Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita BanjarKukang Jawa Hasil Evakuasi Damkar Kota Banjar Diserahkan ke BKSDA

Kukang Jawa Hasil Evakuasi Damkar Kota Banjar Diserahkan ke BKSDA

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Seekor Kukang Jawa hasil evakuasi petugas Damkar Kota Banjar, Jawa Barat, diserahkan ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Hewan yang memiliki nama latin Nycticebus Javanicus itu merupakan spesies asli yang berkembang biak di Jawa bagian Barat dan Tengah.

Populasinya yang sekarang semakin berkurang, sehingga Kukang Jawa tersebut masuk kedalam daftar hewan langka. Sehingga dilindungi oleh hukum.

Petugas berhasil mengevakuasi seekor Kukang Jawa dari rumah milik salah seorang warga Lingkungan Kertajaga, RT 10, RW 3, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Kepala UPT Damkar Kota Banjar, Aam Amijaya mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat, petugas bergerak menuju lokasi dan langsung melakukan evakuasi hewan tersebut.

“Hewan tersebut berhasil kita evakuasi pada hari Selasa 5 Oktober 2021, sekitar pukul 19.30 WIB,” terang Aam, Rabu (06/10/2021).

Ia juga menjelaskan, untuk menghindari perdagangan dan hal yang tidak diinginkan terhadap hewan tersebut. Maka pihaknya berinisiatif menyerahkan Kukang Jawa itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

“Kita serahkan ke BKSDA supaya bisa melakukan rehabilitasi dulu. Untuk kemudian dilepas liarkan ke habitat aslinya,” kata Aam.

Kukang Jawa akan Direhabilitasi BKSDA

Sementara itu, petugas Polhut Gunung Sawal BKSDA Wilayah III Kabupaten Ciamis, Endang Yusuf mengatakan, untuk wilayah Priangan Timur hewan tersebut masih bisa kita jumpai. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak.

“Untuk Jawa Barat, terutama wilayah Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar, hewan ini masih bisa kita temukan, tapi jumlahnya tidak banyak. Hari ini kita menerima satu ekor hasil evakuasi rekan-rekan petugas Damkar Kota Banjar,” terang Endang.

Selanjutnya, kukang tersebut akan pihaknya bawa ke Kantor BKSDA Wilayah III Kabupaten Ciamis untuk menjalani rehabilitasi terlebih dahulu.

Kukang Jawa ini termasuk hewan yang dilindungi. Ini akan kita bawa ke kantor untuk rehabilitasi supaya bisa beradaptasi dulu. Setelah itu nanti kita bawa ke Bogor untuk penanganan lebih lanjut tentang masalah ini,” kata Endang.

Kegiatan serah terima Kukang Jawa tersebut berlangsung di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjar. (Sandi/R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -