Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita BisnisModal Untuk Bisnis Online, Begini Cara Mudah Menghitungnya

Modal Untuk Bisnis Online, Begini Cara Mudah Menghitungnya

Berapa sih modal untuk bisnis online? Pertanyaan semacam ini sering terdengar dari calon pelaku bisnis yang baru akan memulai usaha secara daring. Tak sedikit orang yang ragu dengan bisnis internet karena tidak adanya informasi yang jelas.

Jika kita membandingkan antara bisnis secara online dengan offline memang sangat terasa sekali bedanya. Usaha yang kita jalankan secara offline seperti selama ini kita pahami tentunya membutuhkan lebih banyak modal.

Baca juga: Bisnis Pakaian Online Tanpa Modal, Begini Caranya yang Mudah!

Modal usaha ini biasanya akan tersedot untuk menyewa toko atau tempat berjualan, membuat etalase atau perlengkapan untuk memajang produk, hingga biaya untuk pemasaran dan promosinya.

Hal ini berbeda sekali dengan bisnis online yang tidak membutuhkan tempat ataupun peralatan etalase. Namun apapun jenis bisnisnya, termasuk bisnis secara online sekalipun tentunya tetap perlu modal untuk operasional usahanya.

Baca juga: Jasa Unik di Internet, Peluang Bisnis Online yang Patut Anda Coba

Oleh karena itu mempersiapkan, merencanakan, dan menghitung modal untuk bisnis online yang kita perlukan menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan.

Cara Menghitung Modal Untuk Bisnis Online

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis online, penting memikirkan cara yang tepat menghitung berapa modal usaha yang kita butuhkan. Yuk simak informasi selengkapnya tentang cara menghitung modal untuk menjalankan bisnis secara daring berikut ini.

Dengan Pendekatan Modal Akhir, Laba dan Prive

Cara pertama dalam menghitung kebutuhan modal untuk bisnis online adalah menggunakan pendekatan modal akhir, laba dan prive. Sebelum Anda mulai menghitung, Anda perlu berkenalan dulu dengan ketiga aspek tersebut, sebagai berikut :

  • Modal akhir : jumlah keseluruhan dana dalam bisnis yang kita dapatkan dari penambahan modal awal plus laba atau rugi lalu kurangi total prive
  • Laba : keuntungan bersih yang kita dapatkan dari bisnis
  • Prive : penarikan sejumlah dana yang pemilik bisnis lakukan untuk memenuhi keperluan di luar bisnis atau penggunaan pribadi.

Untuk menghitung modal dengan pendekatan ini, rumusnya adalah :

Modal akhir – (laba + prive)

Dari sana kita bisa mengetahui modal awalnya berapa.

Menghitung Modal Dengan Pendekatan Beban

Pendekatan perhitungan modal untuk bisnis online yang kedua adalah menggunakan capital expenses dan operational expenses. Apa itu capital expenses dan operational expenses?

  • Capital expenses adalah modal yang kita gunakan untuk mendukung keberlangsungan proses bisnis, termasuk peralatan yang kita gunakan dalam jangka waktu lama
  • Operational expenses adalah modal awal yang kita gunakan untuk kepentingan operasional perusahaan. Biasanya elemen ini termasuk dalam operating expenses seperti biaya sewa gedung, gaji karyawan, biaya listrik, telepon dan sebagainya.

Dari kedua jenis modal tersebut Anda bisa menghitung modal awalnya dengan rumus berikut ini :

Modal awal = modal capital expenses + modal operational expenses

Dengan Pendekatan Investasi, Modal Kerja dan Modal Operasional

Cara lain yang bisa kita lakukan dalam perhitungan modal untuk bisnis online adalah menggunakan komponen pendekatan modal investasi, modal kerja dan modal operational. Jadi, sebelumnya Anda harus tahu arti dari ketiga aspek ini.

Modal investasi merupakan banyaknya uang yang kita keluarkan untuk kepentingan pembelian peralatan perusahaan dengan nilai tinggi dan kita gunakan dalam kurun jangka waktu yang cukup lama.

Sementara modal kerja adalah sejumlah uang yang kita gunakan dalam memenuhi kebutuhan barang atau bahan baku produksi serta bahan keperluan lainnya. Utamanya untuk kepentingan pengembangan usaha atau bisnis yang sedang kita jalankan.

 Baca juga: Cara Jual Pulsa Online, Trik Jitu Agar Omsetnya Tinggi

Sementara modal operasional adalah jumlah uang yang harus kita keluarkan untuk membantu kegiatan operasional bisnis.

Modal operasional sendiri pada dasarnya tidak memiliki kaitan dengan kegiatan produksi. Akan tetapi dalam perhitungan ini menjadi komponen yang penting.

Cara perhitungan modal dengan pendekatan ini pun terbilang sangat mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menghitung dengan cara menjumlahkan ketiga komponen yang ada tersebut. Rumusnya adalah sebagai berikut :

Modal awal = modal investasi + modal kerja + modal operasional

Dari ketiga cara tersebut kita bisa menghitung berapa modal untuk keperluan bisnis melalui internet. Anda pun bisa menggunakan salah satu metodenya sesuai kebutuhan Anda.

Itulah beberapa cara menghitung modal untuk bisnis online yang pemula harus tahu dan pahami. Pastikan Anda selalu melakukan perhitungan agar tahu keberlangsungan usaha Anda sehat atau tidak. (R10/HR-Online)

- Advertisment -