semua dosa kita. Sudah pasti setiap jiwa yang Allah ciptakan itu mempunyai dosa.

Nah, datangnya hari Senin itu hendaknya tidak kita benci karena kita harus memulai aktivitas. Akan tetapi, sesungguhnya kita senang karena saat kita meminta ampunan pada hari itu. Maka Allah akan mengampuni semua dosa kita. Insya Allah.

Meskipun begitu, hendaknya bukan pada setiap hari Senin saja kita bertobat kepada Allah. Akan lebih baik, jika kita meminta ampunan kepada Allah itu setiap hari.

Dengan demikian, bisa kita simpulkan hari Senin membuat amal kita itu diangkat, Pintu Surga menjadi terbuka dan Allah mengampuni dosa-dosa kita.

Barang siapa yang ingin mendapatkan ampunan dari Allah, maka manfaatkan hari Senin dengan sebaik dan semaksimal mungkin.

Nah, Semoga dengan adanya penjelasan mengenai keistimewaan hari Senin tersebut membuat kita untuk terus semangat menjalani dan menyambut hari Senin, dan membuat kita lebih semangat dalam berbuat baik dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -