Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Gempa Swarm, Penyebab dan Pentingnya Edukasi Warga

Pengertian Gempa Swarm, Penyebab dan Pentingnya Edukasi Warga

Pengertian Gempa Swarm yang beberapa kali terjadi di wilayah tanah air ini cukup mengkhawatirkan. Karena kejadian ini intensitasnya mencapai puluhan kali dan berulang.

Tanah air sendiri memang memiliki kondisi yang berada di lempengan dan gunung berapi. Maka fenomena gempa bumi sudah jadi hal yang sangat biasa.

Baca juga: Pengertian Rotasi Bumi dan Berbagai Akibat yang Ditimbulkan

Namun warga tanah air sendiri tidak memiliki informasi terkait dengan jenis gempa dan apa yang jadi penyebabnya. Sehingga kita hanya terbiasa mendapatkan edukasi untuk menyelamatkan diri.

Sebenarnya apa gempa swarm itu dan apa yang menjadi penyebabnya? Supaya Anda tidak penasaran simak info selengkapnya berikut ini.

Pengertian Gempa Swarm Itu Apa Sih?

BMKG melansir bahwa gempa jenis ini merupakan rangkaian dari pergeseran atau gempa yang bermagnitudo kecil. Namun untuk frekuensinya cukup sering dan dalam waktu yang lama pada sebuah wilayah.

Tidak perlu khawatir gempa seperti ini tidak akan terjadi dan berpotensi menjadi gempa besar. Jadi hanya gempa kecil yang berulang lama.

Hal ini memang membuat orang akan mudah panik dan resah karena adanya gempa susulan. Meski hanya bermagnitudo kecil sekalipun, kita pasti akan merasakan kepanikan jika terjadi berkali-kali.

Bahkan dalam datanya hingga saat ini, gempa swarm bisa terjadi bahkan berulang sampai berhari-hari. Juga berbulan-bulan menjadi bertahun-tahun dalam skala tertentu.

Penyebab Gempa Swarm

Pengertian Gempa Swarm memberikan kita gambaran bahwa jenisnya yang berulang dan kecil tidak terlalu berbahaya. Hanya saja memang menimbulkan kepanikan berulang yang tidak tertebak sama sekali.

Untuk penyebab gempa jenis ini kita pasti menduganya berasa dari sebuah kejadian yang lebih parah. Namun sebenarnya gempa jenis ini terkait dengan transpor fluida, migrasi magma dan intrusi magma.

Baca juga: Asal Muasal Terbentuknya Benua dan Samudra, Bagaimana Sejarahnya?

Maka terjadilah deformasi batuan bawah permukaan pada zona gunungapi. Bahkan jenis gempa yang satu ini banyak terjadi dari keterkaitan dengan aktivitas gunung api.

Namun memang terdapat data yang menunjukan bahwa penyebab gempa ini tidak ada kaitan dengan aktivitas tektonik secara murni. Bahkan gempa ini memiliki zona aktif pada kawasan batuan yang rapuh untuk menjadi retakan.

Kapan Gempa Swarm Terjadi Pertama Kali?

Setelah mengetahui pengertian gempa swarm, perlu juga mengetahui kapan fenomena alam ini pertama kali terjadi. Awalnya tahun 2016 terjadi gempa swarm ini, lokasi tepatnya berada di California Selatan. Meski tidak terjadi berulang setiap hari, namun memberikan getaran kecil yang terasa.

Sehingga getaran yang bergemuruh akhirnya berlipat ganda dari bulan ke bulan. Tercatat pada tahun 2018 sudah ada ribuan kali gempa yang memberikan efek cukup lumayan.

Pasalnya hal ini terjadi hampir tiga setengah tahun lamanya. Tentu saja ilmuwan meneliti dan masih memiliki tanda tanya besar terkait penyebabnya.

Kronologi dari yang getaran kecil membesar dan berlipat ganda ini cukup membahayakan. Hingga akhirnya bisa berhenti namun belum terungkap apa yang jadi penyebabnya.

Apakah Gempa Swarm Terjadi di Tanah Air?

Nah setelah memahami pengertian dan penyebab jenis gempa ini. Tentu akan timbul pertanyaan apakah fenomena alam ini terjadi di tanah air?

Jawabannya tentu saja iya, karena tanah air memiliki gunung aktif yang tergolong banyak daripada negara lainnya. Pengertian Gempa Swarm saja sudah mengacu pada aktivitas tektonik dari gunung api.

Indonesia sudah mengalami beberapa kali gempa di berbagai daerahnya. Bahkan tahun ini saja sempat terjadi total 63 kali untuk daerah Samosir, Sumatera Utara.

Kejadian ini membuat masyarakat resah namun tidak membahayakan bangunan sama sekali. Namun memang perlu adanya kewaspadaan untuk kejadian yang terus berulang nantinya.

Pentingnya Edukasi Mengenai Pengertian Gempa Swarm

Karena memiliki kemungkinan terjadi jenis gempa seperti ini di tanah air. Tentu kita perlu memperkaya edukasi mengenai berbagai jenis gempa, salah satunya gempa swarm.

Baca juga: Jenis-jenis Bencana Alam Secara Umum

Hal ini akan sangat berguna untuk membentengi diri dari rasa panik dan juga penanganannya. Keselamatan dan kewaspadaan memang sama pentingnya untuk bencana tertentu.

Nah kita sebagai kawula muda membutuhkan edukasi seperti ini untuk membagikannya pada orang sekitar. Paling tidak keluarga atau teman, untuk menyiasati apabila terjadi.

Tidak perlu panik dan segera mencari perlindungan apabila getaran semakin besar dan berbahaya. Tindakan panik tidak akan memberikan keuntungan apapun untuk kita jadi tetap tenang dan kuasai.

Pengertian Gempa Swarm jadi informasi penting untuk warga tanah air. Apalagi untuk wilayah berpotensi seperti sekitar gunung api aktif. (R10/HR-Online)