Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruMasalah Kesehatan yang Serius Bisa Dilihat dari Kondisi Kaki

Masalah Kesehatan yang Serius Bisa Dilihat dari Kondisi Kaki

Masalah kesehatan yang serius bisa dilihat dari kondisi kaki. Ini artinya Anda perlu memastikan keadaan kaki Anda sehat. Karena biasanya kebersihan kaki kerap terabaikan dengan berbagai alasan.

Padahal, kaki merupakan anggota tubuh paling sering terkena kotoran dan debu, sehingga penting untuk dirawat. Oleh karena itu jangan menyepelekan kebersihan dan kesehatannya.

Meski begitu, ada pula yang beranggapan bahwa kaki bisa tertutup oleh sepatu, sandal, atau celana. Karena itulah sering terabaikan. Tentu saja anggapan seperti itu salah.

Bahkan penelitian menyebutkan, masalah kesehatan dapat terlihat dari kondisi kaki. Namun, tak sedikit orang yang menyepelekannya. Misalnya kondisi kaki yang bengkak. Banyak orang beranggapan bahwa kondisi demikian itu mungkin akibat peningkatan tekanan.

Bukan hanya itu, tak sedikit pula orang yang mengabaikan ketika kaki mengalami luka kecil. Padahal luka tersebut bisa menjadi tanda-tanda adanya masalah kesehatan yang serius pada tubuh.

Oleh karena itu, jika terlihat ada tanda-tanda yang muncul pada kaki sebaiknya Anda harus memperhatikannya. Karena hal itu bisa jadi adanya masalah kesehatan yang serius.

Baca Juga : Makanan untuk Kesehatan Kuku yang Wajib Anda Coba!

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa masalah kesehatan tubuh yang dapat kita lihat melalui kaki. Untuk mengetahui lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan berikut ini;

Kenali Masalah Kesehatan yang Serius Dilihat dari Kondisi Kaki

Kaki Terasa Dingin

Kaki terasa dingin salah satu penyebabnya adalah kelenjar tiroid. Apabila kaki Anda terasa dingin, mungkin Anda menderita hipotiroidisme. Yakni suatu kondisi yang mana kaki mendapatkan aliran darah lebih sedikit dari bagian tubuh lain.

Terdapat Bisul di Kaki

Bisul di kaki juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius pada tubuh. Kondisi tersebut bisa menandakan penyakit gula darah.

Baca Juga : Kenali Kondisi Kesehatan Tubuh dari Kuku Anda

Apalagi jika kaki menjadi mati rasa, yaitu hilangnya sensasi pada area kaki, serta borok yang memerah dan tidak kunjung sembuh. Ini menjadi gejala utama penyakit diabetes type 2 namun tidak terdiagnosis.

Perubahan Bentuk Kuku

Terjadi perubahan bentuk pada merupakan salah satu tanda adanya masalah kesehatan yang serius dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda harus melakukan cek jantung.

Sebab, perubahan bentuk kuku jari kaki maupun kuku pada jari tangan bisa menandakan adanya masalah kardiovaskular, pencernaan, atau paru-paru.

Kondisi tersebut membuat semua kuku pada jari-jari kaki maupun jari-jari tangan tampak seperti habis dipukuli.

Baca Juga : Penyebab Bau Kaki dan Cara Mudah Menghilangkannya

Jempol Kaki Membesar

Ukuran jempol kaki jadi membesar serta meradang. Kondisi ini bisa menandakan penyakit asam urat.

Masalah kesehatan ini umumnya terjadi pada laki-laki yang suka mengonsumsi makanan tinggi protein tinggi.

Kemudian yang memiliki berat badan berlebih, dan sedikit minum air. Namun, penyakit asam urat bisa sembuh dengan bantuan jenis makanan tertentu, serta melakukan olahraga secara teratur. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -