Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton, Apa Saja?

Kelebihan dan kekurangan atap dak beton dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan bagaimana konsep hunian Anda kedepannya. Sebuah rumah tentunya mempunyai bagian-bagian penting, salah satunya atap.

Pemasangan atap sendiri bisa menggunakan beberapa material seperti tanah liat atau kayu. Namun yang cukup menjadi perhatian akhir-akhir ini adalah atap dak beton.

Pengaplikasian dak beton sebagai atap ini semakin marak lantaran banyak mendatangkan manfaat. Namun, bukan berarti bebas dari kekurangan.

Baca Juga: Cara Pemasangan Lantai Vinyl yang Tepat untuk Hasil Maksimal

Untuk Anda yang tertarik dengan atap dak beton, ada baiknya apabila Anda tahu terlebih dahulu apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan pemasangan atap dak beton ini.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton yang Perlu Anda Tahu

Seperti yang kita tahu, beton merupakan material bangunan serbaguna yang terbuat dari kombinasi pasir, semen dan split. Selain menjadi bahan dasar untuk struktur bangunan, saat ini beton akrab dalam pembuatan atap yang serbaguna pula.

Atap dak beton ini kerap terpasang pada rumah-rumah yang mempunyai desain minimalis. Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk atap perusahaan atau rumah biasa, tentunya tidak masalah. Anda bisa pelajari dahulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan atap dak beton di bawah ini.

Kelebihan Atap Dak Beton

Seperti dasarnya material beton, menggunakan atap dak beton juga akan menjadikan atap rumah Anda multifungsi. Karena memiliki permukaan yang datar, Anda bisa memanfaatkannya untuk banyak hal, seperti membuat taman di atap, tempat duduk, atau jemuran.

Kelebihan dan kekurangan atap dak beton selanjutnya adalah atap dak beton tidak mudah rusak serta tahan lama. Bahkan dak beton mampu bertahan dari terpaan angin dan cuaca, mengingat material yang menyusun dak beton itu sendiri.

Menggunakan atap dak beton, akan mempermudah Anda yang berencana untuk menambah jumlah lantai. Anda tidak perlu membongkar atap, akan tetapi cukup dengan menambahinya dengan pondasi untuk lantai atasnya.

Baca Juga: Desain Dapur dan Ruang Makan Lesehan Minimalis Inspirasi Ala Jepang

Dari segi perawatan, atap dak beton juga terlebih lebih mudah. Sebab permukaannya yang datar, Anda bisa mengandalkan alat kebersihan yang ada di rumah Anda, seperti menyiramnya dengan air atau menyapunya saja.

Dak beton untuk atap juga terkenal mampu menghalangi panas matahari, hal ini tentunya menjadi salah satu poin kelebihan dan kekurangan atap dak beton yang tidak boleh Anda lewatkan.

Hunian adalah tempat berlindung dari segala cuaca dan menemukan kenyaman di dalamnya. Dengan ketebalan yang bisa Anda sesuaikan, atap dak beton terpercaya untuk meredam panas matahari. Hasilnya, rumah Anda tetap bersuhu sejuk.

Masih menjadi kelebihan atap dak beton, yakni merupakan material yang anti api. Ini artinya bisa menjadi tameng Anda jika tiba-tiba terjadi kebakaran, atap dak beton akan sulit roboh.

Hal paling menarik dari atap dak beton adalah mempunyai proses finishing yang tidak rumit dan hasilnya akan tampak sebagai hunian bernuansa modern.

Kekurangan Atap Dak Beton

Kelebihan dan kekurangan atap dak beton adalah hal-hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Kekurangan dari atap dak beton bisa Anda lihat dari segi biaya. Membangun rumah beratap dak beton tentu akan lebih mahal ketimbang menggunakan atap kayu atau tanah liat.

Baca Juga: Pagar Hebel Unik Minimalis: Berikan Sentuhan Damai Hunian Anda

Bagi Anda yang tidak mempunyai budget lebih, hal ini tentunya akan menjadi masalah. Belum lagi, Anda harus menguras tenaga dua kali, yakni membereskan limbah-limbah dari pemasangan atap dak beton berupa cetakan bekisting.

Pembuatan atap dak beton ini terbilang lebih rumit pula. Jika prosesnya tidak berjalan sempurna, maka akan berisiko terjadinya kebocoran.

Karena memiliki permukaan yang datar, atap dak beton juga berpotensi untuk menampung sampah lebih banyak. Anda harus mempunyai waktu tempat yang banyak untuk mengurus atap dak beton ini.

Jika terlalu lama Anda biarkan, atap dak beton akan mudah terserang lumut. Di sisi lain memang dak beton ini mempunyai kelembaban yang cenderung tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton Jadi Pertimbangan

Dengan penjelasan di atas, tentunya Anda semakin tahu tentang karakteristik mendasar dari atap dak beton. Ketimbang material atap yang lain, dak beton memang masih yang terbaik.

Namun, dari segi biaya, ini juga menjadi pertimbangan terbesar Anda. Jadi, sebaiknya Anda tetap memikirkannya matang-matang sebelum memulai konstruksi. Dengan seperti itu, Anda tidak menyesal dan mendapatkan hasil hunian yang Anda dan keluarga impikan.

Untuk pembahasan kelebihan dan kekurangan atap dak beton cukup sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -