Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita PangandaranPekan Budaya Daerah Jabar, Pangandaran akan Kirim 3 Tradisi Seni

Pekan Budaya Daerah Jabar, Pangandaran akan Kirim 3 Tradisi Seni

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pekan Budaya Daerah Jabar atau Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tingkat Provinsi Jawa Barat, akan berlangsung pada awal bulan November mendatang.

Dalam gelaran Festival Seni Budaya dengan tema Pekan Budaya Daerah tingkat provinsi itu, Kabupaten Pangandaran rencananya bakal mengirimkan tiga jenis seni budaya dan satu jenis kuliner khas Pangandaran.

Kepala Seksi Kebudayaan Disparbud Kabupaten Pangandaran, H. Iing mengatakan, Kabupaten Pangandaran tidak hanya identik dengan pariwisata saja. Tetapi seni dan budaya yang menjadi tradisi leluhur pun ada.

“Warisan budaya tradisi leluhur wajib untuk kita lestarikan agar tidak punah. Oleh karena itu, dalam festival tersebut, dari Kabupaten Pangandaran akan mengirimkan tiga seni budaya. Serta satu kuliner khas tradisional, yakni pindang gunung,” terangnya, Senin (18/10/2021).

Sedangkan untuk seni tradisi budayanya, Kabupaten Pangandaran akan mengirimkan tradisi Wawacan Lokayanti, Benjang Batok, dan tradisi Kebon.

Baca Juga : Gali Potensi, Disparbud Pangandaran Gelar Safari Budaya di Padaherang

Ketiga tradisi seni budaya tersebut semuanya selalu dipentaskan dalam berbagai acara untuk mengisi hiburan. Baik hiburan untuk warga, wisatawan maupun inohong yang berkunjung ke Kabupaten Pangandaran.

“Untuk mengikuti Pekan Budaya Daerah tersebut, kita mengirimkan hasil rekaman berbentuk video. Rekamannya kita kirim ke Disparbud Provinsi Jawa Barat sebagai penyelenggara kegiatan,” kata Iing.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat akan mengikutinya. Kabupaten Pangandaran tentunya akan berusaha dan membuat konten sebaik mungkin.

“Kegiatan Pekan Budaya Daerah tingkat Provinsi Jawa Barat ini merupakan rutinitas tahunan. Kiriman dari 26 kabupaten/kota se-Jabar itu nantinya diambil beberapa konten yang terpilih. Selanjutnya mengikuti kegiatan pekan budaya tingkat nasional mewakili Jawa Barat,” papar Iing.

Iing berharap, dengan mengikuti Festival Pekan Budaya Daerah tingkat Jabar nanti, Kabupaten Pangandaran bisa meraih prestasi. Untuk itu, pihaknya berusaha keras dengan seluruh tim dari para pelaku seni dan kuliner. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva

Diskominfo Kota Banjar