Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan Lantai Parket yang Perlu Anda Tahu

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket yang Perlu Anda Tahu

Kelebihan dan kekurangan lantai parket perlu Anda tahu agar tidak salah pilih. Saat ini keberadaan lantai kayu sudah marak digunakan. Bahkan kepopulerannya hingga ke penjuru dunia.

Selain desainnya yang unik dan menarik, lantai jenis yang satu ini mampu membuat rumah terasa lebih nyaman. Material kayu pun memiliki kesan hangat dan elegan untuk interior rumah Anda.

Penggunaan lantai parket mampu menawarkan banyak sekali motif yang menarik. Selain itu ada banyak keunggulan dari jenis lantai yang satu ini.

Baca Juga: Cara Membuat Kamar Agar Sejuk Secara Alami Tanpa Menggunakan AC

Anda bisa menggunakan beragam furniture untuk memaksimalkan ruangan. Agar bisa lebih mengenal lantai kayu ini sebaiknya cari tahu seperti apa kelebihan dan kekurangan jenis lantai ini.

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket

Lantai parket itu sendiri adalah material terbuat dari kayu. Dimana memiliki permukaan bertekstur kayu dengan kesan mewah dan nyaman.

Jenis lantai yang satu ini terbuat melalui berbagai proses pengepresan hingga membentuk potongan seperti papan kayu. Jenis lantai parket terbuat dari kayu solid dengan harga tinggi.

Baca Juga: Dekorasi Kamar Tanpa Jendela Agar Tampak Luas dan Tidak Pengap

Sehingga membuat kesan rumah lebih elegan dan mewah. Agar dapat lebih mengenal jenis lantai ini ada ulasan mengenai kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan Lantai Parket

Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal jika jenis lantai yang satu ini hadir dengan berbagai kelebihan. Bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakannya berikut ini ada beberapa deretan kelebihan lantai parket yaitu:

Dinamis

Satu hal yang perlu Anda tahu kelebihan dan kekurangan lantai parket cukup beragam. Untuk kelebihan lantai yang satu ini yaitu dinamis. Lantai parket bersifat dinamis sehingga cocok untuk Anda terapkan pada interior rumah Anda.

Bahkan cocok juga untuk rumah berkonsep modern maupun tradisional. Sifat kayu yang elastis seketika menjalar keseti sudut interior. Sehingga mampu menciptakan panorama ruangan lebih mewah, cantik dan indah.

Menyerap Panas dengan Baik

Setiap rumah memiliki konsep masing-masing yang bisa disesuaikan dengan selera pemiliknya. Begitu juga bagi Anda yang menginginkan lantai parket.

Sebaiknya cari tahu kelebihan dan kekurangan lantai parket. Lantai parket yang terbuat dari  material kayu mampu menyerap panas dengan baik. Sehingga ruangan akan terasa lebih hangat.

Kesan Alami

Ada banyak jenis lantai yang bisa Anda pilih misalnya lantai kayu. Kesan alami menjadi kelebihan lantai yang satu ini. Sehingga akan membuat Anda lebih yakin untuk menggunakannya.

Kesan natural akan muncul ketika Anda menggunakan jenis lantai parket. Lantai kayu yang satu ini tampak mengkilap dan terlihat mewah. Sehingga membuat interior benar-benar terlihat lebih elegan dan sangat alami.

Kekurangan Lantai Parket

Setelah Anda tahu beberapa kelebihan lantai parket Anda juga perlu tahu kekurangannya. Berikut ini ada beberapa kekurangan dari jenis lantai parket untuk rumah. Dengan mengetahui kekurangannya Anda bisa mempertimbangkan penggunaan jenis lantai yang satu ini.

Warna Mudah Pudar

Sebenarnya mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan lantai parket adalah langkah yang tepat. Sehingga Anda bisa menentukan pilihan lantai yang terbaik. Selain hadir dengan berbagai kelebihan ada juga kekurangannya yaitu warnanya mudah pudar.

Warna lantai yang mencolok akan mudah memudar jika sering terkena sinar matahari. Bahkan seiring penggunaannya dalam jangka waktu lama juga membuat warna memudar sedikit demi sedikit.

Mudah Terserang Rayap

Seperti material kayu pada umumnya, rayap menjadi musuh besar. Hal ini menjadi kekurangan lantai parket. Solusinya berikan perlakuan khusus agar tidak terkena serangan rayap.

Misalnya memberikan obat-obatan anti serangga. Selain itu, selalu cek kondisi lantai agar tidak terkena serangan rayap dengan cepat. Itulah pentingnya Anda tahu kelebihan dan kekurangan lantai parket.

Mudah Tergores

Ketika lantai terkena benda tajam maka akan mudah sekali tergores. Sebaiknya pasang lantai parket pada ruangan yang tidak sering digunakan untuk anak-anak bermain.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati ketika memindahkan barang agar tidak menggores lantai.Untuk lebih amannya gunakan bantalan pada kaki furniture yang dipindahkan.

Memilih menggunakan lantai kayu untuk rumah memang cukup menarik. Namun sebaiknya Anda juga tahu kelebihan dan kekurangan lantai parket. Sehingga bisa memberikan perawatan hingga pengaplikasian yang tepat untuk rumah Anda. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -