Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan Rendah Kalori yang Bermanfaat untuk Diet dan Imunitas

Makanan Rendah Kalori yang Bermanfaat untuk Diet dan Imunitas

Makanan rendah kalori tak hanya penting untuk Anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan. Manfaat makanan jenis ini ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah dampak suatu penyakit tertentu.

Bagi Anda yang sedang diet, mengonsumsi makanan yang sedikit kandungan kalorinya menjadi suatu kewajiban yang penting kita perhatikan. Ini agar berat badan Anda tidak mudah naik dan tetap stabil.

Ada banyak makanan yang bisa kita pilih, khususnya yang rendah kandungan kalorinya. Mengonsumsi makanan ini akan membantu melancarkan proses diet dan menjaga berat badan tetap stabil.

Baca Juga: Jenis Makanan untuk Diet Ini Bisa Mencegah Penyakit Stroke

Jenis Makanan Rendah Kalori

Ada berbagai jenis makanan yang penting untuk konsumsi selama menjalankan diet. Utamanya yang rendah kandungan kalorinya. Apa saja jenis makanan rendah kalori yang terbaik dan apa saja manfaatnya untuk tubuh, simak ulasannya berikut ini.

Buah Beri

Jenis buah ini meliputi strawberry, raspberry, blackberry dan juga blueberry sarat dengan kandungan vitamin dan mineral. Buah ini juga kaya antioksidan yang dapat mengoptimalkan kesehatan Anda.

Kandungan serat dlam buah ini juga tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Makan buah ini juga mampu menurunkan berat badan serta mengurangi rasa lapar.

Oat

Makanan rendah kalori yang satu ini termasuk salah satu jenis makanan yang sangat cocok untuk program diet sehat karena kalorinya memang sangat rendah.

Makanan yang mengandung sedikit kalori ini seringkali kita konsumsi untuk sarapan pagi dan baik kita sajikan ketika hangat.

Indeks glikemik oat juga rendah sehingga penderita diabetes pun aman mengonsumsinya. Oat juga termasuk jenis makanan yang kandungan seratnya tinggi dan memiliki kemampuan untuk menyerap air.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Diet Pemula dengan Menu Sehari-hari

Greek Yoghurt

Makanan ini merupakan sumber protein yang sekaligus menjadi sumber makanan yang dapat membantu dalam mengekang keinginan makan berlebih.

Jenis yoghurt ini juga menjadi salah satu jenis makanan yang cocok Anda konsumsi ketika sedang diet. Hal ini karena makanan ini dapat membantu penurunan berat badan jauh lebih baik.

Pada setiap merek dan rasa, kalori yang terkandung dalam makanan ini memang berbeda-beda. Ada yang menyediakan sekitar 130 kalori atau 110 kalori pada setiap 150 gramnya. 

Sama halnya dengan oat, greek yoghurt juga termasuk salah satu jenis makanan rendah kalori yang dapat menahan keinginan untuk makan bagi orang yang mengonsumsinya.

Kentang

Selain tinggi kandungan karbohidrat, kentang juga termasuk rendah kalori namun kaya nutrisi. Dalam 100 gram kentang hanya terdapat kandungan 76,7 kcal sehingga cukup rendah.

Sedangkan kandungan gzi dalam kentang antara lain natrium, protein, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, zat besi, magnesium dan juga kalium.

Oleh karena itu kentang menjadi salah satu makanan yang sangat popular bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Kandungan kalorinya yang rendah membuatnya baik untuk masuk menu diet Anda.

Akan tetapi dalam proses memasaknya juga perlu kita perhatikan. Sama halnya seperti telur, menjaga kentang agar tetap rendah kalori bisa kita lakukan jika mengolahnya dengan cara merebus.

Dada Ayam

Daging tanpa lemak seperti misalkan dada ayam merupakan makanan rendah kalori namun tinggi kandungan protein. Dada ayam juga merupakan makanan yang mengandung niasin, selenium, dan vitamin B-12 dalam jumlah cukup.

Agar kalori dada ayam tetap rendah, ketika memasaknya sebaiknya Anda lakukan  dengan cara mengolahnya sebagai sup. Tambahkan atau campurkan dengan sayur mayur seperti brokoli ataupun wortel.

Telur

Ada sebagian orang yang menjalankan diet merasa bahwa telur kurang baik untuk program mereka. Akan tetapi sebenarnya makanan yang satu ini kaya kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa sarapan dengan telur dapat mengurangi rasa lapar. Teur juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama karena kaya dengan kandungan protein.

Untuk menghindari atau mencegah telur yang konsumsi naik kandungan kalorinya, pastikan Anda mengolahnya dengan cara merebus. Telur rebus juga rendah lemak sehingga sangat aman untuk diet.

Itulah berbagai jenis makanan rendah kalori yang bermanfaat untuk Anda konsumsi. Selain baik untuk Anda yang sedang diet atau ingin mempertahankan berat badan, konsumsi makanan tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. (R10/HR Online)

- Advertisment -