Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruPengertian Energi Mekanik Serta Contoh Penerapannya

Pengertian Energi Mekanik Serta Contoh Penerapannya

Pengertian energi mekanik yang terdapat dalam ilmu fisika penting kita pahami. Energi merupakan kemampuan untuk dapat melakukan suatu pekerjaan atau usaha. Pada dasarnya, energi sudah tersedia di alam.

Segala sesuatu yang tersedia di alam dan memiliki energi bernama sumber energi. Energi memang tidak dapat tercipta atau bahkan musnah, namun bisa berubah bentuknya. Mengubahnya dari bentuk energi yang satu ke bentuk energi lainnya.

Hal tersebut terkenal dengan hukum kekekalan energi. Pada setiap kegiatan, seperti mendorong meja, mengangkat barang, serta berlari, tentunya akan membutuhkan energi.

Energi memiliki banyak jenisnya, namun yang paling utama yaitu energi kinetik dan energi potensial. Penggabungan dari energi kinetik dan energi potensial populer dengan energi mekanik.

Baca Juga: Pengertian Energi Kinetik, Jenis dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

Ketahui Pengertian Energi Mekanik

Energi mekanik merupakan jumlah total dari energi kinetik dan energi potensial. Selain itu, dapat juga mengartikannya dengan kemampuan dalam melakukan usaha atau mengakibatkan perubahan sebagai energi mekanik.

Melansir Wikipedia, energi tersebut diasosiasikan dengan gerak dan posisi dari suatu objek. Asas energi mekanik mengungkapkan bahwa dalam sistem terisolasi terdapat gaya konservatif, maka besar energi mekaniknya konstan.

Energi mekanik memiliki sifat yang terbilang cukup unik. Pada pengaruh gaya konservatif, jumlah energinya akan selalu sama meskipun nilai dari energi potensial dan energi kinetiknya berbeda.

Contoh Penerapan Energi

Contoh dari pengertian energi mekanik dapat terlihat saat sebuah palu terangkat ke atas. Kemudian memukulkannya pada paku. Hal itu akan menyebabkan paku tersebut masuk ke dalam sebatang balok kayu.

Seperti yang diketahui, pada benda yang tampak diam menyimpan energi potensial. Sama halnya dengan sebuah palu, terlebih saat palu terangkat lebih tinggi. Nantinya akan menghasilkan energi potensial yang lebih besar.

Pada saat ini, sebuah palu tidak memiliki energi kinetik, hanya energi potensial. Sehingga agar paku masuk ke dalam balok kayu, tentunya harus mengangkat palunya ke atas. Hal itu akan meningkatkan energi potensialnya, karena posisi palu menjadi lebih tinggi.

Kemudian palu akan bergerak ke bawah dengan kecepatan tertentu untuk mendorong masuknya paku ke dalam balok. Lantas tampak adanya energi kinetik saat memukul paku.

Adanya penggunaan energi saat palu memasukkan paku ke dalam sebuah balok kayu, hal itu terdapat perpaduan energi potensial dan energi kinetik. Dengan kata lain, hal ini merupakan suatu pengertian dari energi mekanik.

Pada contoh lainnya, sebuah mangga yang matang di pohon. Mangga saat masih berada di pohon memiliki energi potensial karena posisinya. Namun juga tidak memiliki energi kinetik karena sedang diam.

Pada saat mangga tersebut telah matang dan jatuh, energi potensialnya menjadi berkurang karena perubahan posisi. Kemudian terjadi peningkatan energi kinetik karena kecepatannya bertambah.

Baca Juga: Energi Potensial Listrik, Begini Pengertian dan Penerapannya

Kekekalan Energi

Menurut definisi hukum kekekalan energi mekanik, suatu energi tidak ada yang mampu untuk menciptakan maupun memusnahkannya. Hingga pada beberapa jenis gaya eksternal seperti gaya gesekan atau non-konservatif diterapkan.

Dengan kata lainnya, pada pengertian energi mekanik total suatu sistem yaitu kekal. Sehingga perubahan energi hanya dapat dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Anda tentunya dapat mendefinisikannya sebagai hukum kekekalan energi. Hal tersebut juga merupakan hukum pertama termodinamika.

Sumber Energi

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa pengertian energi mekanik merupakan energi dalam konversi. Oleh karena itu, terdapat banyak perangkat yang pada dasarnya dapat mengubah suatu energi mekanik. Sehingga nantinya akan menjadi bentuk energi lain atau sebaliknya.

Pada dasarnya, jenis perangkat ini termasuk dalam definisi sumber energi mekanik yang berbeda. Seperti pada sebuah mesin pembakaran internal, terjadinya perubahan energi kimia bahan bakar menjadi energi mekanik.

Pada motor listrik, terjadi perubahan energi listrik menjadi energi mekanik. Pembangkit listrik tenaga air mengubah energi mekanik atau potensial air menjadi energi listrik. Sedangkan pada mesin uap mengubah energi panas uap menjadi energi mekanik. Tidak hanya itu saja, namun masih banyak bentuk perubahan energi yang lainnya.

Pada ilmu fisika, pengertian energi mekanik merupakan gabungan dari energi kinetik dan energi potensial. Sehingga energi mekanik tentunya terkait dengan benda yang memiliki gerak dan posisi. (R10/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img