Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruNokia 6310 Reborn, Ponsel Jadul yang Tahan Banting

Nokia 6310 Reborn, Ponsel Jadul yang Tahan Banting

Nokia 6310 2021 adalah salah satu HP jadul yang merupakan hasil reborn dari produk yang keluar pada tahun 2001 silam.

Pabrikan ponsel asal Finlandia ini melahirkan kembali seri 6310, dengan mengambil siluet ikonik dari aslinya. Selain itu, Nokia juga memperbarui beberapa tambahan baru yang hebat.

Seperti pada bagian layar melengkung yang besar. Kemudian peningkatan keterbacaan dan aksesibilitas, serta menambahkan sejumlah fitur klasik, yakni radio FM nirkabel.

Baca Juga : HP Nokia C30 Meluncur, Harga Rp 2 Jutaan dengan Baterai Besar

Bahkan, baterai yang mengesankan sampai bertahan berminggu-minggu tersebut tetap Nokia pertahankan.

Spesifikasi HP Jadul Nokia 6310 Reborn

Selain penambahan sejumlah spek dan fitur, seri reborn ini juga tetap mempertahankan game terkenal dan terpopuler di zamannya, yaitu Snake klasik.

Versi terbaru ini meluncur bertepatan dengan merayakan usia seri 6310, yang sudah 20 tahun.

Layar dan Desain

Mengutip dari GSM Arena, HP jadul Nokia 6310 Reborn tersebut membawa desain dan model baru, seperti layar yang lebih lega.

Jika pertama kali ponsel ini keluar pada tahun 2001 silam, layarnya hanya berukuran 1,8 inci. Namun untuk versi terbarunya ini membawa layar lebih luas dengan ukuran 2,8 inci.

Tipe Layarnya tersebut masih TFT. Sedangkan untuk resolusi layarnya 240 x 320 piksel dengan aspek rasio 4:3.  

Sementara pada desainnya dan tampilannya, ada beberapa perubahan ketimbang seri pendahulunya.

Untuk Nokia 6310 Reborn, memiliki tombol dengan bentuk segi empat pada bagian tengahnya. Sebagai perbandingan, bahwa versi aslinya terdapat tombol atas dan bawah.

Akan tetapi, seri terbarunya ini Nokia mengubah dan memperbarui tampilannya menjadi lebih kekinian.

Bagian varian warna juga bisa Anda pilih sesuai selera. Mulai dari warna Dark Green, Black sampai Yellow. Sementara untuk ukuran dimensi secara keseluruhan, 135.5 x 56 x 14.1 mm.

Namun meski terdapat perubahan, Nokia 6310 Reborn tetap menggunakan kerangka yang kokoh. Sehingga, HP jadul ini bisa tahan banting.

Dapur Pacu, RAM dan Baterai

Sementara pada bagian dapur pacu, Nokia 6310 (2021) ini membawa chipset UNISOC 6531F. Dan juga RAM berkapasitas 16 MB plus internal memori 8 MB.

Namun, apabila Anda ingin menambahkan penyimpanan, maka bisa menggunakan slot microSD yang bisa sampai maksimal 32 GB.

Baca Juga: HP Nokia XR20, Smartphone Tangguh Standar Militer

Sedangkan untuk daya baterainya, HP Nokia 6310 Reborn ini berkapasitas 1150 mAh. Adapun kapasitas dari baterainya tersebut, ternyata sedikit lebih besar dari pendahulunya.

Sementara untuk daya tahan penggunaan, baterai tersebut bisa bertahan selama 7 jam lamanya untuk penggunaan telpon. Bahkan, bisa sampai berminggu-minggu lamanya jika dalam mode siaga.

Tidak berbeda dengan versi 2001, untuk baterai yang terpasang pada HP Nokia 6310 Reborn juga bisa Anda lepas. Dan untuk mengisi daya ulang baterai menggunakan kabel micro USB.

Kamera

Meski terbilang HP jadul, namun Nokia 6310 (2021) ini ternyata membawa kamera pada bagian belakang. Ya walaupun resolusinya tidak terlalu besar, hanya 0,3 MP (VGA), plus flash LED.

Posisi dari kamera belakang tersebut berada di bagian tengah, yang di bawahnya terdapat lampu kilat serta tulisan Nokia.

Fitur lainnya yang HP Nokia 6310 Reborn bawa, OS menggunakan Seri 30+ (S30+). Kemudian masih tetap tersedia FM Radio (Wired/Wireless), dan pemutar musik MP3 player.

Selain itu, ponsel jadul ini juga tersedia WiFi, Bluetooth dan juga Anda bisa menggunakan dalam dual SIM card.

Meski HP jadul, namun seri 6310 (2021) ini ternyata berbanderol 59.99 poundsterling atau kurang lebih Rp 1,1 jutaan.

Selain itu, HP Nokia 6310 Reborn baru hanya tersedia di Inggris saja, dan belum tahu apakah akan menyasar pangsa pasar negara lain termasuk Indonesia. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -