Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kemandulan pada Wanita yang Sebaiknya Anda Kenali

Penyebab Kemandulan pada Wanita yang Sebaiknya Anda Kenali

Penyebab kemandulan pada wanita bisa terjadi karena berbagai faktor. Termasuk dari kebiasaan dan gaya hidup yang kita jalani. Sayangnya, tak sedikit wanita yang tidak menyadari kebiasaannya itu justru membuat atau memicu kemandulan.

Kemandulan atau infertilitas, mengutip dari Wikipedia, merupakan tidak berhasilnya atau kegagalan terjadinya pembuahan dalam proses reproduksi. Kegagalan inilah yang membuat tidak terbentuknya janin dalam rahim wanita.

Infertilitas menunjuk pada ketidakmampuan pasangan, bisa pada suami, istri, atau keduanya dalam memiliki keturunan.

Kondisi kemandulan bersifat kompleks yang melibatkan aspek biologis, psikis, hingga kondisi kesehatan masing-masing pasangan.

Ada beberapa aspek yang menjadi penyebab wanita bisa mengalami kemandulan. Sehingga rahim tidak bisa memberikan kesempatan bagi sperma dalam membuahi sel telur secara sempurna.

Dari berbagai faktor penyebab tersebut, ada yang bisa kita cegah agar tidak mengakibatkan kemandulan permanen. Karena itu penting mengenal kondisi infertilitas agar ada penanganan yang lebih efektif.

Baca Juga : Penyebab Infertilitas Pada Pria dan Wanita dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kemandulan pada Wanita

Setiap wanita tentunya ingin bisa memasuki gerbang pernikahan dan memiliki keturunan. Hanya saja ada beberapa kasus wanita yang mengalami kemandulan. Berikut ini berbagai faktor penyebab kemandulan pada wanita yang sebaiknya Anda tahu.

Kebiasaan Kurang Baik

Ada beberapa kebiasaan wanita yang kurang baik dan dapat menjadi penyebab seorang wanita mengalami kemandulan.

Beberapa kebiasaan kurang baik tersebut antara lain seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, dan kebiasaan buruk lainnya.

Jika memang ingin hamil, wanita yang memiliki kebiasaan kurang baik tersebut wajib mengurangi, dan jika perlu menghindari kebiasaan itu secara keseluruhan.

Gangguan Ovulasi

Beberapa persen wanita ada yang mengalami gangguan ovulasi. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab kemandulan pada wanita, sehingga tidak bisa memiliki keturunan.

Baca Juga : Tak Kunjung Hamil? Kenali Ciri Wanita Mandul Berikut

Penyebab kemandulan yang satu ini terjadi karena hormon reproduksi yang pengaturannya tidak sempurna, hipotalamus. Atau kelenjar pituitary yang bermasalah, dan bisa juga masalah ovarium yang mengakibatkan ovulasi terganggu.

Gangguan PCOS

Terjadinya PCOS menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang, dan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap ovulasi. Kondisi ini juga menjadi salah satu aspek yang menyebabkan seorang wanita mengalami kemandulan.

Resistensi insulin dan obesitas, pertumbuhan rambut secara abnormal pada wajah atau tubuh, dan jerawat menjadi salah satu hal yang sering terkait sebagai penyebab PCOS pada wanita.

Endometriosis

Faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab kemandulan pada wanita adalah endometriosis. Penyakit ini terjadi ketika jaringan yang biasanya tumbuh dalam rahim, tumbuh pada lokasi yang lain.

Pertumbuhan jaringan secara ekstra ini bisa kita atasi dengan operasi pengangkatan. Akan tetapi operasi pengangkatan pada orang yang mengalami endometriosis dapat menghalangi saluran tuba.

Baca Juga : Gejala Penyakit PCOS, Penyebab dan Pantangan Makanannya

Kondisi ini dapat mencegah telur serta sperma bersatu, sehingga kesulitan kehamilan akan terjadi.

Tumor Jinak

Fibroid atau mioma merupakan jenis tumor jinak yang sering kita temukan pada rahim. Sebagian besar orang yang mengalami tumor jinak jenis apapun itu seringkali mengalami masalah kesuburan.

Hal tersebut terjadi karena beberapa dari tumor jinak memblokir saluran tuba, dan mengganggu terjadinya implantasi yang sangat berpengaruh terhadap kesuburan. Serta menjadi penyebab wanita mengalami kemandulan.

Meski begitu, beberapa wanita yang mengalami tumor jinak juga bisa mendapatkan kehamilan.

Memiliki Prolaktin Terlalu Banyak

Penyebab kemandulan pada wanita lainnya jika memiliki prolaktin terlalu banyak. Hiperprolaktinemia merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika kelenjar pituitari memproduksi prolaktin secara berlebih.

Prolaktin pada akhirnya mengurangi produksi estrogen dan menjadi penyebab wanita mengalami kemandulan.

Terkait dengan masalah kelenjar pituitary, biasanya berkaitan dengan obat yang kita minum untuk penyakit lain.

Oleh sebab itu mulai dari sekarang dalam mengonsumsi obat harus berhati – hati dan harus berkonsultasi dulu dengan dokter dan wajib mengonsumsi sesuai anjuran dosisnya.

Usia

Kuantitas dan kualitas sel telur wanita akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia.

Ketika sudah memasuki usia 30-an tahun, folikel dalam sel telur dapat hilang dengan begitu cepat. Sehingga kualitasnya akan kurang baik dari wanita yang usianya masih kurang dari 30 tahun.

Hal ini yang pada akhirnya menjadikan proses konsepsi jauh lebih sulit dan meningkatkan terjadinya keguguran pada wanita dengan kehamilan setelah 30 tahun.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kemandulan pada wanita. Pastikan Anda berusaha semaksimal mungkin menjaga kesehatan rahim Anda.

Hindari juga kebiasaan kurang baik untuk mencegah kemandulan dan meningkatkan kesuburan rahim. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -