Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruMotor Tidak Stabil Saat Belok? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Motor Tidak Stabil Saat Belok? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Motor tidak stabil saat belok sangat berbahaya untuk pengendara. Kriteria berkendara yang nyaman serta aman perlu didukung dengan berbagai faktor. Salah satunya berkendara stabil dan tidak oleng.

Baca juga: Penyebab Motor Tidak Dapat Digas Tinggi dari Beberapa Aspek, Apa Saja?

Namun kerap sekali pengendara merasakan stang goyang sehingga laju kendaraan tidak terkontrol. Hal ini menjadi masalah tersendiri untuk keselamatan pengendara.

Penyebab Motor Tidak Stabil Saat Belok Maupun Jalan Lurus

Pada trek lurus maupun berbelok idealnya motor berjalan terkendali dan stabil. Namun ketika motor susah dikendalikan dan goyang hingga stang terasa membuang ke kanan maupun ke kiri, maka Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Masalah pada Komstir

Motor yang mengalami masalah dan sulit dikontrol hingga berbunyi sangat keras saat melintas, berarti ada masalah pada komstir. Pada bagian ini terdiri dari beberapa ball bearing.

Ball bearing ini memiliki fungsi untuk meringankan Anda saat berbelok. Bahkan Anda dapat dengan lincah menyalip ke kanan maupun ke kiri saat komstir normal. Maka dari itu, Anda perlu cek komstir apakah sudah rusak.

Velg Bengkok

Memang tak bisa menganggap ini hal sepele. Velg bengkok juga mampu membuat kemudi motor menjadi tidak stabil. Anda bisa merasakan motor tidak stabil saat belok maupun lurus.

Velg bisa bengkok karena menghantam lubang besar terlalu keras atau tabrakan. Oleh karena itu, perlu dilakukan press velg.

Kerusakan pada Salah Satu Suspensi

Satu sisi kerusakan suspensi membuat peredaman menjadi tidak stabil. Sehingga motor lebih condong pada salah satu sisi. Hal ini mengakibatkan susah belok atau belok sendiri ke satu arah. Biasanya ada kebocoran seal yang membuat oli suspensi berkurang.

Ban Gundul

Penyebab selanjutnya adalah dari ban gundul. Pattern ban yang sudah menipis atau habis menimbulkan permukaan tidak rata pada setiap sisinya.

Hal ini membuat kendaraan menjadi tidak stabil, terutama saat hujan datang. Grip ban ke aspal yang semakin berkurang akhirnya terjadi slick. Hal ini cukup berbahaya ketika Anda berbelok.

Bearing Roda dan Bushing Arm

Bagian bearing yang terpasang bisa menjadi salah satu penyebab motor tidak stabil saat belok. Karena bagian ini cepat rusak, terutama saat menerobos banjir maupun genangan.

Baca juga: Speedometer Sepeda Motor Macet, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Hal ini menyebabkan bearing kering dan seret. Ketika bearing roda rusak, maka motor menjadi oleng atau geal geol. Terutama saat Anda berbelok, bisa sledding hingga mengancam keselamatan Anda.

Cara Mengatasi Masalah Motor Tidak Stabil

Anda perlu mengetahui apa penyebab utama dari kendaraan Anda. Sehingga Anda harus melakukan pengecekan satu per satu dan mengenali faktornya. Selanjutnya Anda bisa mengatasi masalah tersebut. Simak tips berikut.

Periksa Ban

Pertama, Anda bisa mengecek ban motor Anda. Apakah permukaan ban rata atau tidak. Periksa tekanan angin dan ukuran hingga periksa tambalan apakah menimbulkan benjolan atau tidak.

Cek Bearing Roda

Lakukan pengecekan bearing roda saat motor tidak stabil ketika belok, apakah bantalan peluru yang pecah. Jika rusak, maka Anda wajib menggantinya.

Caranya goyangkan roda ke kiri atau kanan. Jika terasa oblak, maka ini pertanda Anda harus menggantinya.

Cek Segitiga Dudukan Stang

Cek segitiga dudukan yang menghubungkan stang dengan shockbreaker. Umumnya terjadi tidak sejajar antara garpu kanan dan kiri.

Caranya luruskan pada tempat yang rata dengan mengukur memakai fuller. Jika tidak sejajar, sebaiknya Anda ke tukang pres untuk memperbaiki masalah tersebut.

Pengecekan Komstir

Pada komstir terdapat sumbu, baik antara segitiga garpu bagian depan dan rangka motor. Fungsi komstir adalah untuk pengendalian.

Motor tidak stabil saat belok bisa disebabkan oleh komstir. Pemakaian yang lama, maka berakibat komstir oblak. Bahkan terasa kasar, susah digerakkan, dan belok kurang nyaman.

Baca juga: Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor Dengan Cepat Tanpa Ke Bengkel

Kerusakan pada mangkuk-mangkuk serta bola besi yang aus bisa diatasi dengan menggantinya. Usahakan membeli sparepart yang baru agar bertahan lama.

Cek Kondisi Velg

Anda perlu melakukan pemeriksaan pada velg apakah ada bagian yang bengkok atau retak. Lakukan dengan standar dua dan putar ban.

Lihatlah gerakan roda. Jika ada bagian yang goyang, maka velg ada yang bengkok. Jika retak, maka segera ganti dengan yang baru. Motor tidak stabil saat belok akan sangat berbahaya untuk keselamatan Anda. Sebaiknya segera lakukan penanganan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -