Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita CiamisPeringati Sumpah Pemuda, KNPI Ciamis Gali Spirit Anak Muda

Peringati Sumpah Pemuda, KNPI Ciamis Gali Spirit Anak Muda

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangkaian hari sumpah pemuda, DPD KNPI Kabupaten Ciamis, Jabar, menggelar kegiatan Dialog Pemuda Rabu (27/10/2021) di Gedung PKK Ciamis.

Dialog tersebut bertajuk Pemuda Bertanya, Bupati dan Wakil Bupati Menjawab.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra yang menjadi salah satu narasumber.

Ketua KNPI Ciamis Tohirin mengatakan, selain menggelar dialog pemuda, pihaknya juga akan menyelenggarakan rapat kerja daerah (Rakerda) 2 dan upacara Hari Sumpah Pemuda.

“Rangkaian terakhir peringatan sumpah pemuda ada turnamen catur di Korwil Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis,” ujar Tohirin.

Tujuan kegiatan dialog ini lanjut Tohirin, yakni untuk membangkitkan kembali spirit para pemuda.

“Jadi sumpah pemuda hari ini itu apa, salah satu caranya menggali spirit pemuda itu dengan dialog pemuda,” katanya.

Ia menyebut kegiatan dialog ini menghadirkan peserta dari semua OKP dan PK KNPI Ciamis.

Untuk membatasi agar tidak terjadi kerumunan karena masih pandemi dilakukan juga secara zoom, jadi tidak semuanya hadir langsung di lokasi.

“Karena kegiatan ini juga kami jadikan sekalian melakukan Rakerda 2 KNPI Ciamis, untuk mengevaluasi, menilai capaian kerja KNPI seperti apa,” jelasnya.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, AMPI Ciamis Siap Tampung Anak Muda Kreatif

Harapan KNPI Ciamis di Hari Sumpah Pemuda

Tohirin berharap, semua elemen masyarakat di Ciamis baik pemuda dan orang tua itu tidak terpaku dengan diam menyesali dan meratapi situasi pandemi ini.

“Justru ini harus kita anggap sebagai pemicu cambuk untuk bisa keluar dari pandemi secara lebih baik lagi,” harapnya.

Tohirin menambahkan, pandemi hanya salah satu bagian untuk menguji sekaligus menilai persiapan di masa yang akan datang.

“Melalui pandemi ini justru kita diingatkan, kira-kira di masa yang akan datang jika mengalami hal serupa atau lebih berat lagi kita siap untuk jadi pemenang atau jadi pecundang,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengajak para kepada para pemuda untuk bekerjasama dengan pemerintah mewujudkan Ciamis Bangkit.

“Mari sama-sama wujudkan Ciamis Bangkit dari pandemi. Jika kita bersama pasti bisa mewujudkannya,” ucapnya.

Pihaknya ingin para pemuda di Ciamis menjadi anak muda yang tangguh, kreatif, inovatif tidak banyak mengeluh tapi bekerja dengan nyata.

“Melalui hari sumpah pemuda ini mari kita berupaya untuk buat inovasi yang nanti disandingkan dengan masyarakat, sehingga menghasilkan kontribusi untuk semua pihak dengan hasil yang baik tentunya,” pungkas Wabup Ciamis. (Ferry/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -