Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Sel Punca, Pembahasan dan Kemungkinan Bidang Medis

Pengertian Sel Punca, Pembahasan dan Kemungkinan Bidang Medis

Pengertian Sel Punca berkaitan dengan medis yang menarik untuk kita pelajari. Menurut para peneliti medis, mereka memiliki keyakinan terkait dengan kemungkinan sel punca untuk membantu memberikan perbaikan dalam bidang kesehatan.

Sel yang satu ini sudah mulai masuk dalam penelitian sejak tahun 1960 an hingga saat ini. dahulu hanya oleh ilmuwan asal Kanada bernama Ernest A. McCulloch dan James E. Till.

Hingga kini Indonesia sudah meneliti sel ini juga. Tentu hal menjadi menarik jika nantinya sel ini dapat membantu manusia untuk memajukan kesehatan.

Melalui berbagai penelitian yang menunjukkan hal positif. Selain itu kita akan membahasnya lebih jauh lagi untuk Anda yang penasaran.

Baca Juga: Pengertian Dari Sel, Jenis dan Fungsinya untuk Makhluk Hidup

Ini Dia Pengertian Sel Punca

Melansir Wikipedia, Stem cell merupakan penyebutan sel ini dalam bahasa Inggris. Biasanya ada yang menyebutnya sebagai sel batang atau sel induk yang belum berdiferensiasi.

Potensi tingginya untuk bisa berkembang biak memberikan jenis sel dalam tubuh. Ketika sel ini terbelah maka akan hadir menjadi jenis lain serta fungsi khususnya.

Hal ini menjadi menarik bukan untuk kita amati. Sebuah sel yang memiliki fungsi ketika membelah bisa membentuk sel baru dengan fungsi berbeda pula.

Tentu akan menguntungkan tubuh yang ia huni. Maka dari itu banyak peneliti yang dibuat menjadi penasaran terkait sel punca ini.

Fungsi Sel Punca

Selanjutnya kita akan membahas terkait dengan fungsi sel yang satu ini. Pada dasarnya mereka memiliki fungsi untuk memperbaiki dan mengganti sel tubuh yang rusak.

Hal seperti ini bertujuan untuk kelangsungan hidup dari organisme tersebut. Maka ketika pembelahan diri dari sel tersebut mereka akan menjadi sel baru dengan fungsi khusus.

Misalnya pada sel otot, sel otak bahkan sel darah merah. Mereka akan menjadi sel yang membantu tubuh dalam mengorganisir bagian tertentu.

Memberikan keuntungan bagi kelangsungan dan kesehatan manusia atau makhluk tersebut. Sungguh luar biasa untuk kita bayangkan.

Baca Juga: Fungsi Kloroplas pada Sel Tumbuhan dan Pengertian Lengkapnya

Lembaga yang Mengolah Sel Punca di Indonesia

Pengertian Sel Punca tadi membawa kita kepada pembahasan lembaga yang menangani masalah ini. terdapat dua lembaga besar yang mengolahnya.

Pertama yaitu ITD atau Institute of Tropical Diese, Universitas Airlangga dan Kalbe Farma. Keduanya memiliki wewenang untuk melakukan penelitian secara medis terkait dengan sel yang satu ini.

Secara nasional mereka telah menetapkan 20 jenis penyakit. Namun dari semuanya hanya 5 yang berhasil mereka kembangkan secara massal.

Maka masih ada 15 yang belum berhasil untuk pengembangannya. Dunia medis akan terus berkembang dan penelitian akan terus berlangsung semakin maju ke depannya.

Meski peneliti yakin bahwa sel ini memiliki potensi untuk mengubah penyakit manusia menjadi jaringan atau organ tertentu. Hingga kini masih belum terwujud, kita masih menunggu hal ini terjadi.

Sifat Sel Punca

Pengertian Sel Punca berkaitan dengan sifatnya yang paling penting. Karena kedua hal ini cukup unik dan tidak terjadi pada sel jenis lainnya.

Pertama sel yang satu ini ternyata memang belum masuk dalam spesialisasi fungsi. Namun ia mampu untuk memperbaharui diri dengan membelah sel. Meskipun sel tersebut tidak aktif dalam waktu yang sangat lama sekali.

Bahkan sifat keduanya ini sangat unik, pada sebuah situasi sel ini dapat diinduksi menjadi sel fungsi lainnya. Misalnya seperti sel jaringan atau sel organ yang memiliki tugas yang khusus tersendiri.

Dalam sebuah kejadian ketika sumsum tulang dan darah tali pusar, sel punca tersebut secara teratur membelah diri. Dengan ini mereka secara aktif memperbaiki jaringan yang ada dan telah rusak tersebut. Namun beberapa organ seperti hati atau pankreas hanya bisa pada kondisi tertentu saja.

Jenis Sel Punca

Pengertian Sel Punca memberikan kita pemahaman baru bukan? Dari tugas jenisnya yaitu sel punca embrionik, sel punca somatik dan sel punca pluripoten terinduksi.

Semua memiliki kemampuan untuk terspesialisasi berbeda. Sangat unik dan menarik untuk masuk dalam studi yang lebih maju nantinya.

Kemungkinan dalam membantu dalam bidang medis menjadi pertimbangan utama penelitian dari sel Punca ini. Tidak hanya untuk pengobatan secara medis namun bahkan untuk transplantasi. Pengertian Sel Punca memberikan kita gambaran seperti apa manfaat jenis sel yang satu ini. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -