Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Sendi dan Otot Dapat Diketahui dari Fungsinya

Perbedaan Sendi dan Otot Dapat Diketahui dari Fungsinya

Ada perbedaan sendi dan otot yang terdapat pada tubuh manusia. Pada tubuh manusia terdiri atas bagian sendi dan otot. Sendi merupakan bagian tubuh yang berperan sebagai penghubung tulang-tulang.

Tidak hanya sebagai penghubung tulang, sendi juga memberikan fleksibilitas dalam pergerakan. Tentunya tanpa adanya sendi, tulang-tulang hanya akan mengambang di dalam otot tanpa ada yang menyatukannya.

Sendi dan otot dapat memberikan kebebasan saat bergerak. Meskipun keduanya berperan penting dalam membantu melakukan pergerakan, perbedaannya juga tampak dari fungsinya.

Baca Juga: Fungsi Otot Polos, Struktur, dan Cara Kerja untuk Tubuh

Ketahui Perbedaan Sendi dan Otot

Melansir Wikipedia, sendi merupakan penghubung antartulang untuk memudahkan tulang melakukan pergerakan. Hubungan dua tulang terkenal dengan persendian (artikulasi). Sedangkan otot merupakan sebuah jaringan yang terdapat pada tubuh manusia dan hewan.

Fungsinya sebagai alat gerak aktif yang membantu pergerakan tulang. Pada otot terbagi menjadi tiga jenis, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Otot tersebut mengakibatkan adanya pergerakan dari organ dalam tubuh manusia.

Sedangkan pada sendi terbagi menjadi lima jenisnya. Sebut saja jenis sendi peluru, sendi engsel, sendi putar, sendi pelana, serta sendi geser. Peranan penting sendi erat kaitannya dengan kemampuan sistem gerak.

Jenis Sendi dan Fungsinya

Secara garis besar perbedaan sendi dan otot terlihat dari fungsinya. Sendi fungsinya untuk menghubungkan tulang dalam sistem rangka manusia. Bahkan dapat menahan beban serta mendukung sistem gerak tubuh manusia. Berdasarkan arah atau jenis gerakannya, sendi terbagi menjadi 5 macam.

Sendi peluru fungsinya membantu tulang dalam melakukan pergerakan secara bebas ke arah manapun. Seperti halnya pada sendi antara tulang lengan atas dan tulang belikat.

Sendi engsel memiliki fungsi dalam membantu pergerakan ke depan atau ke belakang, seperti halnya pada engsel pintu. Jenis sendi ini terdapat pada bagian siku tangan.

Sendi putar terdapat pada bagian antara tulang tengkorak dan leher. Sehingga kepala dapat melakukan pergerakan memutar, mengangguk, dan menggeleng.

Sendi pelana memiliki fungsi untuk membantu pergerakan ke samping dan ke depan. Jenis sendi ini terdapat pada pangkal ibu jarinya.

Sendi geser memiliki fungsi untuk menghubungkan dua tulang permukaan datar. Hal itu agar dapat melakukan pergerakan ke depan serta ke belakang. Sendi ini terdapat pada bagian tulang pergelangan tangan, kaki, dan tulang belakang.

Baca Juga: Ciri Otot Lurik Sebagai Otot Gerak Beserta Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Jenis Otot dan Fungsinya

Setiap jenis otot yang terdapat dalam sistem tubuh manusia memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini beberapa jenis otot dan fungsinya yang terdapat pada tubuh manusia.

Otot lurik memiliki tanggung jawab atas gerakan yang tubuh lakukan. Pada otot dan sendi memang memiliki perbedaan. Otot lurik melekat pada bagian tulang dan sebagian pengendalinya yaitu sistem saraf pusat (SSP).

Peran otot sangat penting dalam melakukan pergerakan. Otot akan mengikuti arah gerakan yang diinginkannya, bersamaan dengan gerakan tulang dan tendon.

Otot lurik juga memiliki fungsi untuk mengatur postur tubuh. Bahkan dapat membantu melindungi tulang belakang serta menjaga keseimbangan.

Pada sistem otot manusia, otot jantung dan otot polos keberadaannya secara tanpa sadar. Fungsinya membantu jantung berdetak dan mengalirkan aliran darah ke seluruh tubuh. Umumnya terdapat tanda dengan adanya impuls listrik.

Otot jantung terdapat pada bagian dinding jantung. Perbedaan otot dan sendi, pada otot dikendalikan oleh sistem saraf otonom. Safar yang memiliki tanggung jawab pada sebagian besar fungsi tubuh.

Pembuluh darah umumnya terdiri dari otot polos juga dikendalikan oleh sistem saraf otonom. Diafragma merupakan otot utama yang berperan penting dalam pernapasan. Saat bernapas, diafragma membutuhkan bantuan dari otot lain. Seperti halnya otot perut, otot leher, dan otot punggung.

Sistem otot manusia juga memiliki fungsi dalam proses pencernaan. Terutama saat tubuh mencerna makanan, prosesnya dikendalikan oleh otot-otot polos dalam saluran pencernaan.

Otot polos membantu melemaskan dan menegangkan saat makan. Bahkan otot-otot ini juga membantu mendorong keluarnya makanan dari tubuh. Seperti halnya melalui buang air besar atau mengalami muntah saat sakit.

Perbedaan sendi dan otot terlihat dari fungsinya meskipun keduanya berperan penting dalam membantu melakukan pergerakan. Pastikan Anda memahaminya. (R10/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img