Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruPengertian Besaran dan Satuan, Konsep dan Penggunaannya

Pengertian Besaran dan Satuan, Konsep dan Penggunaannya

Pengertian besaran dan satuan merupakan hal dasar yang perlu kita kaji lebih dalam untuk ilmu fisika. Seperti tidak bisa terpisahkan besaran ini memiliki pengaruh utama dalam pengukuran.

Pengukuran sendiri sudah sangat lekat dengan kehidupan kita. Kita kerap mengidentifikasi sesuatu tanpa lepas dari kata berat, ringan, panjang, pendek, atau lainnya. 

Tentu, sebelum bisa mengidentifikasi tersebut, Anda sudah membandingkannya terlebih dahulu dengan alat ukur. Dulunya, kita hanya bisa mengukur dengan jengkal, hasta, atau langkah. 

Akan tetapi seiring perkembangan zaman, meteran dan timbangan hadir untuk mengukur besaran dan satuan suatu benda. Lantas, apa definisi yang sebenarnya dari kedua istilah ini? 

Baca Juga: Pengertian Laju Reaksi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Besaran dan Satuan yang Penting untuk Diketahui

Karena mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan, mari kita lihat lebih dalam tentang besaran dan satuan. Definisi besaran bisa kita artikan sebagai segala sesuatu yang bisa kita ukur. 

Besaran juga mempunyai satuan tertentu dan mempunyai nilai yang dinyatakan dengan angka. Sementara, satuan memiliki definisi sebagai sebuah pernyataan yang menerangkan arti suatu besaran. 

Dengan kata lain, satuan merupakan pembanding dalam pengukuran. Nantinya, satuan akan menjadi acuannya.

Melihat keterangan tersebut, ada hal yang hal yang mengaitkan antara pengertian besaran dan satuan. Dimana satuan adalah salah satu elemen dari besaran yang berfungsi sebagai standar pengukuran besaran.

Sedangkan sesuatu bisa kita sebut sebagai besaran apabila sesuatu tersebut diukur dan mempunyai nilai serta satuan. Nilai disini adalah pernyataan dengan angka.

Kebalikannya, hal yang tidak mempunyai satuan tidak bisa sebut sebagai besaran. Meskipun benda tersebut bisa kita ukur dan kita nyatakan dengan angka.

Baca Juga: Energi Potensial Listrik, Begini Pengertian dan Penerapannya

Bagian Pengelompokan Besaran dan Satuan

Pengelompokan pengertian besaran dan satuan ini terbagi menjadi dua kelompok, yakni besaran pokok dan besaran satuan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak dengan seksama penjelasan di bawah ini

Melansir Wikipedia, definisi besaran pokok merupakan besaran yang satuannya telah kita ketahui sejak awal atau sudah ditetapkan sesuai Satuan internasional (SI). Mengikuti besaran pokok, maka satuannya juga kita sebut sebagai satuan pokok. 

Ada 7 besaran yang termasuk ke dalam besaran pokok. Pertama, Panjang (l) satuan pokoknya adalah meter (m), Massa (m) satuan pokoknya kilogram (kg).

Waktu (t) satuan pokoknya sekon (s), Temperature (T) satuan pokoknya adalah Kelvin (K). Kuat arus listrik (I) satuan pokoknya ampere (A), Intensitas Cahaya (I) satuan pokoknya adalah candela (cd). Terakhir, ada besaran jumlah zat (n) dengan satuan pokonya  mol (mol).

Pengertian besaran dan satuan juga masih ada tergabung ke dalam besaran turunan. Definisi besaran turunan ini adalah besaran hasil turunan dari besaran pokok, atau besaran yang merupakan penjabaran dari besaran pokok. 

Dalam artian lain, besaran turunan ini berisi beberapa satuan besaran pokok. Di bawahnya ini beberapa contoh dari besaran turunan.

Luas (A) satuannya adalah m², Volume (V) satuannya m³, Kecepatan (v) satuannya m/s. Percepatan (A) satuannya m/s², Momentum (P) satuannya kg m/s, Gaya (F) satuannya kg m/s², dan Daya listrik (J) satuannya adalah kg m²/s³.

Contoh Penggunaan Pengertian Besaran dan satuan

Besaran dan satuan sudah sering sekali kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya, dalam pengukuran tersebut, juga akan menggunakan satuan yang sudah sesuai ketetapan di atas.

Dalam kehidupan sehari-hari, yang paling banyak kita pakai adalah besaran pokok. Contohnya seperti panjang, massa, waktu, temperatur, ataupun arus listrik. Namun bukan berarti besaran turunan tidak mempunyai pemanfaatan.

Ketika Anda menggunakan penggaris untuk mengerjakan tugas sekolahan, biasanya menentukan panjang, itu artinya Anda sudah mengimplementasikan materi fisika ini. Untuk yang besaran turunan, pemanfaatannya lebih terpakai untuk mengukur alat pipet tetes atau gelas ukur dalam menentukan volume.

Sedangkan penggunaan pengertian besaran dan satuan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata juga sudah kerap kita lakukan di pasar. Orang-orang pasar sudah familiar menyebut satuan besaran massa.

Misalnya, “Bu, saya ingin membeli kentangnya, 1 kg (kilogram)”. Kg disini sudah termasuk ke dalam salah satu bentuk satuan dalam SI.

Di sisi lain, ada satuan tidak baku yang juga sudah banyak orang gunakan. Contohnya adalah dalam mengukur panjang, mereka terkadang menggunakan jengkal atau atau langkah.

Namun hal ini akan melahirkan pengukuran yang tidak sama. Maka dari itulah, satuan baku sudah banyak orang manfaatkan dan menjadi pilihan.

Sudah memahami pengertian besaran dan satuan, bukan? Tentunya hal ini akan lebih mudah daripada Anda tidak pernah membacanya sama sekali. Semoga bermanfaat. (R10/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img