Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab iPhone Stuck Logo Ketahui Segera Agar Dapat Teratasi

Penyebab iPhone Stuck Logo Ketahui Segera Agar Dapat Teratasi

Penyebab iPhone stuck logo cukup sulit untuk memastikannya. Smartphone yang stuck logo lebih dikenal dengan istilah bootloop. Masalah ini sebenarnya cukup sering terjadi. Namun ternyata masalah semacam itu tidak hanya terjadi pada android saja.

Bahkan iPhone juga dapat mengalaminya hal serupa. Anda tentu ingin mengetahui penyebabnya sehingga dapat segera mengatasi masalah tersebut bukan?  

iPhone yang mengalami stuck logo Apple menjadi pertanda adanya kendala. Kendala yang terjadi tersebut kemungkinan karena iOS merasakan adanya “perbedaan” dalam sistemnya. Seperti halnya iOS merasakan terjadinya  konslet ringan pada bagian mesin.

Untuk dapat menyelamatkan iPhone agar tidak mati total, maka iOS akan masuk ke dalam mode “stuck logo” tersebut. Ciri-ciri iPhone akan “stuck” bisa terlihat pada loading bar dan tidak akan masuk ke home screen seperti biasanya.

Sebenarnya cukup sulit bagi pengguna untuk menentukan dengan tepat apa yang jadi penyebabnya. Ada berbagai penyebab yang mengakibatkan kondisi iPhone stuck logo. Apa saja itu?

Baca Juga: Touch ID iPhone Rusak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengupdate iOS Versi Terbaru

Update iOS ke versi terbaru termasuk hal yang disarankan agar dapat memaksimalkan kinerja smartphone dan menjadikannya lebih optimal.

Namun seringkali pada saat melakukan proses update tidak berjalan sesuai harapan. Bahkan hasil sistemnya tidak sempurna dan saat menyalakannya hanya muncul stuck logo Apple saja.

Error Saat Transfer Data ke HP Baru

Terdapat sebuah fitur iPhone untuk mentransfer data-data penting dari HP lama ke HP baru. Fitur ini bisa memudahkan Anda saat berganti perangkat.

Penyebab iPhone stuck logo kemungkinan terjadinya error saat transfer data. Proses pemindahan data perlu Anda lakukan hati-hati, sehingga tidak mengakibatkan kerusakan pada sistemnya.

Kerusakan Hardware iPhone

Stuck logo iOS tidak hanya karena error pada softwarenya. Kemungkinan lain akibat kerusakan pada hardware. Seiring penggunaan smartphone, tentu terdapat komponen yang usang dan performanya menurun. Ini akan memberikan dampak tersendiri pada kemampuan iPhone Anda.

Apabila terdapat salah satu komponen yang tidak normal,  maka akan mengganggu keseluruhan sistem. Akibatnya iPhone tidak dapat booting dengan sempurna.

Baca Juga: Penyebab IC Baseband iPhone Rusak, Akibatkan Hilang Sinyal pada HP

Melakukan Jailbreak iPhone

Apabila pada android Anda mengenal dengan istilah root, maka pada iOS terdapat istilah jailbreak. Meski berbeda, namun maksud keduanya kurang lebih sama, tujuannya untuk memberikan kebebasan kepada penggunanya dalam mengelola perangkat.

Meski jailbreak hanya memiliki sifat yang sementara, namun ini termasuk mengedit sistem operasinya juga.Apabila terjadi  kesalahan pada saat jailbreaking, bisa menjadi  penyebab iPhone stuck logo sehingga dapat mengakibatkan error sistem.

Cara Mengatasinya

Apabila iPhone Anda mengalami stuck logo, terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Setelah mengetahui penyebab iPhone stuck logo Anda bisa mencoba cara tersebut agar masalahnya segera teratasi.

Perbaiki Software iPhone

Anda dapat mencoba dengan memperbaiki software melalui aplikasi iTunes yang ada di komputer. Cara tersebut juga biasa dikenal dengan istilah “recovery mode”.

Apabila Anda belum mengetahui cara melakukan recovery mode iPhone Anda dapat mengecek tutorialnya melalui website resmi Apple untuk Anda jadikan acuan. Pilihan lainnya dengan menggunakan jasa service software iPhone jika tidak ingin mencoba melakukan recovery mode sendiri.

Baca Juga: Assistive iPhone Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebab dan Solusi Tepatnya

Service Mesin iPhone

Apabila Anda sudah mencoba memperbaiki software iPhone, namun belum juga kembali normal. Kemungkinan penyebab iPhone stuck logo ini karena terdapat kerusakan pada bagian mesin atau pada komponen kecil logic board iPhone.

Untuk dapat mengetahui komponen yang mengalami masalah memang tidak mudah. Anda perlu mengecek terlebih dahulu secara teliti dan detail.

Sebaiknya pengerjaan service mesin iPhone ini menggunakan jasa yang sudah ahli. Sehingga hasilnya akan jauh lebih baik dan tidak bermasalah lagi di kemudian hari.

Menggunakan Bantuan dari Jasa Spesialis

Apabila Anda sedang terburu-buru dan menginginkan iPhone segera normal dengan waktu yang cepat. Anda dapat menggunakan bantuan dari jasa spesialis service iPhone, tentunya bukan hanya sembarang teknisi.

Jasa spesialis akan mengecek secara lebih teliti apa yang menjadi penyebab iPhone stuck logo. Selain itu, jasa spesialis juga akan mencarikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Iphone Anda akan kembali normal seperti semula. (R10/HR-Online)