Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruKlasifikasi Makhluk Hidup Berdasarkan 5 Kingdom, Apa Saja?

Klasifikasi Makhluk Hidup Berdasarkan 5 Kingdom, Apa Saja?

Klasifikasi makhluk hidup merupakan salah satu upaya agar kita bisa lebih mudah mengenali. Ada banyak jenis penggolongan makhluk hidup di ekosistem dunia ini.

Namun, yang kerap masuk di telinga kita hanya kingdom tumbuhan dan hewan saja. Padahal, masih ada jutaan makhluk hidup yang menghuni, baik di daratan atau lautan.

Klasifikasi sendiri merupakan pengelompokan yang mengacu pada ciri khasnya masing-masing. Dalam hal ini, biasanya kebanyakan menyebutkan dengan istilah kingdom.

Baca Juga: Ciri Makhluk Hidup Materi Biologi Dasar, Berikut Ulasannya

Pengertian dan Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Seperti yang kita tahu, klasifikasi merupakan suatu sistem pengelompokan. Sedangkan untuk klasifikasi atau pengelompokan makhluk hidup ini merupakan suatu upaya memilah atau mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri khasnya menjadi beberapa unit atau golongan tertentu.

Dengan adanya klasifikasi tersebut, sangat bermanfaat untuk kita. Pasalnya, untuk membedakan setiap jenis makhluk hidup, mereka sudah memberikan perbedaan dengan ciri khas, cara mereka tumbuh dan berkembang, cara hidup, cara makan, atau yang lainnya.

Kingdom Monera

Klasifikasi makhluk hidup pertama adalah kingdom Monera. Monera merupakan organisme prokariotik yang inti selnya belum mempunyai membran inti.

Adapun ciri-ciri dari kingdom ini adalah prokariotik (tidak mempunyai selaput inti), organisme autotrof (bisa membuat makanan sendiri), dan berpindah tempat. Ada dua jenis pembagian kingdom Monera, yaitu bakteri dan alga biru.

Bakteri tidak mempunyai membran inti sel, ukurannya sangat kecil, dan termasuk salah satu domain prokariota. Perkembangbiakannya menggunakan cara membelah diri. Ada beberapa dari mereka yang melakukan fotosintesis lantaran mempunyai klorofil, yakni bakteri hijau.

Contoh bakteri yang hidup dan berpengaruh untuk manusia adalah Escherichia coli yang tinggal di usus besar dan membantu dalam pembusukan sisa makanan manusia.

Sedangkan alga biru merupakan Monera dari divisio Cyanophyta. Ia bersel tunggal dengan struktur tubuh yang sederhana memanjang, termasuk organisme prokariotik. Ia membelah diri untuk berkembang biak dan berfotosintesis lantaran memiliki klorofil.

Baca Juga: Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup Beserta Molekul yang Mendasari

Kingdom Protista

Klasifikasi makhluk hidup kedua ada kingdom Protista. Protista merupakan generasi dengan sel satu atau banyak sel yang telah mempunyai inti sel (eukariot).

Organisme ini tidak tergolong hewan ataupun tumbuhan. Hanya saja, ia mempunyai sifat layaknya hewan dan tumbuhan ataupun jamur. Sehingga bisa dikatakan, organisme yang bukan hewan, tumbuhan, atau jamur merupakan bagian dari Protista.

Protista yang mirip hewan adalah protozoa. Lalu mirip dengan tumbuhan adalah ganggang (algae). Sedangkan yang mirip dengan jamur adalah jamur air dan jamur lendir.

Protista menyerupai tanaman ini memiliki klorofil dan dengan bantuan matahari bisa melakukan fotosintesis. Sedangkan yang mirip hewan, kingdom Protista ini bersifat heterotrof dan memakan mangsanya dengan menelan melalui membran sel. 

Untuk Protista mirip jamur, mereka akan melakukan proses pencernaan di luar sel, kemudian berlangsunglah penyerapan sari-sari makanan oleh tubuh dari hasil pencernaan tersebut. 

Kingdom Fungi 

Fungi atau jamur termasuk salah satu dari klasifikasi makhluk hidup. Jamur memperoleh makanan dengan cara menguraikan makhluk hidup yang sudah mati.

Ia adalah organisme yang tidak berklorofil, tak berspora, dan tanpa batang, daun, ataupun akar. Hidupnya tinggal di tempat lembab, tak terkecuali pada makhluk hidup yang sudah membusuk.

Jamur terbagi menjadi dua jenis. Pertama, jamur ganggang yang terdapat di benang-benang halus tempe. Ketika tempe membusuk, maka permukaannya juga ikut membusuk.

Kedua yaitu jamur benar yang memiliki hifa bersekat. Adapun contoh jamur yang termasuk makhluk hidup adalah jamur tiram, jamur roti, jamur kayu, dan lainnya. 

Kingdom Plantae

Tumbuhan atau Plantae adalah makhluk hidup yang paling sering kita jumpai. Klasifikasi makhluk hidup yang satu ini merupakan organisme bersel banyak dan berperan sebagai produsen.

Tumbuhan bisa melakukan fotosintesis lantaran adanya klorofil dalam kloroplas. Ada dua kelompok besar dalam kingdom Plantae yaitu kelompok tumbuhan berpembuluh dan tumbuhan tidak berpembuluh.

Tumbuhan tidak berpembuluh sebagian adalah tumbuhan lumut. Biasanya hidup di daratan dengan ukuran yang mini berwarna hijau.

Sedangkan tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji. Tumbuhan paku merupakan organisme yang mempunyai akar, daun, dan batang. Namun, ia tidak memiliki bunga. 

Sementara tumbuhan berbiji adalah organisme yang menggunakan biji sebagai alat reproduksi. Tumbuhan berbiji terbagi menjadi dua bagian yaitu, tumbuhan biji tertutup dan tumbuhan terbuka.

Kingdom Animalia

Hewan juga organisme yang banyak berada di sekitar kita. Mempunyai ciri khas, yaitu perannya sebagai heterotrof. 

Hewan harus memangsa makhluk hidup lain untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Kingdom Animalia terpisah ke dalam dua kelas besar, yaitu hewan tidak bertulang belakang dan hewan bertulang belakang.

Ada 5 kelompok organisme yang hidup sebagai hewan tidak bertulang belakang, yaitu hewan berpori, hewan berongga, hewan bertubuh lunak, cacing, dan hewan berbuku-buku.

Sedangkan kelompok hewan bertulang belakang juga terbagi 5 kelompok besar, ada ikan, amfibi, reptil, unggas, dan mamalia.

Itulah klasifikasi makhluk hidup berdasarkan 5 Kingdom. Semoga bermanfaat. (R10/HR Online)

- Advertisment -