Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKulit Buah Manggis Untuk Obat, Begini Cara Mengolahnya

Kulit Buah Manggis Untuk Obat, Begini Cara Mengolahnya

Kulit buah manggis untuk obat tradisional sudah populer sejak lama. Saat ini banyak yang menjualnya dalam bentuk kapsul atau bubuk yang siap kita gunakan. Cara mengolahnya juga mudah dan bisa Anda lakukan sendiri.

Manggis merupakan salah satu jenis buah yang menjadi makanan dengan penggemar terbanyak. Hal ini karena memiliki daging buah yang empuk serta rasa yang manis dan segar.

Maka tak salah jika banyak orang yang mencari buah berkulit legam ini untuk mengonsumsinya.

Selain rasanya yang enak, manggis juga kaya akan beragam manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan anda. Hal ini karena kandungan nutrisinya yang selain baik untuk imunitas juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Selain daging buahnya, ternyata manggis juga merupakan jenis buah yang bisa kita ambil kulitnya sebagai bahan herbal untuk pengobatan. Bahkan manfaat kulit buah manggis untuk obat sangat besar.

Kulit manggis sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu bahan alami yang bisa membantu mengobati berbagai macam penyakit. Seperti gangguan jantung, ginjal, stroke, dan masih banyak lagi penyakit lainnya.

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Untuk Obat

Untuk mengolah kulit manggis menjadi obat tradisional ternyata bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara. Untuk anda yang ingin merasakan manfaat baik dari kulit manggis ini bisa dengan mudah untuk membuatnya sendiri.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat atau mengolah kulit buah manggis untuk obat tradisional. Ambil manfaat kulit buah manggis untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan Anda dan keluarga.

Mengolah Menjadi Jus

Anda bisa mengolah kulit manggis yang memiliki tekstur padat ini salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi jus kulit manggis. Langkah ini termasuk umum dan banyak yang melakukannya.

Cara ini terbilang mudah dan simpel untuk kita lakukan. Anda hanya perlu untuk menyiapkan kulit manggis secukupnya. Setelah itu blender sebagai alat untuk menghancurkannya.

Tahapannya adalah dengan mengerok kulit buah manggis bagian dalam serta memasukkannya ke dalam blender. Untuk jumlahnya sesuai saja dengan kebutuhan Anda.

Kemudian tambahkan dan campurkan dengan air sebanyak satu gelas penuh. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit madu atau gula merah agar nantinya rasanya bisa lebih enak.

Blender hingga halus. Jika anda kurang menyukai gula merah, anda bisa menggantinya dengan menggunakan madu. Minumlah jus kulit manggis ini secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

Dengan Merebus dan Mengeringkannya

Cara mengolah kulit buah manggis untuk obat selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan merebus dan mengeringkannya. Gunakan alat seadanya untuk mengolahnya.

Pertama-tama, iris tipis kulit manggis ini dan jemur agar langsung terkena terik sinar matahari. Ini penting agar nantinya herbal ini bisa bertahan lama dan terhindar dari jamur.

Setelah kering, untuk membuatnya menjadi obat, anda bisa merebus kulit manggis yang telah kering ini sebanyak satu genggam. Untuk takaran bisa kita sesuaikan dengan para ahli herbal.

Rebus hingga mendidih dan layu. Setelah itu Anda bisa mengambil hasil rebusan kulit manggis yang layu ini untuk Anda jadikan sebagai jus. Anda juga bisa membuatnya sebagai campuran dengan herbal lainnya.

Seperti mengkonsumsi jus, anda pun bisa mengkonsumsi rebusan kulit manggis ini secara teratur. Utamanya untuk mengobati penyakit dan menjaga daya tahan tubuh anda.

Dengan Menumbuk

Selain dengan merebus, anda bisa menggunakan kulit manggis ini dengan cara menumbuk. Tak sedikit masyarakat yang menumbuknya agar bisa membungkusnya untuk berjualan herbal.

Cara mengolah kulit buah manggis untuk obat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengeringkannya terlebih dahulu, sama seperti cara yang ada sebelumnya.

Setelah kering, ambil secukupnya, dan tumbuk hingga menjadi serbuk halus. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Tumbukan kulit manggis ini bisa anda gunakan dengan cara menyeduhnya. Setelah itu campurkan dengan madu agar rasanya menjadi lebih enak dan tidak begitu pahit.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam kulit buah manggis untuk obat dan sebagai salah satu pilihan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. (R11/HR-Online)

- Advertisment -