Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Massa dan Berat Terletak pada Beberapa Hal, Apa Saja?

Perbedaan Massa dan Berat Terletak pada Beberapa Hal, Apa Saja?

Perbedaan massa dan berat sering dijumpai dalam pelajaran Fisika. Banyak masyarakat yang menganggap keduanya sama. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari sering menyebut berat suatu benda dengan satuan kilogram.

Namun sebenarnya anggapan tersebut adalah kekeliruan besar. Massa dan berat merupakan besaran berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada beberapa hal.

Mau tahu apa saja perbedaan keduanya? Anda bisa tahu dengan mengikuti ulasan berikut ini sampai selesai.

Baca Juga: Perbedaan Proton dan Elektron yang Jelas Bertolak Belakang

Ketahui Perbedaan Massa dan Berat

Massa merupakan besaran yang menunjukkan ukuran kelembaman pada suatu benda. Kelembaman atau inersia yaitu kecenderungan semua benda fisik menolak perubahan terhadap kondisi geraknya.

Melansir Wikipedia, massa merupakan sifat fisika dari suatu benda dalam memberi penjelasan berbagai perilaku objek yang terlihat. Massa suatu benda tidak akan berubah atau sifatnya tetap pada tempat manapun.

Newton mendefinisikan massa dengan banyaknya materi yang terkandung pada benda. Apabila semakin besar massa benda, maka semakin sulit untuk menggerakkannya dari kondisi diam. Namun apabila benda bergerak, maka semakin sulit untuk menghentikan atau mengendalikan arahnya.

Sedangkan berat merupakan besaran yang menunjukkan ukuran percepatan gravitasi yang mempengaruhi massa benda. Berat suatu benda ini mudah berubah-ubah, tergantung pada percepatan gravitasi lingkungan sekitarnya.

Melansir Wikipedia, berat suatu benda adalah pengaruh gravitasi yang menyebabkan gaya dan berkaitan dengan massa benda tersebut.

Baca Juga: Perbedaan Unsur dan Senyawa dari Berbagai Sisi Termasuk Sifatnya

Perbedaan Berdasarkan Satuan

Kesalahan anggapan yang telah berkembang pada masyarakat mengenai persamaan prinsip keduanya terjadi karena kebiasaan yang menyatakan berat dalam satuan kg. Padahal massa dan berat sebenarnya memiliki perbedaan.

Pada istilah massa memang sangat jarang penggunaannya, terlebih untuk bangku pendidikan. Satuan berat seperti halnya kg, gram, ons, dan yang lainnya merupakan suatu kesalahan. Penggunaan satuan-satuan tersebut seharusnya untuk besaran massa. Sedangkan satuan berat yang paling tepat yaitu N atau Newton.

Perbedaan Jenis Besaran

Berdasarkan satuannya, massa dan berat termasuk dua besaran yang tidak sama. Seperti halnya panjang, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Massa termasuk besaran primer dengan satuan yang telah ditentukan lebih dulu.

Sedangkan berat termasuk besaran turunan dari 2 atau lebih besaran pokoknya. Selain itu, berdasarkan pengaruh benda akan arah pada titiknya, massa juga termasuk dalam besaran skalar. Berbeda dengan berat yang termasuk besaran vektor, arah mempengaruhi ukurannya.

Pengaruh Gaya Gravitasi

Perbedaan massa dan berat juga tampak dari pengaruh gaya gravitasi pada ukurannya. Besar massa tak akan terpengaruh dengan adanya gaya gravitasi. Sedangkan besarnya berat memperoleh pengaruh dari gaya gravitasi.

Bentuk bumi tidak sepenuhnya bulat, namun bulat telur. Sehingga saat seseorang berdiri pada garis khatulistiwa, akan lebih jauh dari pusat bumi dibandingkan dengan seseorang yang berdiri di kutub utara.

Saat seseorang berdiri di kutub utara, akan mengalami lebih banyak berat. Hal itu karena memang lebih dekat ke pusat bumi daripada orang yang berdiri pada garis khatulistiwa. Sehingga berat suatu benda berbanding lurus terhadap massanya.

Perbedaan Alat Ukur

Perbedaan massa dan berat juga tampak dari alat ukur. Hal itu karena besarnya massa tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi. Sedangkan besarnya berat memperoleh pengaruh dari gaya gravitasi.

Sehingga untuk mengukur keduanya membutuhkan alat yang berbeda. Pengukuran massa umumnya menggunakan neraca. Berbeda pengukuran berat menggunakan neraca pegas. 

Perbedaan Lainnya

Massa dan berat memang jelas berbeda. Massa adalah ukuran inersia benda, sedangkan berat merupakan gaya. Umumnya massa memiliki besar yang selalu tetap, sedangkan berat dapat berubah-ubah tergantung gravitasinya.

Apabila membawa batu 1 kg dari bumi ke bulan dengan gaya gravitasi yang lebih lemah dari bumi, maka batu tersebut tetap memiliki massa 1 kg. Bahkan akan sama tingkat kesulitannya untuk memindahkan batu tersebut, baik di bumi atau bulan.

Sedangkan berat batunya akan berubah menjadi lebih rendah dari beratnya saat di bumi. Massa tidak berubah menurut lokasinya, berat memiliki variasi sesuai dengan lokasi.

Perbedaan massa dan berat terletak pada beberapa hal. Meskipun selama ini banyak yang beranggapan keduanya sama, kini Anda dapat memahami bahwa keduanya sebenarnya berbeda. (R10/HR Online)

- Advertisment -