Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruMenghilangkan Ketombe Membandel dengan Cara Alami yang Ampuh

Menghilangkan Ketombe Membandel dengan Cara Alami yang Ampuh

Untuk menghilangkan ketombe membandel bisa kamu lakukan dengan cara alami. Ada beberapa cara efektif membuang ketombe yang menjadi masalah buat kulit kepala dan rambut.

Ketombe merupakan kulit kepala yang terkelupas dan menjadi salah satu gangguan pada rambut. Meski begitu, kamu tak perlu bingung untuk menghilangkannya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara alami yang efektif untuk mengatasi masalah ketombe.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe Membandel

Jamur malassezia menjadi penyebab ketombe pada kulit kepala. Jamur tersebut hidup di kulit secara alami.

Namun, karena pertumbuhannya yang tidak seimbang dan berlebih, atau akibat faktor usia, stres dan juga hormon menyebabkan ketombe muncul.

Tubuh memang secara teratur meregenerasi sel-sel kulit. Namun, meningkatnya produksi jamur akan menghambat proses regenerasi sel kulit yang mati.

Baca Juga : Manfaat Jahe untuk Perawatan Rambut, Atasi Rontok Hingga Ketombe

Seperti yang dijelaskan New York Dermatology Group, bahwa ketombe berupa serpihan putih yang ringan terdapat pada kulit kepala.

Penyebab serpihan putih ini adalah dermatitis seboroik. Ketombe akan membuat kulit kepala menjadi bersisik, terasa gatal, dan merah.

Sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini;

Teratur Keramas

Cara alami menghilangkan ketombe yang membandel yaitu dengan teratur keramas. Jangan membiarkan minyak alami pada rambut tertahan terlalu lama di kulit kepala. Hal ini dapat menambah masalah.

Kalau kamu tidak teratur atau bahkan jarang keramas, maka minyak serta sel kulit yang mati akan semakin menumpuk.

Oleh sebab itu, untuk membersihkan kulit kepala dan rambut kamu harus keramas tiga kali dalam sepekan. Cara alami ini dapat membebaskan kulit kepala dan rambut dari masalah ketombe, serta masalah yang lainnya.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok, Ketombe dan Kutu Secara Permanen

Gunakan Shampo Khusus untuk Ketombe

Rekomendasi dari ahli kecantikan bahwa, untuk menghilangkan ketombe membandel sebaiknya gunakan shampo khusus ketombe.

Pilihlah shampo dengan formula yang ringan, lembut, dan memiliki kandungan rendah asam salisilat paling efektif menghilangkan ketombe dengan cepat.

Jika kulit kepala masih mengalami iritasi dan kemerahan, kamu bisa coba formula zinc purithione, selenium sulfide, dan ketoconazole.

Coba Hair Oil Mask

Perawatan rambut yang berbasis minyak dapat membantu produksi minyak berlebihan pada kulit kepala menjadi seimbang.

Menghilangkan ketombe membandel dengan cara alami ini juga bisa mengangkat minyak dari rambut sebagai penyebab ketombe.

Baca Juga : Cara Menebalkan Rambut Tipis Secara Alami, Cepat dan Murah

Tambahkan Tea Tree Oil

Cara alami berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan pengobatan rumahan menggunakan tea tree oil dan minyak esensial.

Kamu tinggal tambahkan saja beberapa tetes minyak tersebut pada shampo yang akan kamu gunakan.

Hal itu berkat sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dapat membantu mengurangi tingkat keparahan masalah ketombe.

Coba Eksfoliasi Kulit Kepala

Untuk menghilangkan ketombe membandel kamu juga bisa mencoba melakukan eksfoliasi secara lembut pada kulit kepala bagian lapisan atas.

Eksfoliasi pada bagian kulit kepala dengan menggunakan butiran yang memiliki rendah kandungan asam salisilat mampu membasmi sel-sel kulit mati.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi saat keramas atau pada rambut basah setidaknya 2 kali seminggu. Sebelumnya pastikan untuk membaca petunjuk cara pemakaian produknya.

Jangan Menggaruk Kepala

Menggaruk kulit kepala saat gatal dapat memperburuk iritasi dan peradangan. Terlebih jika menggaruknya dengan kuku yang tajam dan panjang. Karena bisa menyebabkan luka yang terbuka pada kulit kepala dan berujung infeksi.

Sebagai solusinya, pijat dengan lembut ketika perawatan rambut supaya bahannya menembus hingga kulit kepala.

Ubah Pola Makan

Mengubah pola makan menjadi cara yang terakhir untuk menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala. Karena buruknya nutrisi makanan dapat menyebabkan ketombe.

Makanan dengan tinggi karbohidrat dapat memicu terjadinya penumpukan glikogen pada kulit. Ini akan menjadi makanan jamur penyebab munculnya ketombe.

Oleh karena itu, kurangi konsumsi gula dan karbohidrat yang bisa merangsang tubuh produksi minyak pada kulit di kelenjar sebaceous.

Cara mengatasi masalah ketombe ini sangat efektif untuk kamu terapkan, terlebih buat kamu yang mengalami kerentanan terhadap ketombe.

Demikianlah beberapa rekomendasi dari ahli kecantikan soal mengatasi masalah ketombe yang ampuh dan efektif.

Kamu juga harus memastikan untuk melakukan perawatan rambut secara alami dan aman. Namu, untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, aman dan alami, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kecantikan. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -