Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruKomponen Chasis Sepeda Motor Mulai dari Bagian Hingga Fungsinya

Komponen Chasis Sepeda Motor Mulai dari Bagian Hingga Fungsinya

Komponen chasis sepeda motor memiliki fungsi yang berbeda. Komponen ini tidak hanya terdiri dari satu atau dua bagian saja. Justru dengan adanya berbagai komponen chasis, kendaraan bisa berjalan secara optimal.

Secara garis besar, chasis merupakan komponen yang memiliki peran cukup penting pada sepeda motor. Bahkan salah satunya berfungsi sebagai pengaman kendaraan.

Chasis mempengaruhi kenyamanan setiap pengendara dalam mengarahkan jalan sepeda motor. Seperti yang sudah banyak diketahui jika sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang populer.

Hampir sebagian besar penduduk Indonesia menggunakannya sebagai alat transportasi. Bahkan karena persaingan yang semakin banyak, membuat produksinya juga mengalami peningkatan.

Hingga saat ini pun berbagai merek sepeda motor ternama bisa Anda temukan di pasaran. Setiap kendaraan terdiri dari beragam komponen dengan fungsi yang berbeda.

Fungsi dari semua komponen memang berkesinambungan. Hal ini bertujuan agar performa kendaraan bisa bekerja secara maksimal. Seperti halnya komponen chasis sepeda motor.

Baca Juga : Cara Inreyen Motor Baru dengan Benar Mempengaruhi Usia Komponen

Sebagai pemilik kendaraan, tidak ada salahnya jika Anda tahu apa saja jenis dan fungsinya. Sehingga ketika timbul suatu masalah, Anda bisa segera mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Mengenal Komponen Chasis Sepeda Motor dan Fungsinya

Seperti yang sudah banyak orang ketahui jika sepeda motor hadir dengan berbagai komponen. Semua komponen yang ada memiliki fungsi tidak sama. Salah satunya komponen chasis.

Komponen yang satu ini terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari pemindah tenaga, suspensi, sistem rem, dan roda. Justru komponen yang satu ini memiliki peran penting pada kendaraan.

Untuk itu, pastikan Anda tahu apa saja komponen chasis lengkap dengan fungsinya. Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang komponen chasis sepeda motor.

Sistem Suspensi

Pada bagian pertama yaitu sistem suspensi, tentu memiliki fungsi cukup penting. Fungsi dari sistem yang satu ini yaitu mencegah timbulnya getaran pada sepeda motor.

Baca Juga : Komponen Fuel Pump Motor, Mempengaruhi Kinerja Mesin Kendaraan

Sehingga ketika kendaraan melewati jalan bergelombang, pengendara tetap akan merasa nyaman. Adapun komponen yang termasuk dalam sistem suspensi antara lain sok breker dengan pegasnya.

Selain itu, ada juga komponen yang bernama stabilizer bar, strut bar, dan masih banyak lainnya. Setiap komponen memiliki fungsi masing-masing. Sistem suspensi menjadi salah satu komponen chasis sepeda motor.

Rem

Komponen chasis sepeda motor yang kedua yaitu sistem rem. Komponen ini memiliki peran yang cukup penting ketika berkendara.

Bahkan sebagai sistem keselamatan saat berada di perjalanan. Sistem rem cakram motor untuk mengurangi laju kendaraan. Bahkan mampu membuat laju kendaraan berhenti.

Baik pada kondisi jalan menanjak, turunan, maupun jalan tidak rata sekalipun. Karena fungsinya yang cukup penting, sebagai pemilik motor sebaiknya berikan pengecekan secara berkala.

Baca Juga : Tangki Motor Kemasukan Benda, Ketahui Dampak dan Solusinya

Roda dan Ban

Komponen chasis sepeda motor yang lainnya yaitu roda dan ban. Roda terdiri atas pelek, sementara ban termasuk salah satu komponen pada sepeda motor.

Pelek itu sendiri merupakan tempat dudukan ban yang terhubung langsung dengan putaran poros axle atau steering knuckle. Pelek terdiri dari beberapa jenis jika Anda lihat dari bahan pembuatannya.

Mulai dari pelek paduan logam dan alumunium alloy. Ban itu sendiri fungsinya sebagai peredam kejut yang dapat terjadi akibat kondisi jalan yang tidak rata.

Sebab ban menjadi salah satu komponen sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Bagian-bagian penggerak roda belakang dan depan antara lain:

  • sil oli
  • penyetel rantai
  • dudukan roda gigi
  • sambungan rantai
  • klip
  • collar
  • bantalan
  • poros
  • roda gigi penggerak
  • pengunci
  • plat sambungan rantai
  • rantai penggerak

Sistem Kemudi

Komponen chasis selanjutnya ini berfungsi untuk pengarah atau pengatur arah jalan sepeda motor. Sistem kemudi ini berperan penting untuk membelokkan roda bagian depan, baik ke arah kiri maupun kanan.

Cara menggunakannya yaitu dengan tenaga tangan melalui stang atau batang kemudi. Selanjutnya terus pada bagian garpu depan atau front fork.

Sebagai pemilik sepeda motor, sebaiknya tahu apa saja komponen yang membuat sepeda motor bergerak dengan optimal.

Seperti halnya komponen chasis yang memiliki fungsi cukup penting. Itulah penjelasan tentang beberapa komponen chasis sepeda motor beserta fungsinya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -