Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruKursor Laptop Bergerak Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kursor Laptop Bergerak Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan cara mengatasi kursor laptop bergerak sendiri bagi Anda yang sedang kesal karena masalah tersebut. Apalagi saat pekerjaan menumpuk dan diburu deadline.

Jangan buru-buru membawa laptop ke service center, cari tahu dulu penyebab dari masalah yang sedang Anda hadapi.

Baca Juga: Cara Hapus Kontak Telegram di Android Bersamaan, Mudah Tanpa Ribet!

Jika Anda bisa mengatasinya sendiri, maka pengeluaran untuk membayar biaya perbaikan di Service Center bisa Anda hemat. Karena itu, jangan menyerah dulu, yuk cari tahu melalui artikel ini.

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Kursor Laptop Bergerak Sendiri

Jika sudah tahu penyebabnya, maka Anda bisa dengan mudah mengatasinya. Berikut ini penyebab yang membuat kursor laptop bermasalah:

Ada Masalah dengan Charge

Posisi mouse sedang diam, Anda sama sekali tidak memegangnya. Begitu juga jika Anda tidak memakai mouse dan memilih memanfaatkan touchpad. Namun kursor masih bergerak sendiri.

Anda berusaha memegang mouse atau mengendalikannya lewat touchpad. Sayangnya tak berhasil, kursor masih bergerak sendiri.

Jangan panik dulu, coba cek daya baterai dan charge yang Anda gunakan. Jika daya baterai lemah lalu Anda mengisi baterai dengan charge yang bukan bawaannya, kursor laptop bisa bergerak sendiri.

Untuk itu cara mengatasinya, Anda perlu melihat apakah charge yang Anda gunakan benar-benar sesuai bawaannya.

Perhatikan juga daya baterai-nya. Jika daya baterai terlampau tinggi namun charge-nya lemah, maka bisa jadi masalah pada kelistrikan laptop.

Baca Juga: Ubah Foto ke Teks di iPhone Mudah Dilakukan, Simak Tipsnya!

Charge bisa gampang panas dan berdampak pada kursor laptop yang tiba-tiba bergerak sendiri. Pekerjaan Anda terganggu, untuk menghindarinya ganti segera charge yang sesuai daya baterai atau sesuai dengan charge bawaannya.

Begitu juga jika Anda menggunakan charge bawaan laptop, namun timbul masalah pada kursor saat Anda bekerja, kemungkinan charge sudah rusak. Segera ganti charge laptop Anda, jangan lupa perhatikan tegangan listriknya agar sesuai dengan baterai.

Masalah Pada Mouse atau Touchpad

Penyebab kursor laptop bergerak sendiri bisa karena masalah pada mouse atau touchpad. Jika Anda menggunakan touchpad untuk mengarahkan kursor, cobalah non aktifkan touchpad. Apalagi jika touchpad memang sudah rusak, maka sebaiknya Anda non aktifkan saja.

Bagaimana cara menonaktifkan touchpad? Jika Anda pengguna laptop Asus, tekan Fn + F3/F7. Jika Anda pengguna Mac, maka tekan tombol Fn + F2.

Selanjutnya bagi pemakai laptop Acer dan Dell, touchpad bisa Anda non aktifkan dengan menekan tombol Fn + F7.

Sementara bagi pengguna laptop Lenovo, Anda cukup menekan tombol Fn + F6. Untuk pengguna Toshiba, cara menonaktifkan touchpad tekan Fn + F9.

Setelah touchpad nonaktif, Anda bisa menggunakan mouse. Namun, bagaimana jika mouse yang bermasalah? Bagi pengguna mouse dengan kabel, pastikan kabel tidak terlipat dan kusut.

Sementara bagi pengguna mouse wireless, coba ganti port USB. Biasanya itu juga berpengaruh terhadap kursor laptop sehingga bergerak sendiri.

Baca Juga: Laptop Acer Aspire Vero Terbuat dari Bahan Dasar Plastik Daur Ulang

Jika cara-cara tersebut sudah Anda coba, ini saatnya Anda mencoba mouse lain. Jika dengan mouse lain, tidak ada masalah pada kursor, ini berarti mouse lama Anda sudah rusak, Anda pun perlu segera menggantinya.

Error pada Sistem Komputer

Penyebab lain kursor laptop bergerak sendiri bisa karena sistem komputer sedang error. Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah restart laptop Anda terlebih dahulu.

Apabila masalah kursor ini muncul setelah Anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama, maka ada baiknya Anda mematikan dulu laptop. Lalu istirahatkan 15 menit, setelah itu nyalakan kembali.

Hal ini bisa Anda coba untuk memuluskan kembali kursor. Anda pun bisa melanjutkan pekerjaan yang tertunda karena kursor laptop bermasalah.

Servis Laptop

Anda sudah tahu penyebab kursor laptop bergerak sendiri, Anda pun sudah melakukan apa yang disarankan untuk mengatasinya. Sayangnya kursor masih tetap bermasalah.

Ini saatnya membawa laptop ke Service Center. Karena ada kemungkinan perangkat laptop Anda bermasalah. Bisa dari port USB yang menghubungkan mouse wireless yang Anda gunakan. Bisa juga masalah berasal dari kabel penghubung touchpad yang rusak.

Cara terakhir ini bisa Anda lakukan setelah masalah kursor tidak dapat Anda atasi sendiri. Jika sudah bisa Anda atasi dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda tak perlu sampai membawa laptop ke Service Center karena masalah kursor yang bergerak sendiri. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img