Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisBupati Ciamis Ajak Masyarakat Cipaku Tetap Lestarikan Gotong Royong

Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Cipaku Tetap Lestarikan Gotong Royong

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya mengajak masyarakat Kecamatan Cipaku untuk tetap lestarikan gotong royong pada setiap pelaksanaan pembangunan.

Hal itu ditegaskan Herdiat saat menutup kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Desa Pusakasari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (30/9/2021).

“Gotong royong merupakan warisan budaya yang harus kita pelihara, jaga dan lestarikan,” tegasnya. 

Menurutnya, meski dalam kondisi sesulit apapun, gotong royong merupakan ciri khas masyarakat Indonesia. Bahkan, secara garis besar tertuang dalam Pancasila, yaitu sila ketiga. 

“Mengingat hal tersebut, gotong royong sudah mendarah daging. Selain itu juga merupakan budaya yang dalam kehidupan masyarakat sudah berakar kuat,” katanya. 

Lebih lanjut Herdiat menambahkan, perilaku gotong royong tidak cuma tentang menyelesaikan pekerjaan. Akan tetapi, sekaligus juga untuk mempererat rasa kekeluargaan dalam masyarakat.

“Sehingga dapat melahirkan hubungan sosial yang baik,” ucap Bupati Ciamis.

Selain itu, sambungnya, dengan adanya gotong royong, juga dapat menghemat waktu dan meringankan tenaga dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Lanjutnya, kerja bakti dan gotong royong adalah suatu wujud untuk dapat meningkatkan rasa saling peduli dan tolong menolong.

Jadi, sesulit apapun dengan adanya gotong royong baik di masyarakat atau pada pelaksanaan pembangunan desa dapat terselesaikan. 

“Oleh karena itu, gotong royong harus terus kita pertahankan dan lestarikan,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -