Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita JabarKetua Dekranasda Jabar; UMKM Punya Peran Strategis Pulihkan Ekonomi

Ketua Dekranasda Jabar; UMKM Punya Peran Strategis Pulihkan Ekonomi

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, UMKM punya peran strategis dalam memulihkan ekonomi nasional. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus mulai menentukan apa yang menjadi target penjualan sesuai jenis usahanya.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, saat memotivasi para pelaku UMKM melalui pelatihan teknis substantif bidang konveksi atau menjahit.

Pelatihan yang digelar oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Prov. Jabar, diberikan kepada pelaku UMKM, dalam hal ini anggota Dekranasda Jabar. Kegiatan tersebut berlangsung di Kota Bandung, tepatnya Ibis Pasteur Hotel, Senin (11/10/2021).

Atalia menjelaskan, ada dua kategori pembeli dalam dunia pemasaran. Pertama adalah medium class atau menengah ke bawah, dan kedua high class atau menengah ke atas.

Baca Juga : UMKM Jabar yang Masuk Pasar Online Meningkat, Dorong Pertumbuhan Ekonomi

“Bermacam-macam segmen, jadi harus mengasah skill untuk pemasaran agar nanti penjualannya bisa tepat sasaran. Siapa-siapa saja target sasaran penjualannya,” ujar Atalia.

Ketua Dekranasda Jabar itu berharap kegiatan pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM Jawa Barat. Sehingga dapat mendorong pengelolaan usahanya yang nantinya akan diperjualbelikan.

Selain itu, Atalia juga ingin pelaku UMKM Jabar yang mengikuti pelatihan tersebut nantinya bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarganya masing-masing.

“Saya berharap pelatihan ini bisa benar-benar memberikan dampak yang signifikan terhadap produk UMKM Jawa Barat yang berdaya saing. Karena kita tahu bahwa UMKM punya peran strategis untuk pulihkan ekonomi nasional. Pendapatan kita 99,9 persen dari UMKM. Itu dianggap mampu bertahan dalam situasi pandemi Covid-19. SDM-nya juga ada di lingkungan kita,” pungkas Atalia, Ketua Dekranasda Jabar. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -