Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Ban Bias dan Radial Sesuai Kebutuhan Pengguna

Perbedaan Ban Bias dan Radial Sesuai Kebutuhan Pengguna

Perbedaan ban bias dan radial bisa terlihat dari berbagai sisi. Anda bisa melihatnya dengan cara sederhana dan sangat berdampak signifikan pada kemampuan maupun pengendaliannya. Namun, perbedaan antara keduanya berada pada konstruksi benang.

Selain itu, bisa terlihat dari kedua jenis bahan ban tersebut. Ban bias terbuat dari banyaknya lembar cord sebagai rangka ban. Chord nantinya akan mengalami proses tenun dengan pola zig-zag pada sudut 40 hingga 65 derajat.

Baca juga: Arah Rotasi Ban Mobil yang Benar dan Cara Mengaturnya

Sedangkan ban radial terbuat dari lapisan serat dengan bentuk menyilang pada lingkaran ban. Pada dasarnya, ban radial memiliki telapak ban yang lebih tipis. Namun, daya cengkram ke bagian permukaan sangat bagus.

Ini Dia Perbedaan Ban Bias dan Radial

Ada beberapa perbedaan yang penting Anda tahu, yakni sebagai berikut.

Struktur Benang

Pada dasarnya, ban terbuat dari beberapa lapisan. Terdapat lapisan belt yang merupakan rangka dari sebuah ban. Ada juga sidewall yang merupakan bagian samping dari ban.

Bahkan ada lapisan tread yang merupakan permukaan pada ban. Struktur dari benang terdapat pada lapisan belt yang berguna sebagai rangka. Tak hanya itu, lapisan benang tersebut termasuk komponen pembentuk ban.

Untuk tipe ban radial, struktur benangnya lurus dari sisi kanan ke sisi kiri. Dengan kata lain, serat ini melingkar dari satu arah yang penuh. Tentu semua ini berbeda dari jenis ban lainnya.

Perbedaan ban bias dan radial yang terlihat dari struktur benangnya sangatlah jelas. Untuk ban bias memiliki struktur benang yang saling menyilang. Benang-benang tersebut terlihat dan membentuk sudut terhadap sumbu roda.

Anda bisa lebih mudah untuk menentukan pilihan ban sesuai dengan fungsinya. Sehingga lebih cepat dalam menyesuaikan ban dengan kendaraan yang digunakan.

Ketebalan Ban

Perbedaan selanjutnya bisa terlihat dari ketebalan kedua ban. Serat benang untuk ban radial terbuat dari bahan serat baja lentur. Hal tersebut membuat lapisan pada belt tidak terlalu tebal.

Walaupun begitu, ban radial tetap memiliki ketahanan yang baik. Ban tipis ini cenderung lebih tahan lama dan memiliki kekuatan besar.

Lain halnya dengan ban bias yang terbuat dari serat nylon atau polyester. Serat tersebut memang tidak sekuat serat baja. Sehingga bagian belt roda tersusun dari beberapa lapisan.

Baca juga: Merk Ban Mobil Ternama Kualitas Tidak Diragukan Lagi

Perbedaan ban bias dan radial memang bisa Anda amati dengan jelas dari ketebalannya. Ban bias jauh lebih tebal untuk memberikan kekuatan besar dan tahan lama. Ban bias pun tidak mudah rusak saat digunakan berkendara.

Daya Cengkram

Kemudian ada perbedaan dari segi daya cengkram. Biasanya daya cengkram adalah pengaruh dari bentuk tread atau pola permukaan ban. Tak hanya itu, konstruksi ban juga sangat berpengaruh terhadap daya cengkram.

Ban radial yang terbuat dari serat baja memiliki daya cengkram lebih baik untuk jalanan. Pasalnya, ban tersebut lebih lentur dan mudah digunakan. Sedangkan ban bias memiliki serat lebih tebal.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap daya cengkram ban tersebut. Sehingga menunjukkan adanya perbedaan bahwa ban bias memiliki daya cengkram sedikit daripada ban radial. Perbedaan ban bias dan radial ini penting Anda pahami.

Fleksibilitas

Perbedaan ban bias dan radial juga tampak dari segi fleksibilitasnya. Pada ban radial pastinya fleksibel karena bentuknya lebih tipis. Walaupun begitu, ban tidak mudah bocor karena pada permukaan utamanya tersusun dari beberapa layer.

Baca juga: Ban Mobil Tanpa Udara dan Cara Kerjanya, Tak Perlu Lagi Isi Angin

Pada ban radial bagian sidewall atau samping terlihat sangat tipis. Lain halnya dengan ban bias yang seluruh lapisannya serta permukaan utama memiliki serat berlapis. Ban ini kurang fleksibel.

Namun, kendaraan berukuran besar atau berbobot berat mungkin hal ini menjadi nomor kesekian. Fleksibilitas pun bisa Anda lihat dari jenis kendaraan yang digunakan.

Pemakaian

Perbedaan terakhir bisa Anda lihat dari pemakaian ban. Biasanya ban bias cocok untuk kendaraan berbobot seperti mobil komersial, bus, dan truk. Sedangkan ban radial untuk kendaraan ringan agar handling terasa lebih nyaman.

Itulah beberapa perbedaan ban bias dan radial yang sangat mudah terlihat. Anda bisa mempertimbangkan pemilihan ban sesuai dengan kebutuhan. Ban pun bisa bekerja dengan maksimal dan fleksibel. (R10/HR-Online)

- Advertisment -