Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruMemotong Kuku di Hari Jumat Termasuk dalam Salah Satu Sunah

Memotong Kuku di Hari Jumat Termasuk dalam Salah Satu Sunah

Memotong kuku di hari Jumat tentunya menjadi hal yang penting. Pernahkah Anda memotong kuku pada hari tersebut? Apabila kita memotong kuku, berarti kita juga mengamalkan Hadits Riwayat Muslim yang artinya adalah “Kebersihan itu merupakan sebagian dari iman”.

Hal yang demikian ini bukan hanya berlaku untuk orang dewasa saja, melainkan juga anak kecil atau buah hati Anda.

Karena, bukan tidak mungkin jika kuku anak kecil tersebut menjadi pemicu penyakit dengan banyaknya bakteri atau kuman.

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa hal ini sepele. Akan tetapi, dalam ajaran Islam, kegiatan memotong kuku juga memiliki kedudukan penting. Bahkan ada aturan sendiri yang harus kita perhatikan.

Jadi, selain kuku kita bersih, kita juga akan mendapatkan pahala. Mau apa tidak jika mendapatkan pahala?

baca juga: Cara Menjawab Adzan Sesuai Ajaran Islam Merupakan Sunah Rasulullah

Sunah Memotong Kuku di Hari Jumat dalam Islam

Ya, seperti yang sudah kita ketahui bahwa Islam adalah agama yang sempurna, suci, dan kaffah. Jadi, tidak heran meskipun hanya sekedar memotong kuku, ada aturan dan anjuran yang menjadi penyebab kita akan mendapatkan pahala.

Memotong kuku ini sendiri juga termasuk dalam pembahasan Fiqih, bab Thaharah. Hukum memotong kuku di hari Jumat adalah sunnah.

Hal yang demikian ini juga terdapat dalam Hadits Riwayat Baihaqi dan Thabrani, Rasulullah SAW memotong kuku serta mencukur kumis ketika hari Jumat sebelum pergi untuk melaksanakan salat Jumat.

Nah, sudah jelas bukan, jika memotong kuku di hari Jumat adalah sunnah. Berarti kalau kita mengamalkannya, akan mendapatkan pahala. Pasalnya, kita sudah mengikuti ajaran dari Uswatun Hasanah kita, Nabi Muhammad SAW.

Akan tetapi, hal itu tidak memberikan larangan kepada kita untuk memotong kuku selain pada hari Jumat. Apabila Anda mendapati kuku Anda sudah sangat panjang pada hari Senin, potong saja, tidak masalah. Karena semakin panjang kuku, maka akan semakin senang pula setan menempatinya. Apalagi kuku yang panjang dan hitam, banyak kotorannya.

baca juga: Sunah dalam Wudhu Sesuai Ajaran Agama Islam

Doa Saat Potong Kuku

Selain dianjurkan untuk memotong kuku di hari Jumat, hendaknya kita juga membaca doa berikut ini.

Hari yang Bagus

Memotong kuku di hari Jumat memang sunah. Tetapi waktu yang baik untuk melakukan hal tersebut adalah hari Kamis juga Senin. Perlu Anda ketahui juga bahwa kesempurnaan dalam agama Islam itu adanya ajaran yang berkaitan dengan sunah fitrah.

Sedangkan salah satu fitrah merupakan keindahan juga keindahan. Manfaat yang akan kita dapatkan apabila melaksanakan sunah fitrah adalah penampilan yang indah, kebersihan badan, juga melaksanakan perintah syariat.

baca juga: Keistimewaan Hari Senin, Banyak Ampunan dan Pahala

Aturan dalam Memotong Kuku

Bukan hanya harinya saja yang memiliki aturan, melainkan juga urutan dalam memotongnya. Hendaknya kita memulai dari tangan kanan. Bermula dari jari telunjuk, tengah, manis, kelingking, dan terakhir adalah ibu jari. Selanjutnya adalah jari tangan kiri. Bermula jari kelingking, manis, tengah, telunjuk dan berakhir di ibu jari lagi.

Tak hanya itu saja, kebiasaan memanjangkan kuku dalam Islam juga memiliki aturan sendiri. Islam mengajarkan kepada kita untuk tidak membiarkan apabila sudah 40 hari. Hal ini masih belum banyak yang mengetahui. Apalagi pada zaman seperti sekarang ini, banyak yang memanjangkan kuku demi fashion sampai lupa dengan syariat-Nya.

Sebagaimana arti dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa memotong kuku itu merupakan fitrah. Semoga dengan adanya penjelasan mengenai memotong kuku di hari Jumat, menambahkan keimanan dan pahala kita. Semua aturan yang ada tentu menjadi kebaikan dan keberkahan untuk diri kita sendiri. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -