Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBerita TerbaruKelemahan Mobil Bekas Banjir yang Penting Diketahui

Kelemahan Mobil Bekas Banjir yang Penting Diketahui

Kelemahan mobil bekas banjir memang tidak 100 persen banyak orang ketahui. Mengingat bahwa mobil tidak untuk menerjang banjir, maka jika dipaksakan akan berdampak buruk bagi kendaraan tersebut.

Baca juga: Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir, Jangan Asal Beli!

Beberapa komponen akan mengalami kerusakan dan menimbulkan efek yang cukup beragam. Hal ini mempengaruhi performa kendaraan dalam jangka panjang.

Ketahui Kelemahan Mobil Bekas Banjir Saat Digunakan

Biasanya mobil bekas banjir dijual dengan harga murah. Hal tersebut karena adanya kekurangan dan kelemahan pada mobil tersebut. Maka, Anda perlu mengetahui kelemahan ini agar tidak salah membeli.

Kerusakan Sistem Elektronik

Mobil bekas banjir memiliki bagian sistem elektronik yang terdampak. Air yang menggenang dalam jumlah berlebihan mampu merusak sistem kelistrikan. Sehingga, sistem tersebut terindikasi tidak berfungsi karena terjadinya arus pendek bahkan memicu ledakan.

Bernoda dan Karatan

Kelemahan mobil bekas banjir terkadang memang terdapat noda dan karat. Secara sekilas memang terlihat biasa saja. Namun Anda perlu memperhatikan secara detail kekurangannya. Sebaiknya Anda memeriksa pada bagian kabin maupun bawah lorong dan mesin.

Pada umumnya, karat ini akan muncul pada daerah tersebut jika terendam air cukup lama. Oleh karena itu, harus segera ditangani hingga bersih. Noda bercak lumpur dan air juga akan terlihat dari sisi luar maupun dalam. Hal ini akan benar-benar terlihat jika tidak mendapatkan polesan secara menyeluruh.

Masalah pada Soket dan Sensor

Kendaraan terkini biasanya menggunakan soket di bagian mesin. Anda mesti melakukan pengecekan kembali, sehingga indikasi awal komponen bermasalah tersebut bisa terbaca spidometer kendaraan.

Pengereman Tidak Berfungsi dengan Baik

Jenis rem yang menggunakan tromol apabila terendam banjir, maka akan memiliki masalah. Anda bisa melakukan pengecekan serta penggantian bagian dalamnya atau brake pad. Komponen penghenti laju ini sangat penting, kelemahan mobil bekas banjir jika berkarat maka tidak akan berfungsi secara sempurna.

Kaca Lampu Buram atau berembun

Lampu mobil memiliki fungsi yang penting untuk penggunanya. Mobil bekas banjir biasanya dapat terlihat dengan kaca lampu yang buram atau berembun. Bayangkan jika masalah ini tidak tertangani, maka perjalanan Anda akan terganggu.

Air banjir yang menyisakan embun dan terjebak di kaca lampu. Embun ini bersifat permanen dan akan sulit hilang. Hal ini berakibat pantulan cahaya lampu menjadi tidak jelas dan buram.

Noda Putih Pada Badan Mobil

Biasanya mobil bekas banjir memiliki noda putih yang terdapat di badan mobil. Noda tersebut merupakan kerak yang timbul dari bekas lumpur dan air.

Baca juga: Cara Cek Mobil Bekas Sebelum Anda Memutuskan untuk Membelinya

Noda tersebut sulit hilang. Namun dengan pemolesan badan mobil secara menyeluruh bisa menghilangkan noda secara tuntas. Kelemahan mobil bekas banjir akan menyisakan bekas noda pada karet pintu sela-sela mesin maupun jendela.

Bau Tidak Sedap

Mobil bekas banjir memiliki kelemahan berupa bau yang cukup menyengat dan tidak sedap. Bagian dalam mobil yang sudah terendam lama membuat bau yang tidak enak.

Bahkan bau ini tidak akan hilang meski sudah melakukan pencucian secara berkala. Sehingga bau ini cukup mengganggu. Apalagi penggunaan mobil dalam intensitas sering atau setiap hari.

ECU Mengalami Konsleting

Biasanya perangkat ini cukup vital terutama mobil yang sudah bersistem injeksi. penempatan adalah di balik dashboard yang posisinya cukup rendah. Sehingga, berpotensi terendam.

Kelemahan mobil bekas banjir pada ECU mobil yang terendam dan mobil langsung dinyalakan maka akan terjadi konsleting. Apabila sudah seperti itu, maka penggantiannya cukup menguras kantong Anda.

Masalah pada Busi, Koil dan Kabel Busi

Biasanya dari busi, kabel busi dan koil pada mobil bekas banjir mengalami gejala pincang pada kendaraan. Hal ini karena sebelumnya telah terendam dan basah. Oleh karena itu, perlu mendapatkan penanganan secepatnya.

Terdapat Endapan Lumpur yang Mengering

Pada dasarnya membersihkan endapan lumpur tidak bisa tuntas dalam sekali pembersihan. Karena biaya yang dibutuhkan cukup tinggi.

Baca juga: Waktu Ganti Filter Oli, Pahami Sebelum Mesin Terjadi Kerusakan

Sehingga orang rela jual rugi kendaraan mereka. Meskipun sudah di jual pada makelar, biasanya proses pembersihannya juga tidak begitu diperhatikan.

Sehingga endapan-endapan ini masih banyak ditemukan pada bagian-bagian mobil. bagian tersebut adalah di penutup speaker, lubang kisi-kisi AC, kabel di belakang dashboard, rel jok, dan masih banyak lagi. Kelemahan mobil bekas banjir tersebut sering dikeluhkan oleh pembeli. (R10/HR-Online)

- Advertisment -