Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbuatan yang Paling Dibenci Allah, Dosa Besar Penghalang Surga

Perbuatan yang Paling Dibenci Allah, Dosa Besar Penghalang Surga

Perbuatan yang paling dibenci Allah SWT tentunya menjadi peringatan kita untuk tidak melakukannya. Hal tersebut juga sudah terdapat dalam Al-Qur’an yang menjadi sumber penentu hukum bagi umat Islam. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk kita tetap melakukannya.

Karena, apabila hal tersebut terjadi kepada kita, sungguh azab Allah itu sangatlah pedih. Bahkan, tidak memungkiri juga apabila perbuatan tobat yang kita lakukan itu, tidak Allah ampuni.

Bukankah hal yang demikian itu, akan merugikan diri kita sendiri? Sedangkan, Allah menciptakan jin dan manusia itu tidak lain hanya untuk beribadah serta menyembah Allah SWT.

Sudah tidak asing apabila Islam itu menjadi agama yang sempurna. Segala hal yang berkaitan dengan kehidupan seorang umat muslim mempunyai aturan.

Adanya aturan tersebut, memiliki tujuan untuk menyempurnakan semua amalan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, hal yang biasa kita lakukan, ternyata bisa memberikan kita pahala.

baca juga: Perbuatan Baik yang Mendatangkan Pahala, Kunci Jadi Penghuni Surga

Beberapa Perbuatan yang Paling Dibenci Allah SWT

Mungkin, masih banyak orang yang menyepelekan perihal beberapa perbuatan terlarang ini. Bukan hanya terlarang karena “pamali” saja, akan tetapi memang sudah terlarang, bahkan Allah yang menciptakan segalanya saja juga tidak menyukainya.

Nah, supaya kita tidak melakukan perbuatan tersebut, memang penting sekali Anda menyimak penjelasan berikut ini.

baca juga: Dampak Negatif Perbuatan Riya yang Merugikan di Dunia Maupun Akhirat

Menyekutukan Allah

Tidak heran apabila syirik merupakan perbuatan yang paling dibenci Allah. Padahal, kita ketahui bahwa Allah SWT itu sudah menciptakan kita, langit, bumi, serta semua isinya. Semua yang berkaitan dengan kehidupan manusia di bumi juga sudah Allah cukupi.

Misalnya saja, siapapun yang ingin kaya, maka bekerjalah. Sedangkan siapapun yang nikmatnya ingin bertambah, maka bersyukurlah.

Allah SWT merupakan sutradara terbaik dari yang baik. Dia juga lebih mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Bagaimana Allah tidak benci dengan perbuatan syirik, sedangkan apa yang kita minta akan Allah kabulkan.

Menyekutukan Allah juga merupakan dosa yang besar. Allah juga tidak akan mengampuninya. Rugi bukan, meskipun kita melakukan tobat.

Misalnya saja begini, dalam hubungan suami istri, terdapat pihak yang menyekutukan pasangan atau bahasa gaulnya, selingkuh. Sudah pasti, akan terjadi perceraian.

Mereka juga pasti tidak akan saling memedulikan lagi. Nah, hal tersebut menjadi gambaran untuk kita. Apabila kita berani menyekutukan Allah, tentu Allah sudah tidak akan peduli dengan kita, apapun yang menimpa kita. Sedangkan sebaik-baik penolong hanya Allah SWT.

baca juga: Contoh Perbuatan Zalim Terdekat di Kehidupan yang Kita Sepelekan

Berani Kepada Ayah dan Ibu

Ayah dan ibu adalah dua sosok penting dalam kehidupan kita. Tanpa mereka, kita tidak akan lahir dan sukses seperti sekarang ini.

Ibu adalah sosok yang sabar mengandung kita selama 9 bulan 10 hari. Tak pernah, keberatan karena harus membawanya ke mana-mana. Setiap malamnya juga susah tidur.

Sedangkan ayah adalah sosok yang rela mandi keringat, kehujanan, dan kepanasan. Demi kita bisa tetap makan, minum, dan sekolah.

Dari situ saja, kita sudah paham betul, banyak jasa dari mereka demi kita anaknya. Tidak seharusnya kita berani kepada mereka. Karena, semua itu bukanlah hal yang wajar.

Jangankan berani, saat orang tua menyuruh, kemudian kita mengatakan “Ah”, itu sudah dosa. Tidak seharusnya kita lakukan. Sungguh, mata-mata Allah sudah menantikan kita. Jauhi perbuatan yang paling dibenci Allah ini.

Boros dan Kikir

Perbuatan yang paling dibenci Allah lainnya adalah boros. Sampai sekarang ini manusia itu lebih condong cinta dan menggenggam erat kehidupan dunia.

Banyak orang yang mati-matian rela kerja untuk mendapatkan uang. Tetapi, yang sebenarnya adalah kerja keras, Tuhan tetap prioritas. Dengan begitu, bukan hanya keuntungan dunia saja yang akan kita dapatkan, melainkan juga keberkahan untuk kehidupan akhirat.

Banyaknya uang juga menyebabkan seseorang itu berlaku boros. Lihat itu, ingin langsung beli, lihat ini ingin juga, langsung beli. Padahal tidak begitu membutuhkan, sekedar mengikuti tren saja.

Hal itu sudah pasti membuat Allah tidak suka. Alasannya adalah kita membuang uang, sedangkan sekitar kita masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita.

Selain boros, kikir juga perbuatan yang Allah benci. Karena rezeki yang sudah Allah berikan kepada kita itu hanya titipan semata. Jangan merasa memiliki.

Sebagian dari harta yang kita miliki itu juga ada haknya orang lain. Tentunya untuk mereka yang lebih membutuhkan. Misalnya adalah fakir miskin, yatim piatu, dan yang lainnya. Mencintai harta dunia hanyalah sia-sia semata.

Sombong

Perbuatan yang paling dibenci Allah berikutnya adalah sombong. Hal ini juga sudah tertuang secara jelas dalam Al-Qur’an. Anda bisa temukan dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 37-38.

Sudah jelas bukan? Apa yang hendak kita sombongkan, sedangkan segala sesuatu yang kita miliki semasa hidup adalah titipan. Kapan saja Allah SWT hendak mengambil, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Karena memang pemilik sejatinya adalah Allah SWT.

Semoga dengan adanya penjelasan mengenai perbuatan yang paling dibenci Allah tersebut, membuat kita sadar untuk tidak melakukannya. Kita juga bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Sadari dan jauhi perbuatan di atas mulai dari sekarang. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -