Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita BisnisPeluang Window Dressing Akhir Tahun Beri Keuntungan yang Besar

Peluang Window Dressing Akhir Tahun Beri Keuntungan yang Besar

Peluang window dressing akhir tahun tentunya akan menjadi hal yang menggiurkan bagi banyak orang. Pasalnya, jika semua orang bisa memanfaatkan situasi tersebut, sudah pasti akan mendapatkan banyak keuntungan. Sudah banyak orang juga yang menunggu peluang ini.

Karena sudah memasuki kuartal IV/2021, investasi kembali mengungkap window dressing. Apalagi jika mengingat pergerakan pada pasar termasuk pada kinerja reksadana fluktuatif. Bahkan window dressing pada tahun ini memiliki potensi pada beberapa emiten. Meskipun memang harus memperhatikan banyak hal.

Baca Juga: Investasi Bagi Hasil Tiap Bulan Beri Keuntungan Menjanjikan

Karena hampir mendekati akhir tahun, tidak hanya promo diskon belanja saja.yang banyak berkeliaran, tetapi juga promo dari dunia investasi. Window dressing sebenarnya sebuah kondisi yang tidak normal. Hal ini juga sangat sering terjadi pada pasar modal. Umumnya, ditandai dengan adanya pergerakan IHSG yang cenderung kuat .

Peluang Window Dressing Akhir Tahun yang Menggiurkan

Mungkin tidak semua orang yang mengetahui akan apa itu windows dressing. Nah, untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan alangkah lebih baiknya jika kita kupas tuntas tentang apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Perlu Anda ketahui, bahwa window dressing itu merupakan strategi untuk mempercantik kinerja atau laporan keuangan seperti portofolio bisnis. Akan tetapi juga membutuhkan polesan sedemikian rupa, supaya nampak menarik bagi para investor.

Siapa yang menjadi pelakunya? Pelakunya adalah Emiten beserta manajer investasi. Biasanya perusahaan terbuka atau emiten akan melakukan rekayasa laporan rugi laba dengan tujuan mempunyai kinerja yang lebih daripada sebenarnya. Hal itu mereka lakukan dengan trik akuntansi.

Baca Juga: Cara Investasi Cryptocurrency, Berikut Langkahnya Untuk Para Pemula

Nantinya perusahaan akan seolah-olah melakukan pembukuan keuntungan, namun sifatnya hanyalah semu.Padahal perusahaan sedang rugi. Atau terkadang ada juga yang memberikan laporan tentang laba besar, namun kenyataanya mereka memiliki laba yang kecil. Peristiwa peluang window dressing akhir tahun juga bisa melambungkan harga saham emiten. Terutama pada saham unggulan misalnya Blue Chip dan yang lainnya.

Kuartalan Akhir Tahun

Jika Anda mendapati ada pelaku yang memanfaatkan peluang window dressing akhir tahun, itu bukan hal yang baru lagi. Mungkin Anda saja, yang baru pertama kali jumpa. Namun, tidak mengapa. Hal ini juga berlaku ketika 3 bulan perusahaan akan mengumumkan laporan keuangan. Umumnya, peluang ini terjadi pada bulan Desember.

Alasannya adalah, saham-saham emiten mengalami kenaikan yang tinggi, bahkan berlangsung sampai bulan Januari tahun berikutnya. Ini juga sering disebut dengan January Effect.

Untuk mengetahui kapan terjadinya peluang window dressing bisa Anda lihat dengan naiknya saham lebih dari 5 sampai 10% dalam satu hari perdagangan bursa. Pada tahun 2020 lalu, fenomena menguntungkan ini juga sudah terjadi. Faktanya juga sudah banyak orang yang mendapatkan banyak cuan.

Tips Memanfaatkan Peluang

Banyak orang yang akan memanfaatkan peluang window dressing akhir tahun ini demi mendapatkan keuntungan. Sebagai pelaku investasi pastinya Anda juga tidak mau kalah bukan? Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika Anda menyimak beberapa tips ini supaya Anda juga bisa mendapatkan banyak cuan.

Fokus Saham Blue Chip

Mengapa harus Blue Chip saham yang harus Anda incar, untuk memanfaatkan peluang window dressing akhir tahun ini? Pasalnya, saham tersebut menjadi pendorong utama IHSG. Kapasitasnya juga besar diatas 10 triliun. Bukan hanya itu saja, saham ini juga memiliki likuiditas yang bagus.

Baca Juga: Keuntungan Investasi Logam Mulia Menyita Perhatian Banyak Orang

Jika Anda bisa mendekap saham yang satu ini, tentunya akan memberikan dampak lain bagi mereka yang ingin melakukan manipulasi harga. Akan tetapi bila harga Blue Chip ini terlalu mahal Anda bisa mengincar saham lainnya yang berada di LQ45.

Teknikal Saham dan Fundamental

Sebelum Anda melakukan pembelian saham ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu analisis fundamental juga teknikal sahamnya. Untuk Analisis fundamental bisa Anda lihat melalui laporan keuangan perusahaan. Sedangkan untuk teknikal nya, bisa Anda lihat dari pergerakan saham, dalam waktu tertentu.

Alokasikan Dana

Apabila Anda tertarik untuk memanfaatkan peluang window dressing akhir tahun tersebut pastikan modal yang Anda miliki itu juga melimpah. Jika modal yang Anda miliki itu tidak seberapa, sama saja bohong.

Bagaimana supaya bisa mendapatkan banyak uang, saat window dressing itu tiba? Mudah saja, Anda hanya butuh menyisihkan 20% dari gaji pokok Anda. Selain itu, pastikan juga kondisi keuangan Anda dalam keadaan sehat. Nah, itu tadi penjelasan mengenai peluang window dressing akhir tahun. Selamat mencoba dan dapatkan keuntungannya. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -