Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruMenjaga Daya Tahan Tubuh, Cara Agar Tetap Sehat saat Pandemi

Menjaga Daya Tahan Tubuh, Cara Agar Tetap Sehat saat Pandemi

Menjaga daya tahan tubuh sangat penting, utamanya saat pandemi Covid-19 sekarang ini. Imunitas tubuh yang baik akan membuat kita jauh dari penyakit. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar selalu terjaga kesehatan kita.

Daya tahan tubuh merupakan salah satu hal yang sangat penting dan mesti selalu kita jaga. Hal ini karena tubuh yang memiliki daya tahan tentu saja akan menjadikan pemiliknya tidak mudah terserang penyakit.

Penyakit bisa datang kapan saja. Bakteri atau kuman penyebab penyakit masuk saat tubuh menurun imunitasnya. Kita pun akan lebih mudah terserang infeksi karena serangan kuman ataupun bakteri.

Jika mikroorganisme gagal mempertahankan daya tahan tubuh anda, maka yang terjadi adalah tubuh akan terserang penyakit. Hal ini bisa terjadi karena melemahnya daya tahan tubuh dalam melawan kuman.

Ternyata daya tahan tubuh ini sendiri bisa kita pertahankan dengan cara yang sederhana. Apalagi pada saat musim pancaroba, sistem kekebalan tubuh mesti kita jaga agar anda tidak mudah terserang penyakit.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tetap Sehat

Gaya hidup yang sehat merupakan salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk menjaga imunitas tubuh. Termasuk dengan selalu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin serta nutrisi.

Baca Juga : Buah yang Kaya Vitamin D dan Manfaatnya untuk Imunitas Tubuh

Nah, berikut ini ulasan selengkapnya cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa anda lakukan. Cara ini terbilang simple, murah, dan mudah kita lakukan. Yang penting ada niat dan keinginan untuk melakukannya secara teratur.

Tidur yang Cukup

Banyak penyakit yang terjadi karena kurang tidur atau tidak cukup beristirahat. Kurang tidur yang berlangsung secara berkepanjangan akan membawa pengaruh yang kuat terhadap turunnya kesehatan fisik bahkan mental anda.

Efek dan dampak dari tubuh yang kurang tidur ini sendiri ternyata bermacam-macam. Kondisi ini bisa menyebabkan labilnya emosi, tidak bisa fokus atau berkonsentrasi, hingga terjadinya gangguan pada liver.

Sebaliknya, tidur yang cukup akan membantu meregenerasi sel-sel dalam tubuh kita. Ini penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas. Sehingga kekebalan tubuh pun bisa terjaga dengan baik.

Kelola Stres

Mengelola stres juga merupakan salah satu cara menjaga daya tahan tubuh yang tak kalah penting. Apalagi aktivitas modern yang padat tentunya tidak bisa lepas dengan tekanan psikis yang kita alami.

Baca Juga : 7 Makanan Penambah Imunitas Tubuh Anak yang Ampuh Hadapi Covid-19

Karena itu sebaiknya anda mengelola stres jangan sampai berlarut-larut dalam pikiran. Karena hal ini akan menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menurun.

Stres yang kita alami akan menyebabkan hormon kortisol tidak terkelola dengan baik. Kondisi ini akan memberikan pengaruh yang kurang baik, dan bisa menekan sistem kekebalan tubuh anda.

Banyak Makan Buah dan Sayur

Selain itu, nutrisi yang masuk kedalam tubuh juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh anda, dan menjaga sistem imun menjadi lebih kuat.

Masukan buah dan sayuran sebagai menu makanan guna memenuhi aneka kebutuhan nutrisi tubuh anda, dan menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Hindari Rokok

Selain kurang tidur, sistem imun atau kekebalan tubuh yang menurun juga bisa terjadi karena efek dari nikotin yang anda konsumsi setiap harinya. Rokok akan mengganggu daya tahan tubuh anda.

Baca Juga : Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Biar Imunitas Meningkat

Selain akan menjadikan daya tahan tubuh melemah, rokok juga merupakan salah satu faktor yang bisa memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya. Termasuk gangguan jantung hingga stroke.

Karena itu, mengurangi atau menghindari rokok merupakan upaya mencegah gangguan kesehatan tubuh. Ini berlaku tidk hanya untuk perokok aktif, namun juga perokok pasif atau orang yang menghirup asap rokok.

Olahraga Teratur

Olahraga memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anda. Gerak tubuh yang kita lakukan pada saat olahraga ternyata memberikan efek yang penting. Sehingga anda bisa menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh secara baik.

Dengan begitu maka kebugaran dan kesehatan tubuh akan terjaga. Berolahragalah setiap hari, mulai dari olahraga ringan seperti berjalan kaki, hingga jogging. Ini sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh anda.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Selamat mencoba dan mulailah melakukan gaya hidup sehat, agar daya tahan dan kesehatan tubuh anda bisa terjaga! (R11/HR-Online)

Editor : Eva