Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita JabarPotensi Ekraf, Pemprov Dorong Pembangunan Wilayah Selatan Jabar

Potensi Ekraf, Pemprov Dorong Pembangunan Wilayah Selatan Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Jabar wilayah Selatan punya potensi besar dalam hal ekonomi kreatif (Ekraf). Untuk itu, Pemprov Jabar akan dorong pembangunan wilayah Selatan Jabar. Melalui pengelolaan yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kadis DPMPTSP Jabar Noneng mengatakan bahan dasar dari ekonomi kreatif adalah ide yang tidak habis, seperti sumber daya alam. Jabar wilayah selatan memiliki potensi itu.

“Jabar wilayah Selatan punya potensi agribisnis, pariwisata dan perikanan yang besar. Sektor itu dapat membuat keselarasan untuk pembangunan Jabar berjalan beriringan untuk semua wilayah,” ujarnya dalam jumpa pers saat WJIS 2021, Kamis (21/10/2021).

Neneng menegasksan saat ini Pemda Provinsi fokus mendorong pembangunan untuk Jabar Selatan. Adanya Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2021 sebagai bentuk komitmen pemerintah pusat untuk mewujudkannya.

“Pembangunan Jabar wilayah selatan kita dorong. Tidak untuk industri, namun fokus kepada pariwisata, pertanian dan kemaritiman. Bahkan tenaga listrik, karena terdapat angin yang besar,” jelasnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar Herawanto menyampaikan hal yang sama. Ekonomi kreatif merupakan potensi besar bagi Jabar wilayah selatan.

Menurut Herawanto, Jabar wilayah Selatan ini memiliki sektor pariwisata untuk dikembangkan namun tetap harus menjaga lingkungan. Meski demikian, wilayah Utara masih terbuka lebar untuk pengembangan kawasan industri.

“Apabila semua itu terealisasi, hal ini dapat menjamin pertumbuhan Jabar ke arah zona positif. Pandemi ini menghambat pertumbuhan. Proyek yang ada pada WJIS ini harus bisa terealisasi,” ucapnya.

Pembangunan wilayah Selatan Jabar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -