Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarPengajuan Bantuan untuk Kakek Kosa di Kota Banjar Tak Bisa Terealisasi

Pengajuan Bantuan untuk Kakek Kosa di Kota Banjar Tak Bisa Terealisasi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pengajuan bantuan untuk Kakek Kosa (79), yang tinggal dalam sebuah gubuk di Dusun Sukamulya, RT 1, RW 1, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, terkendala alamat tinggal yang berbeda dengan alamat dalam KTP-nya.

Karena kendala tersebut, Kakek Kosa tidak bisa diajukan untuk mendapatkan bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu).

Kepala Desa Sukamukti, Budi Haryono mengatakan, untuk bisa mendapatkan bantuan berupa bangunan fisik, kakek tersebut harus tinggal sesuai dengan alamat KTP.

“Kalau untuk bantuan bangunan fisik itu tidak bisa. Sedangkan bantuan sosial baru bisa. Tapi itu juga tinggalnya harus dalam wilayah Desa Sukamukti, sesuai dengan alamat KTP. Sementara sekarang kan itu tinggalnya di wilayah Desa Batulawang,” terangnya, Senin (25/10/2021).

Baca Juga : Seorang Kakek di Kota Banjar Tinggal di Gubuk, Ini Penjelasan Ketua RT

Budi juga menjelaskan, bantuan yang sudah diajukan dan diterima oleh Kakek Kosa diantaranya bantuan sosial program Lansia dari Dinsos P3A Kota Banjar. Serta dari Baznas.

Bantuan dari Baznas untuk biaya hidup, kemudian bantuan sosial dari Program Lansia yang pengajuannya tahun 2017. Kakek Kosa sudah menerimanya tahun 2018.

Sedangkan, terkait kendala dalam Kartu Keluarga (KK) yang masih menyatu dengan mantan istrinya, pihak desa akan membantu untuk memperbaiki data tersebut.

“Nanti kita coba untuk membantu membetulkan datanya ke kepala dusun setempat,” pungkas Budi.

Kakek tua yang tinggal bersama ayam peliharaan itu tidak bisa mendapatkan bantuan perbaikan rutilahu dari pemerintah. Alasannya karena gubuk yang Kakek Kosa tinggali tanahnya bukan milik sendiri.

Kemudian, dalam pengajuan bantuan sosial untuk Kakek Kosa juga terkendala oleh posisi tempat tinggalnya yang tidak sesuai dengan alamat KTP. (Sandi/R3/HR-Online)

Editor : Eva