Kamis, Mei 19, 2022
BerandaSainsPengertian Bioma dan Contohnya dengan Ciri-Ciri Lengkap, Apa Saja?

Pengertian Bioma dan Contohnya dengan Ciri-Ciri Lengkap, Apa Saja?

Pengertian bioma dan contohnya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan ekosistem. Jika ekosistem adalah hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya, sementara bioma hanya mempelajari hubungan timbal balik makhluk hidup dengan benda hidupnya saja.

Bioma merupakan wilayah yang luasnya melebihi besarnya luas ekosistem. Di dalam sebuah bioma tinggal flora atau fauna yang dominan dan menjadi ciri khas atau penyebab terjadinya bioma.

Apabila Anda bertandang ke penjuru dunia, Anda akan menemukan gurun kering yang hanya ada sedikit tumbuhan. Sementara banyak kaktus yang hidup di sana, atau Anda akan menjumpai di mana ada wilayah hutan yang mempunyai suhu lembab.

Wilayah bumi yang mempunyai perbedaan spesifik itulah yang akhirnya dinamakan bioma. Untuk spesifikasi yang paling mendominasi dan umum adalah dari vegetasi utama yang menghuni.

Baca Juga: Sifat Koligatif Larutan, Pengertian, Jenis, dan Penerapannya

Pengertian Bioma dan Contohnya, Apa Saja?

Definisi bioma merupakan persebaran flora dan fauna darat yang bisa dipelajari melalui sistem atau ciri khasnya. Beberapa bioma lahir lantaran vegetatif paling banyak menghuni, namun juga ada yang terbentuk karena iklim yang dimiliki.

Meski demikian bioma berbeda dengan zona flora dan fauna. Bioma ini tidak diklasifikasikan karena ada persamaan genetik, taksonomi, maupun sejarah munculnya. Di bawah ini merupakan jenis-jenis bioma.

Bioma Stepa

Merupakan bioma yang flora dominannya adalah rumput sehingga kerap juga disebut padang rumput. Bioma ini banyak tersebar di daerah yang tidak mempunyai curah hujan tinggi.

Pengertian bioma dan contohnya dari jenis stepa ini adalah padang Gibson di Australia, Gurun Sahara di Afrika Utara. Bioma akan lebih banyak kita temui di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Ciri utamanya adalah kelembaban udaranya rendah, dan tidak mengandung pasir sehingga cenderung tandus. Curah hujan juga relatif rendah yakni 25mm/tahun. Di Indonesia juga tersebar beberapa bioma, seperti di Yogyakarta dan Nusa Tenggara.

Bioma Hutan Hujan Tropis

Merupakan bioma yang mempunyai vegetasi flora dan fauna paling beragam. Dengan tanah yang tergolong subur, hutan hujan tropis terkenal sebagai hutan belantara yang mempunyai golongan banyak hewan aneh terbanyak.

Pengertian bioma dan contohnya dari hutan hujan tropis ini memang paling sedikit persebarannya di bumi, sekitar 2% saja. Menariknya, di jumlah yang hanya sedikit tersebut, 50% flora dan fauna tinggal di sana. Inilah yang menjadikan hutan hujan tropis sangat beragam.

Bioma hutan hujan tropis terbesar ada di Brazil, Kongo, dan Indonesia yang menempati urutan terbesar ketiga. Di bioma ini kerap terjadi hujan dan merata sepanjang tahun, kebanyakan terdapat di sekitar garis khatulistiwa.

Baca Juga: Pengertian Besaran dan Satuan, Konsep dan Penggunaannya

Bioma Tundra

Bioma Tundra merupakan bioma yang mendominasi rumput serta tumbuhan kerdil, terutama lumut. Tundra banyak terdapat di daerah yang mempunyai suhu dingin dengan jenis hujan yang berbeda, seperti daerah kutub.

Bioma Sabana

Pengertian bioma dan contohnya adalah Sabana. Sabana merupakan bioma yang tidak banyak tumbuhan melainkan hanya sekedar padang rumput atau pohon kecil.

Bioma sabana terbagi menjadi dua jenis di bumi ini, pertama adalah sabana dengan tumbuhan yang masih asli atau sabana asli. Sedangkan sabana campuran merupakan sabana yang sudah tumbuh pula beberapa tumbuhan tidak asli.

Sabana kerap terdapat di daerah khatulistiwa dengan curah hujan yang sedang. Dalam segi drainase, suhu serta kelembaban juga terbilang sedang atau cukup baik.

Bioma Hutan Gugur

Bioma dengan curah hujan merata berkisar di 75-1.000 mm/tahun serta beriklim sedang merupakan pengertian bioma dan contohnya dari Hutan Gugur. Hutan gugur ini mempunyai empat musim panas, dingin, gugur dan semi.

Keberadaannya di wilayah Kepulauan Inggris dan benua Amerika. Tumbuhan di bioma ini sangat jarang. Tumbuhnya adalah pohon yang besar dengan ciri hijau di musim dingin dan gugur ketika panas.

Pengertian Bioma dan Contohnya yang Terluas

Taiga merupakan bioma terluas di muka bumi, letaknya ada di Rusia dan Kanada. Ciri khas dari bioma Taiga adalah tumbuhan utamanya berjenis konifer. Tidak heran jika taiga juga terkenal dengan nama hutan konifer.

Pohon konifer memiliki daun berbentuk jarum. Di bagian luarnya tahan akan kekeringan lantaran mengandung zat lilin. Contohnya seperti alder, juniper, spruce, hingga birch.

Pengertian Bioma dan contohnya di atas juga bisa kita sebut sebagai komunitas ekologi utama organisme yang kemudian menghabitatkan diri pada kondisi iklim dan geografis bumi yang mempunyai kriteria tertentu. (R10/HR Online)

- Advertisment -