Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita BanjarAsah Kreativitas, Siswa MA Al Azhar Kota Banjar Dibekali Ilmu Jurnalistik

Asah Kreativitas, Siswa MA Al Azhar Kota Banjar Dibekali Ilmu Jurnalistik

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 20 siswa MA Al Azhar Kota Banjar ikuti pelatihan jurnalistik yang berlangsung di ruang laboratorium sekolah, Senin (18/10/2021). 

Pantauan HR Online, puluhan siswa tersebut tampak begitu antusias mengikuti materi jurnalistik dari salah satu wartawan Harapan Rakyat. 

Kepala Sekolah MA Al Azhar, Muhammad Basiturrizal, mengatakan, pihaknya menilai bidang tersebut sangat penting bagi siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan dan bekal bagi mereka, baik saat di sekolah maupun setelah lulus nanti. 

Sebab, di era yang serba digital saat ini, lembaga pendidikan seperti sekolahnya itu perlu adanya sentuhan-sentuhan kreatif dari anak-anak muda, salah satunya dari siswa. 

“Ini jadi bekal buat mereka nantinya yang sudah kita siapkan sejak sekarang. Apalagi, contohnya, saat PPDB kita kan sangat perlu yang namanya promosi. Nah, skill siswa jika sudah kita siapkan bisa bersama-sama mengembangkan sekolah melalui media informasi yang berbasis digital,” katanya di sela-sela kegiatan. 

Ia menambahkan, MA Al Azhar Kota Banjar selain memiliki website, juga terdapat media sosial yang menjadi pusat informasi kegiatan siswa. 

Melalui pelatihan itu, ia harap siswa semakin berkembang dalam menunjukkan kreativitasnya di bidang publikasi, baik segi kepenulisan, fotografinya maupun audio visual berupa video. 

“Zamannya sudah maju, kita harus bisa mengimbanginya. Semoga saja ini menjadi semangat para siswa untuk makin giat belajar di sini,” pungkasnya. 

baca juga: Ribuan Santri Al Azhar Citangkolo Banjar Peringati HSN, Prokes Jadi Prioritas

Kaderisasi Penulis MA Al Azhar Kota Banjar

Sementara itu, Ahmad Muhafid, pemateri dalam pelatihan itu mengatakan, generasi penulis harus sudah ada persiapan sejak dini.

Sebab, potensi yang terpendam dari para siswa harus bangkit agar kelak mereka bisa mendapatkan arah yang jelas setelah lulus. 

“Minimalnya ini menjadi alternatif bidang apa yang mau ditekuni siswa itu, baik saat ini maupun ketika sudah keluar sekolah nanti,” katanya. 

Baginya, kaderisasi di bidang jurnalistik harus perlu dikembangkan di berbagai lembaga pendidikan agar informasi tiap sekolah lebih dinamis. Apalagi dengan adanya keterlibatan siswa. 

“Dukungan sekolah penting sekali dalam pengembangan kemampuan siswa MA Al Azhar Kota Banjar. Sekarang zamannya sudah serba digital, jadi harus ada persiapan sejak sekarang supaya kita bisa mengimbanginya,” pungkasnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)

- Advertisment -