Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita PangandaranLelang Udang di TPI Pangandaran Capai 2 Ton Per Malam

Lelang Udang di TPI Pangandaran Capai 2 Ton Per Malam

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Lelang udang di TPI Pangandaran, Jawa Barat, dalam satu malam rata-rata bisa mencapai 2 ton udang. Hasil melaut para nelayan akhir-akhir ini memang sedang bagus.

Menurut Rastin, salah seorang nelayan asal Cilacap, Jawa Tengah, bahwa hasil tangkapan para nelayan yang berlimpah itu, terutama udang. Hal tersebut imbas dari faktor cuaca yang saat ini sedang bagus di perairan Pantai Selatan.

“Kondisi Pantai Selatan yang bersahabat saat ini, para nelayan pun kembali melaut. Setiap harinya kurang lebih ada 40 kapal nelayan yang mencari ikan dan udang ke tengah laut,” kata Rastin kepada HR Online, Jumat (01/10/2021).

Bahkan, lanjutnya, bukan hanya kapal nelayan saja yang melaut mencari ikan dan udang, tapi jenis perahu lain pun kini mulai kembali ke tengah laut seperti biasanya.

Sebelumnya para nelayan hanya berani melaut beberapa mil saja akibat kondisi perairan pantai kurang bersahabat. Hasil tangkapan pun turun drastis.

“Tetapi saat ini hasil tangkapan para nelayan tiga kali lipat dari sebelumnya. Semua hasil melaut kita jual di Tempat Pelelangan Ikan Minasari. Baik TPI Minasari Babakan maupun TPI Minasari Pantai Timur Pangandaran.” terang Rastin.

Sementara itu, terpantau di TPI Minasari dalam setiap malamnya selalu penuhi oleh para nelayan yang menjual hasil tangkapannya.

Baca Juga : Nelayan Tak Melaut, TPI Minasari Pangandaran Sepi Lelang

TPI Minasari Pangandaran Lelang Berbagai Jenis Udang

Menurut Agus, salah seorang pegawai TPI Minasari Pangandaran, saat ini hasil melalut berlimpah, terutama udang.

“TPI Minasari per malamnya melelangkan berbagai jenis udang hingga dua ton lebih. Pengeluaran uang dari TPI yang dibayarkan kepada para nelayan totalnya mencapai seratus jutaan lebih,” katanya.

Agus menyebutkan, saat ini untuk harga hasil tangkapan laut, terutama udang masih normal. Harga udang jenis dogol kisaran Rp 50 ribu per kilogramnya, dan untuk jenis tiger B mencapai Rp 270 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk udang tiger S harganya Rp 200 ribu per kilogram, dan udang tiger jenis K harganya sekitar Rp 150 ribu per kilogram,

Kemudian, untuk harga udang jerbung tipe B Rp 165 ribu per kilogram, dan udang jerbung jenis S seharga Rp 120 per kilogramnya.

“Total lelang udang rata-rata perhari mencapai 2 ton. Memang tidak setiap hari banyak. Hal itu sesuai dari hasil tangkapan para nelayan. Namun saat ini seiring kondisi cuaca Pantai Selatan sedang bagus. Jadi lelang udang rata-rata sebanyak kurang lebih dua ton itu habis,” pungkas Agus. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -