Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda, Ini Daftar Pilihannya!

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda, Ini Daftar Pilihannya!

Makanan yang baik untuk ibu hamil muda perlu masuk dalam daftar menu karena itu penting. Selain berguna untuk mendukung pertumbuhan janin, makanan bernutrisi ini juga penting untuk menjaga kesehatan sang ibu.

Usia kandungan pada awal kehamilan atau trimester pertama memang sangat penting kita jaga. Bagi ibu hamil dengan usia kandungan awal tentunya masih sangat rentan, sehingga harus mendapat perhatian.

Selain harus menghindari makanan yang berbahaya untuk Anda konsumsi, Anda juga harus tahu apa saja makanan yang baik untuk mendukung kandungan dan kesehatan Anda.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, tentu asupan gizi untuk si calon buah hati akan terpenuhi secara seimbang.

Pilihan Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Mengenai apa saja makanan yang dianjurkan, berikut ini daftar pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil muda yang perlu masuk dalam daftar menu Anda. Yuk langsung saja simak apa saja makanan tersebut!

Baca Juga : Gangguan Kesehatan Ibu Hamil yang Wajib Kita Waspadai

Produk Susu

Berbagai macam produk susu yang telah mengalami proses pasteurisasi sangat menjadi anjuran untuk konsumsi ibu hamil. Apalagi makanan dari produk susu juga sangat baik bagi pertumbuhan tulang calon buah hati.

Produk susu selama ini memang kita percaya memiliki berbagai kandungan yang sangat baik. Seperti kalsium, whey, protein, magnesium, vitamin B, dan nutrisi lainnya.

Akan tetapi untuk ibu hamil dengan riwayat intoleransi laktosa ada baiknya menghindari produk susu. Sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi makanan kaya kandungan kalsium dan nutrisi lainnya.

Bayam dan Sayuran Hijau

Pilihan lainnya makanan yang baik untuk ibu hamil muda adalah bayam dan jenis sayuran hijau. Kandungan vitamin K, vitamin A, mangan, asam folat, magnesium dan zat besi yang tinggi bisa Anda temukan dalam bayam.

Selain bayam, sayuran hijau lainnya juga sangat baik Anda konsumsi selama kehamilan, karena sama-sama memiliki kandungan nutrisi.

Baca Juga : Pantangan Orang Hamil untuk Cegah Keguguran dan Cacat Janin

Hal ini karena sayuran hijau, termasuk bayam mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat baik, rendah kalori, serta rendah lemak. Kandungan seratnya pun tinggi sehingga sangat berguna untuk Anda konsumsi.

Daging Merah dan Daging Ayam

Kedua bahan makanan ini juga sangat penting untuk konsumsi ibu hamil. Daging merah merupakan bahan makanan yang kaya kandungan zat besi, protein dan vitamin B12.

Sementara daging ayam merupakan sumber protein yang sangat baik dan rendah lemak. Daging ayam juga memiliki nutrisi yang komplit seperti vitamin B6, vitamin B12 dan kolin.

Namun, pastikan dalam pengolahannya Anda lakukan secara tepat. Hindari mengolah dengan cara digoreng, karena mengakibatkan kalorinya yang rendah tercampur dengan kalori minyak goreng. Lebih baik Anda olah dengan cara direbus misalkan dijadikan sup.

Buah Segar

Pada trimester pertama kehamilan, buah segar juga merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil muda, dan menjadi anjuran untuk mengonsumsi makanan sehat yang satu ini.

Baca Juga : Makanan Penyebab Keguguran saat Hamil Muda yang Wajib Anda Tahu

Apalagi mengonsumsi buah segar dapat mengurangi rasa eneg dan mual yang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Secara alami, buah segar rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin B, asam folat dan serat makanan. Mengonsumsi secara langsung atau menjadikannya sebagai jus buah.

Biji Chia

Makanan super untuk kehamilan ini juga sangat dianjurkan dikonsumsi ibu hamil. Makanan yang baik untuk ibu hamil muda ini memiliki kandungan kalori yang rendah.

Dalam dua sendok makan biji chia, terdapat kandungan kalori sebesar 138 kalori atau memiliki nutrisi sebagai berikut :

  • 8,5 gram lemak utamanya asam lemak omega-3.
  • 4,5 gram protein
  • 11 gram karbohidrat
  • 9 gram serat

Kalsium, zat besi dan vitamin A yang tinggi juga bisa Anda temukan dalam biji chia. Satu porsi biji chia terdapat 15 persen kebutuhan protein bagi wanita hamil, dan lebih dari sepertiga kebutuhan serat harian yang sangat wanita hamil perlukan.

Biji chia bisa bisa Anda konsumsi dengan mencampurkan jus atau sup untuk menambah nutrisinya. Konsumsi secara rutin, karena bahan makanan ini dapat membantu mengenyangkan perut. Sama halnya seperti ketika Anda makan kentang.

Itulah berbagai produk makanan yang baik untuk ibu hamil muda yang bisa Anda pilih. Masukkan makanan itu dalam menu Anda dan konsumsi secara berkala untuk mendapatkan manfaat kesehatannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -