Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruKhasiat Terapi Berjinjit untuk Kesehatan Tubuh, Patut Dicoba!

Khasiat Terapi Berjinjit untuk Kesehatan Tubuh, Patut Dicoba!

Khasiat terapi berjinjit memang bukan hal yang baru dalam dunia kesehatan. Berjalan dengan kaki berjinjit dapat menyebabkan sejumlah masalah bagi kesehatan jika dilakukannya dalam waktu sangat lama.

Masalah yang muncul biasanya terjadi pada bagian betis maupun pinggul. Seperti wanita yang suka memakai sepatu dengan hak tinggi.

Tetapi beda halnya kalau kegiatan tersebut Anda terapkan sebagai terapi fisik atau sebagai rutinitas untuk penguatan kaki. Bahkan terapi berjinjit ini tidak membutuhkan peralatan apapun, jadi aman, efisien, dan murah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari terapi terapi berjinjit, berikut cara melakukannya yang benar. 

Ketahui 5 Khasiat Terapi Berjinjit untuk Kesehatan

Memperkuat Bagian Pergelangan Kaki

Pada bagian kaki terdapat otot atau tendon berukuran besar, yakni tendon Achilles atau yang menghubungkan otot betis ke bagian tulang tumit. 

Baca Juga : Manfaat Terapi Bekam untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Kemudian, otot bernama fleksor hallucis longus atau yang menghubungkan pergelangan kaki bagian dalam dengan jempol kaki. Serta otot yang menghubungkan pergelangan kaki bagian dalam ke bagian jari kaki yang lain (fleksor digitorum). 

Tanpa adanya otot-otot tersebut, maka pergerakan sederhana yang Anda lakukan, seperti berjalan akan terasa sangat sulit untuk melakukannya.

Dengan rutin melakukan terapi berjinjit berarti Anda melatih tiga otot tersebut untuk bergerak bersamaan. Jadi khasiat terapi berjinjit untuk memperkuat pergelangan kaki.

Efek dari terapi tersebut, cedera pada bagian tumit akibat berdiri terlalu lama, atau berlari. Maupun akibat mengalami tekanan berlebih dari sepatu atau alas kaki yang Anda pakai akan berkurang secara drastis.

Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

Khasiat terapi berjinjit untuk kesehatan salah satunya bisa meningkatkan keseimbangan tubuh. Penelitian tahun 2015 tentang pengaruh berjinjit bagi keseimbangan tubuh penari dan bukan penari.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan 25 orang penari dan 25 orang non-penari itu terungkap bahwa, keseimbangan tubuh penari lebih tinggi daripada mereka yang bukan penari. Karena penari lebih seringnya menggunakan otot bernama fleksor hallucis longus.

Baca Juga : Manfaat Terapi Yoga untuk Kesehatan Mental saat Pandemi Covid-19

Mengatasi Penyakit Plantar Fasciitis

Penyakit plantar fasciitis merupakan nyeri yang terasa pada tumit atau kaki bagian tengah. Penyebab munculnya penyakit tersebut adalah ligamen tebal yaitu yang menghubungkan bagian tumit dengan kaki bagian depan (plantar fascia).

Untuk mengatasinya ada banyak pilihan. Bisa dengan obat-obatan, bisa juga dengan sepatu ortopedi, atau mengompresnya dengan es.

Namun, Anda juga bisa mengatasinya dengan cara terapi berjinjit, karena khasiat terapi berjinjit untuk kesehatan ini salah satunya mengatasi penyakit plantar fasciitis.

Menopang Kondisi Telapak Kaki Datar

Saat seseorang berdiri biasanya terdapat celah pada bagian telapak kaki. Karena telapak kaki manusia memiliki lengkungan sangat rendah. Bahkan ada juga yang tidak punya lengkungan. Oleh sebab itu terlihat rata dengan lantai atau tanah.

Baca Juga : Manfaat Memiliki Akuarium di Rumah untuk Kesehatan Mental

Khasiat terapi berjinjit untuk kesehatan salah satunya dapat memperkuat lengkungan pada bagian telapak kaki. Dengan begitu kaki pun akan mampu menopang tubuh secara baik.

Dampaknya pergelangan kaki, pinggul maupun punggung yang sebelumnya terasa sakit bisa semakin berkurang.

Memperlancar Sirkulasi Darah pada Jemari Kaki

Khasiat terapi berjinjit untuk kesehatan yang berikutnya yaitu bisa memperlancar sirkulasi darah pada kaki akibat otot-otot kecil yang terdapat dalam jari-jari kaki menegang. 

Dengan rutin melakukan terapi berjinjit membuat otot-otot tersebut menjadi renggang, sirkulasi darah juga akan meningkat, serta kaki terasa semakin nyaman dan rileks.

Cara Melakukan Terapi Berjinjit yang Benar

Terapi berjinjit dapat Anda lakukan setiap hari, minimalnya 1 sampai 2 kali sehari. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya ketika sedang duduk, bekerja, mengantri, serta kegiatan lainnya.

Jika Anda akan berdiri sambil kaki berjinjit, sebaiknya cari tempat yang aman. Kemudian, cobalah pertahankan postur tubuh tetap tegak selama melakukan terapi berjinjit.

Tetapi jika Anda ingin melakukan terapi ini sambil duduk, coba ikuti beberapa langkah berikut ini;

Pertama, mulai duduk dengan posisi kaki rata menginjak lantai, serta postur tubuh yang tegak. Kemudian, letakkan tangan di sisi kursi atau di pangkuan.

Selanjutnya, angkat jemari kaki bagian kanan dan jaga supaya kaki bagian kiri tetap nempel di lantai. Tahan posisi ini selama 3-5 detik, lalu turunkan jemari kaki.

Anda bisa mengulanginya 10 hingga 15 kali untuk setiap kaki bagian kiri dan kanan dengan total sampai 3 set.

Demikianlah 5 khasiat terapi berjinjit untuk kesehatan yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Baik saat sedang di rumah atau di tempat kerja. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -