Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruKirim File Lewat Google Drive Android Praktis, Ikuti Langkah-Langkahnya!

Kirim File Lewat Google Drive Android Praktis, Ikuti Langkah-Langkahnya!

Kirim file lewat Google Drive Android dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Dengan menggunakan layanan Google Drive, maka Anda dapat mengirimkan berbagai jenis file dalam kapasitas yang besar.

Selain itu, cara ini juga dapat menjadi alternatif untuk backup data. Seperti yang kita ketahui, Google Drive adalah salah satu media penyimpanan yang populer di kalangan masyarakat.

Dengan layanan ini, Anda dapat menyimpan berbagai jenis data, mulai dari dokumen, foto, video, dan yang lainnya. Data yang telah tersimpan pada layanan ini dapat Anda kirimkan ke orang lain dengan berbagai ukuran.

Baca Juga: Backup Data WhatsApp Ke Google Drive, Pulihkan Chat Lebih Mudah!

Pahami Cara Kirim File Lewat Google Drive Android

Google Drive resmi meluncur sejak 2012 serta menjadi salah satu andalan dalam hal penyimpanan data. Dalam aplikasi ini menyediakan cloud yang dapat masyarakat akses dengan mudah.

Para pengguna akun Google pun memiliki hak untuk memperoleh kapasitas gratis 15 GB yang dapat pengguna gunakan dalam mengakses Google Drive, Gmail, serta Google Photos.

Dengan kapasitas sebesar itu, maka para pengguna dapat dengan leluasa menyimpan berbagai jenis file di dalamnya.

Meskipun telah hadir sejak lama, akan tetapi terdapat beberapa kalangan yang belum paham bagaimana cara kirim file lewat Google Drive, terutama pada perangkat Android.

Ketentuan Kirim File Lewat Google Android

Sebelum melakukan pengiriman file melalui aplikasi Google Drive, terdapat beberapa ketentuan yang harus Anda penuhi. Ketentuan tersebut antara lain Anda harus menyiapkan akun email Gmail yang aktif.

Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengakses Google Drive. Setelah memiliki akun Gmail, maka Anda juga harus mendownload aplikasi Google Drive pada perangkat Android .

Biasanya, pada HP Android telah tersedia aplikasi Google Drive secara bawaan. Namun jika belum, maka Anda bisa langsung download dari Google Play.

Berikutnya, pastikan internet Anda sudah aktif. Jika ketentuan telah Anda penuhi semua, maka Anda dapat melakukan setting agar lancar kirim file lewat Google Drive.

Baca Juga: Scan Dokumen dengan Google Drive Manfaatkan Kamera HP, Ini Caranya

Langkah Kirim File Lewat Google Drive di HP Android

Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Pertama, pastikan Anda telah install aplikasi Google Drive di HP Android yang Anda gunakan
  2. Kemudian buka dan jalankan aplikasi
  3. Pada halaman pertama, Anda akan langsung dihadapkan dengan tab My Drive
  4. Selanjutnya pilih tombol Add atau ikon tambah warna-warni pada bagian kanan bawah aplikasi.
  5. Langkah kirim file lewat Google Drive selanjutnya adalah dengan tekan tombol Upload untuk diarahkan pada halaman penambahan file
  6. Berikutnya, Anda dapat memiliki banyak foto atau file lain untuk dimasukkan ke Google Drive.
  7. Kemudian pilih file yang akan Anda kirim, unggah, dan tunggu hingga proses selesai. Anda akan melihat file yang telah Anda unggah di tab My Drive
  8. Tekan tombol dengan lambang tiga titik vertikal di dekat file yang akan Anda kirim.
  9. Tekanlah tombol share yang lambangnya orang +
  10. Masukkan sejumlah alamat email yang hendak Anda kirim file.
  11. Apabila sudah, maka Anda dapat sisipkan sedikit pesan serta tekan tombol Send lambang panah ke arah kanannya.
  12. File dari Google Drive selanjutnya akan langsung terkirim ke alamat email yang Anda tuju.

Baca Juga: Translate Menggunakan Google Drive Mudah, Simak Ulasan Lengkapnya

Langkah Kirim File Lewat Google Drive Android dalam Jumlah Banyak

Selain dapat mengirim file dalam kapasitas besar, Anda pun juga bisa kirim file dalam jumlah yang banyak melalui Google Drive. Jika Anda ingin kirim file dalam jumlah yang banyak lewat Google Drive Android, maka gabungkan terlebih dahulu ke dalam satu folder.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara ekstrak terlebih dahulu folder yang akan Anda kirim melalui aplikasi Google Drive. Dalam penggunaan perangkat Android, maka Anda dapat menggunakan aplikasi archive.

Cara mengunggah atau upload file ke Google Drive pada perangkat laptop dan smartphone sebenarnya hampir sama. Hal yang membedakan adalah Anda harus mengakses browser terlebih dahulu untuk dapat mengunggah file dari laptop.

Sedangkan pada perangkat smartphone, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi. Jika file telah berhasil Anda unggah, maka Anda dapat membagikan atau kirim file lewat Google Drive Android kepada orang lain sesuai langkah-langkah di atas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -